Helo Timor Leste

Piala Dunia Wanita 2023: Australia Menang atas Kanada 4-0, Maju 16 Besar Bersama Nigeria

Satwika Rumeksa - Olahraga
Senin, 31 Jul 2023 22:25
    Bagikan  
Hayley Raso
Istimewa

Hayley Raso - Hayley Raso saat cetak gol atas Kanada

HELOTIMORLESTE.COM - Australia mempertahankan impian Piala Dunia Wanita mereka tetap hidup saat mereka melaju ke babak 16 besar dengan mengalahkan Kanada.

Hayley Raso mencetak dua gol, Mary Fowler juga tepat sasaran dan Steph Catley mencetak gol penalti saat tuan rumah tampil mengesankan dalam permainan yang harus mereka menangkan untuk menghindari eliminasi.

Matildas finis di puncak Grup B - dan melakukannya tanpa Sam Kerr, pemain pengganti yang tidak digunakan meski menyatakan dirinya fit.

Kanada tersingkir di fase grup Piala Dunia Wanita pertama mereka sejak 2011.

Hasil imbang Nigeria dengan Republik Irlandia berarti Australia akan maju untuk menghadapi runner-up Grup D - yang mungkin Inggris - di Stadium Australia di Sydney pada 7 Agustus.

Untuk Australia, permainan ini melibatkan kemungkinan penumpukan paling berat di Piala Dunia. Momok keluar lebih awal yang memalukan, dikombinasikan dengan tanda tanya yang mendominasi tentang kebugaran Kerr, tidak membuat persiapan yang ideal.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Jepang Permalukan Spanyol 4-0, Keduanya Maju 16 Besar

Kapten Kerr - setelah melewatkan dua pertandingan pertama karena cedera betis - disebutkan di bangku cadangan tetapi tidak ikut serta dalam pemanasan, malah mengunyah permen karet dan mengenakan mantel besarnya saat dia menonton latihan passing.

Pada akhirnya, 11 wanita di lapangan untuk Australia yang akan memutuskan apakah mereka dapat bertahan dalam ujian ini - dan mereka bangkit menghadapi tantangan tersebut.

Diteriakkan oleh penonton yang hampir berkapasitas penuh di Melbourne Rectangular Stadium, sejak awal mereka jauh lebih cepat dan lebih dinamis daripada Kanada.

Mereka yang menonton dari tribun menjadi lebih ribut ketika umpan silang rendah Catley menemukan Raso di area tersebut dan dia mengontrol sebelum melepaskan tembakan ke pojok bawah.

Baca juga: Pasangan Suami-Istri Jual Bayi 8 Bulan Demi iPhone 14 Baru

Fowler tampaknya menggandakan keunggulan, melepaskan tembakan ke bagian atas gawang setelah terjadi perebutan di mulut gawang; namun, Ellie Carpenter dinilai offside setelah tinjauan asisten wasit video yang panjang.

Hal itu membuat para penonton tidak yakin bagaimana harus bereaksi ketika Raso pulang menyusul pertarungan lain sesaat sebelum jeda. Hanya ketika Kanada memulai kembali permainan yang mereka rayakan.

Caitlin Foord memotong kembali untuk Fowler untuk mengubah tiang dari jarak dekat, dan itu berjalan lancar ketika Catley membelai pulang dari titik penalti setelah Jessie Fleming mengotori Katrina Gorry.

Australia sekarang memiliki kesempatan untuk memberi para penggemar lebih banyak untuk merayakan di Piala Dunia ini. Dengan atau tanpa Kerr, tuan rumah tinggal di pesta mereka sendiri.**