Helo Timor Leste

Piala Dunia Wanita 2023: Tim Afrika Unjuk Gigi, Kirimkan Tiga Wakil di 16 Besar

Satwika Rumeksa - Olahraga
Jumat, 4 Aug 2023 15:43
    Bagikan  
Tim Afrika
FIFA

Tim Afrika - Tim Afrika membuat kejutan di Piala Dunia Wanita 2023

HELOTIMORLESTE.COM - Delapan bulan setelah pemecahan rekor Qatar 2022 untuk perwakilan benua Afrika sekali lagi membuat dunia duduk dan memperhatikan.

Dari empat tim Afrika yang lolos ke Piala Dunia Wanita FIFA Australia dan Selandia Baru 2023, tiga masih bertahan, dengan Nigeria, Afrika Selatan, dan Maroko semuanya menang hingga babak 16 besar.

Hanya Zambia yang gagal melaju ke 16 besar, meskipun mereka dapat mengambil kepuasan dari kekalahan 3-1 dari Kosta Rika.

Kesejajaran antara dua Piala Dunia sangat luar biasa. Sama seperti yang dilakukan oleh lima tim pria di Qatar, keempat tim wanita yang beraksi di Australia dan Selandia Baru telah memenangkan setidaknya satu pertandingan, dengan Maroko mengalahkan semuanya dengan memenangkan dua pertandingan berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Belum pernah Afrika memiliki begitu banyak tim yang melaju dari babak penyisihan grup di Piala Dunia Wanita, meskipun pencapaian itu harus dilihat dalam konteks perluasan turnamen baru-baru ini untuk memasukkan lebih banyak tim.

Baca juga: China Tanam Durian Besar-besaran, Namun Soal Rasa Begini Laporan Pencicipnya

Di AS 1999, Nigeria menjadi tim Afrika pertama yang maju ke babak sistem gugur dan tetap menjadi satu-satunya sampai Kamerun menyamai mereka 16 tahun kemudian di Kanada.

Di Prancis 2019, kedua negara mencapai 16 besar, yang terbaik sebelumnya di benua itu.

Perwakilan Afrika di Australia dan Selandia Baru 2023 masing-masing telah mengungkapkan kekuatannya masing-masing. Terinspirasi oleh Asisat Oshoala yang luar biasa, Nigeria memanfaatkan pengalaman dan tradisi mereka untuk keluar dari Grup B tanpa terkalahkan, mengalahkan tuan rumah bersama Australia 3-2 di penyisihan.

Tidak ada gunanya dalam debut turnamen mereka di Prancis empat tahun lalu, Afrika Selatan berjuang untuk memulai dengan kali ini, kalah 2-1 dari Swedia dan seri 2-2 dengan Argentina. Menunjukkan bahwa mereka dapat belajar dari kesalahan mereka dan mengapa mereka adalah juara bertahan Afrika, Banyana Banyana kemudian mengalahkan Italia 3-2 untuk maju.

Pendatang baru sendiri tahun ini, Zambia menemukan Spanyol dan Jepang berada di atas tetapi memanfaatkan satu peluang realistis mereka untuk mengambil beberapa poin dengan mengalahkan Kosta Rika.

Baca juga: Dua Anggota Angkatan Laut AS Dituduh Jadi Mata-Mata China, Terancam Dihukum Berat

Akhirnya, Maroko menunjukkan kepada dunia bahwa mereka bukan apa-apa jika tidak tangguh. Sedikit yang akan memberi Atlas Lionesses banyak peluang untuk pulih dari kekalahan 6-0 yang ditimpakan Jerman pada mereka di pertandingan pembukaan mereka.

Namun, di bawah bimbingan pelatih Reynald Pedros, yang mengetahui satu atau dua hal tentang kesuksesan, setelah menaklukkan Eropa bersama Lyon, Ghizlane Chebbak dan rekan satu timnya melakukan pemulihan yang luar biasa.

Dalam mengalahkan Republik Korea dan Kolombia, mereka membalikkan keadaan pada juara dunia dua kali untuk mengeluarkan mereka dari kompetisi.

Trio pemberani Afrika sekarang memiliki penghalang lain untuk ditembus: melakukan apa yang belum pernah dilakukan oleh tim lain dari benua itu dan memenangkan pertandingan sistem gugur Piala Dunia.

Baca juga: Kurikulum Bahasa Indonesia di Timor Leste, Ada Bea Siswa untuk Mahasiswa Timor Leste

Berikut daftar tim lolos ke fase gugur Piala Dunia Wanita 2023:

  • Swiss
  • Spanyol
  • Belanda
  • Afrika Selatan
  • Jepang
  • Norwegia
  • Swedia
  • Amerika Serikat
  • Australia
  • Denmark
  • Prancis
  • Maroko
  • Inggris
  • Nigeria
  • Kolombia
  • Jamaika

Jadwal 16 Besar

Sabtu, 5 Agustus 2023

12.00 WIB: Swiss vs Spanyol
15.00 WIB: Jepang vs Norwegia

Minggu, 6 Agustus 2023

09.00 WIB: Belanda vs Afrika Selatan
16.00 WIB: Swedia vs Amerika Serikat

Senin, 7 Agustus 2023

14.30 WIB: Inggris vs Nigeria
17.30 WIB: Australia vs Denmark

Selasa, 8 Agustus 2023

15.00 WIB: Kolombia vs Jamaika
18.00 WIB: Prancis vs Maroko