Helo Timor Leste

Piala Dunia Wanita 2023: Swedia Singkirkan AS 5-4 untuk Hadapi Jepang di 8 Besar

Satwika Rumeksa - Olahraga
Minggu, 6 Aug 2023 22:12
    Bagikan  
Swedia
FIFA

Swedia - Swedia maju ke 8 Besar setelah singkirkan juara bertahan AS 5-4

HELOTIMORLESTE.COM - Juara bertahan AS tersingkir dari Piala Dunia Wanita setelah dikalahkan Swedia melalui adu penalti pada malam drama yang luar biasa di Melbourne.

AS mendominasi 120 menit tetapi digagalkan oleh penampilan penjaga gawang yang terinspirasi dari Zecira Musovic.

Drama hanya meningkat lebih jauh dalam baku tembak. Tiga pemain AS absen, termasuk ikon sepak bola mereka Megan Rapinoe pada penampilan terakhirnya di pentas dunia, sebelum Swedia menang dalam keadaan luar biasa.

Kiper AS Alyssa Naeher tampaknya telah menyelamatkan upaya Lina Hurtig pada upaya kedua, mendorong upaya awal sebelum mencabutnya.

Namun setelah mengecek dengan video asisten wasit (VAR), wasit Stephanie Frappart menganugerahkan gol tersebut dan memicu perayaan liar Swedia.

Swedia lolos untuk menghadapi Jepang di perempat final.

Mereka berhutang budi kepada Musovic, yang melakukan 11 penyelamatan dalam pertandingan di mana AS lebih terlihat seperti tim yang memenangkan Piala Dunia 2015 dan 2019 daripada tim yang lolos dari babak penyisihan grup.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Tim Afrika Unjuk Gigi, Kirimkan Tiga Wakil di 16 Besar

Tapi mereka tidak bisa mencetak gol dan dalam adu penalti Rapinoe, Sophia Smith dan Kelley O'Hara semuanya gagal, Rapinoe dengan aksi terakhirnya di Piala Dunia saat dia mengumumkan akan pensiun pada akhir tahun.

Itu mengutuk AS untuk kinerja terburuk mereka di turnamen. Mereka sebelumnya tidak pernah gagal mencapai semifinal.

AS belum datang ke pesta Piala Dunia sebelum hari Minggu. Datar dan tidak bersemangat saat mereka finis kedua di Grup E sementara gagal memenangkan dua pertandingan tahap pertama untuk pertama kalinya dalam kompetisi ini, mereka menjadi sasaran kritik keras di kampung halaman.

Manajer Vlatko Andonovski harus melakukan perubahan - terutama karena gelandang kunci Rose Lavelle diskors untuk permainan ini - dan memindahkan Julie Ertz dari bek tengah ke lini tengah saat AS beralih dari 4-3-3 menjadi 4-2-3-1.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023:Ditahan Korea 1-1, Juara Dunia 2 Kali Jerman, Terhenti di Babak Penyisihan Grup

Itu berhasil di babak pertama karena mereka mendominasi permainan dan hanya digagalkan oleh Musovic dan mistar gawang.

Trinity Rodman dua kali menyengat sarung tangan Musovic sebelum Lindsey Horan semakin mendekat dengan menggetarkan tiang dengan sundulan dari sepak pojok.

AS tampak seperti pihak yang bangga yang disengat oleh kritik eksternal dan pengetahuan internal bahwa mereka belum cukup baik sejauh ini. Waktu pemulihan bola hanya enam detik di babak pertama adalah buktinya.

Mereka terus menciptakan peluang setelah turun minum, Horan dan Alex Morgan digagalkan oleh penyelamatan luar biasa Musovic dan tembakan Emily Sonnett dari tepi area penalti.

Tapi mereka membutuhkan gol untuk membuat dominasi mereka diperhitungkan dan, saat mereka bekerja keras untuk itu, penonton yang mengikuti mereka ke Melbourne menjadi lebih gugup saat pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu.

Baca juga: Timor Leste Berupaya Meraih Pendapatan Baru Penyimpanan Karbon

Mereka terus digagalkan oleh Musovic di babak tambahan saat dia menyelamatkan dari Morgan, Lynn Williams dan Sophia Smith, dengan Andonovski memasukkan Rapinoe sesaat sebelum menit ke-100.

Pemain berusia 38 tahun itu telah lama menjadi simbol dan inspirasi tim yang menentukan - tetapi di sini dia melepaskan penalti AS keempat dengan liar di atas mistar.

Smith melebar dengan baik ketika AS akan maju jika dia mencetak gol, sebelum O'Hara membentur tiang.

Impian AS menjadi negara pertama yang memenangkan tiga Piala Dunia berturut-turut sudah berakhir. Kekuasaan mereka sebagai ratu permainan wanita global yang tak terbantahkan juga telah berakhir.