Helo Timor Leste

Gegara Gol Asnawi, Sakitnya Vietnam Itu di Sini, Kapok

Ugu - Olahraga
Senin, 22 Jan 2024 09:18
    Bagikan  
Thanh Binh
Istimewa

Thanh Binh - Thanh Binh meminta kaus

HELOINDONESIA.COM -

Timnas Vietnam harus menelan pil pahit setelah kalah 0-1 dari Indonesia di pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023. Satu-satunya gol yang tercipta berasal dari eksekusi penalti Asnawi pada menit ke-42, setelah Thanh Binh melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Kekalahan ini membuat Vietnam gagal melaju ke babak selanjutnya dan harus segera angkat koper dari Piala Asia 2023. Tapi itu bukan satu-satunya malapetaka yang menimpa tim asuhan Philippe Troussier. Dua kekalahan beruntun di Piala Asia 2023 juga berdampak buruk pada peringkat FIFA Vietnam.

Baca juga: Anak Cristiano Ronaldo Seperti Ayahnya: Menggantung di Udara Cetak Gol dengan Sundulan ala CR7

Setelah ditaklukkan oleh Jepang, Vietnam kehilangan 6,5 poin, sehingga tinggal 1.229,08 poin, dan turun ke peringkat 95 dunia.

Setelah dibekuk oleh Indonesia, Vietnam kehilangan 23,19 poin lagi, karena Indonesia berada di peringkat 146 atau terpaut 51 peringkat dengan Vietnam.

Karena Indonesia berada di peringkat rendah, maka koefisien pengurangan poin yang diterima Vietnam sangat besar.

Baca juga: Pelatih Vietnam Sebut Kekuatan Tim Indonesia dan Kelemahan Timnya Usai Kalah 0-1

Akibatnya, berdasarkan perhitungan Footy Rankings, poin Vietnam setelah dua kali kalah berkurang menjadi 1.205,89 poin, dan turun lima peringkat, dari posisi 95 dunia menjadi posisi 100 peringkat FIFA.

Untuk diketahui Ini adalah peringkat terburuk, di ulangi terburuk Vietnam setelah hampir enam tahun, sejak April 2018 dengan posisi 100 dunia.

"Saya sangat kecewa dengan hasil ini. Hari ini kami tidak punya kesempatan untuk lolos. Tapi kami harus tetap berjuang untuk mendapatkan tiga poin di pertandingan terakhir melawan Irak," kata Troussier dengan wajah muram setelah Vietnam tersingkir dari Piala Asia.

Baca juga: Pemain Ini Jadi Sorotan Netizen Jepang, Bukan Pemain Naturalisasi, Jelang Duel vs Indonesia

Pelatih asal Prancis itu juga mengungkapkan rasa bangganya kepada para pemain Vietnam. "Meskipun kami kalah, saya tetap bangga. Para pemain Vietnam bermain dengan semangat yang luar biasa, tidak menyerah dan berusaha 100% sampai akhir.

Sepak bola memang selalu ada menang dan kalah. Ketika Anda sudah berusaha sebaik mungkin, tidak ada yang perlu Anda sesali atau malu. Kami berusaha bersaing dengan lawan yang kuat."***