Helo Timor Leste

Xanana: Tanpa Resolusi Konflik Myanmar, Timor Leste tak akan Masuk ke Blok ASEAN

Kamis, 17 Aug 2023 00:29
    Bagikan  
PERDANA MENTRI TIMOR LESTE XANANA GUSMAO
@seasia.news

PERDANA MENTRI TIMOR LESTE XANANA GUSMAO - Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao menyatakan akan mempertimbangkan tidak masuk ASEAN, jika perhimpunan negara ini tidak memliki resolusi Yunta Militer di Myanmar.

HELOTIMORLESTE.COM -Perdana Menteri Xanana Gusmao mengatakan bahwa negaranya akan mempertimbangkan kembali keinginannya untuk bergabung dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), jika blok ini tidak dapat menemukan resolusi untuk konflik di Myanmar.

Ia dikutip oleh Jakarta Post, Rabu 16 Agustus 2023, Xanana mengatakan bahwa negaranya, yang juga dikenal sebagai Timor Leste, "tidak akan bergabung dengan ASEAN, jika ASEAN tidak dapat meyakinkan junta militer di Myanmar [untuk mengakhiri konflik]."

Akhir tahun lalu, para pemimpin dari blok ini setuju "pada prinsipnya" untuk menerima negara kepulauan ini sebagai anggota ke-11.

Pemimpin junta Min Aung Hlaing telah menutup telinga terhadap seruan berulang-ulang dari ASEAN agar rezimnya menerapkan Konsensus Lima Poin yang disepakati blok tersebut dua tahun lalu.

Timor Leste telah menunjukkan dukungannya terhadap gerakan anti-rezim Myanmar.

Pada tanggal 1 Juli, Dili secara resmi mengundang Pemerintah Persatuan Nasional (NUG) yang merupakan pemerintahan sipil Myanmar untuk menghadiri pelantikan pemerintah Timor Lorosa'e yang baru.

Dalam ada Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun lalu, presiden Timor Lorosa'e bertanya kepada para pemimpin dunia mengapa mereka tidak membantu Myanmar seperti mereka membantu Ukraina.

Undangan untuk upacara pelantikan pada bulan Juli - di mana presiden Timor Lorosa'e bahkan menerima potret pemimpin sipil yang dipenjara, Daw Aung San Suu Kyi, dari Menteri Luar Negeri NUG, Daw Zin Mar Aung - menjadikan Timor Lorosa'e sebagai negara pertama yang mengundang NUG untuk menghadiri acara di tingkat nasional sebagai pemerintah Myanmar yang sah.
.
Marah atas langkah tersebut, Kementerian Luar Negeri junta pada tanggal 5 Juli memanggil Kuasa Usaha Kedutaan Besar Timor Lorosa'e di Yangon ke Naypyitaw dan mengajukan protes atas undangan tersebut. ***