Helo Timor Leste

Ilmuwan Harvard Temukan Kombinasi Obat untuk Membalikkan Penuaan

Satwika Rumeksa - Ragam
Rabu, 19 Jul 2023 18:41
    Bagikan  
Anti Penuaan
Istimewa

Anti Penuaan - Minum pil kombinasi Anda jadi muda kembali

HELOTIMORLESTE.COM - Peneliti Harvard menemukan "koktail kimiawi" yang membantu membalikkan penuaan pada tikus dalam waktu seminggu dengan meremajakan sel-sel tua di dalam otot, jaringan, dan beberapa organ.

Pakar penuaan dan umur panjang David Sinclair, yang merupakan peneliti di departemen genetika dan codirector dari Paul F. Glenn Center for Biology of Aging Research di Harvard Medical School, mengumumkan temuan tersebut di Twitter.

Hasilnya, diterbitkan dalam jurnal Aging bulan ini, menggarisbawahi penuaan sebagai proses yang bisa dibalik versus sesuatu yang tak terelakkan.

Ini menambah minat yang tumbuh pada pengobatan penuaan, karena orang menghabiskan lebih dari $100.000 per tahun di klinik umur panjang dalam pencarian mata air awet muda. CEO Bryan Johnson dikenal dengan protokol penuaan balik senilai $2 juta per tahun.

Baca juga: Dugaan Anak Diperkosa Ayah Kandung di Sekotong Ketua LPA Sebut 7 Alasan Mengapa Harus Hati-hati

“Kami sebelumnya telah menunjukkan bahwa pembalikan usia dimungkinkan menggunakan terapi gen untuk mengaktifkan gen embrionik,” cuit Sinclair di utas dengan lebih dari 1 juta keterlibatan.

“Sekarang kami menunjukkan bahwa itu mungkin dengan koktail kimiawi, sebuah langkah menuju peremajaan seluruh tubuh yang terjangkau.”

Dalam penelitian selama tiga tahun, Sinclair dan timnya di Harvard mengamati tikus yang mengonsumsi enam "koktail kimiawi" yang dapat membalikkan tanda-tanda utama penuaan dengan meremajakan sel-sel tua atau yang lebih tua, yang memburuk "tanpa menghapus identitas seluler," menurut penelitian tersebut.

“Studi pada saraf optik, jaringan otak, ginjal, dan otot telah menunjukkan hasil yang menjanjikan, dengan peningkatan penglihatan dan umur panjang pada tikus dan, baru-baru ini, pada bulan April tahun ini, peningkatan penglihatan pada monyet,” cuit Sinclair.

Dalam siaran pers, Sinclair berkata, "Penemuan baru ini dapat mengabaikan = benar menawarkan potensi untuk membalikkan penuaan dengan satu pil, dengan aplikasi mulai dari meningkatkan penglihatan hingga mengobati berbagai penyakit terkait usia secara efektif."

Baca juga: Berlinang Air Mata Xanana Ucapakan Terima Kasih Kepada Anggota Parlemen Nasional Timor Leste

Apakah "koktail kimiawi" adalah jawaban untuk hidup lebih lama?

Jadi apa yang ada di koktail ini? Bahkan Elon Musk membalas tweet, "Oke, jadi sebenarnya apa itu?"

Koktail terdiri dari berbagai molekul, termasuk asam valproat, yang merupakan obat anti-kejang yang digunakan untuk migrain dan gangguan mood, dan obat yang digunakan untuk kanker dengan sifat anti-penuaan.

Bagi Sinclair, kita mungkin sudah dekat dengan ramuan anti-penuaan untuk mengembalikan kemudaan, tetapi para ahli umur panjang memiliki kekhawatiran mereka. Masih terlalu dini untuk menginterpretasikan hasil ini untuk manusia, kata Dr. Luigi Fontana, penulis Manual of Healthy Longevity & Wellbeing dan direktur Healthy Longevity Research and Clinical Program di University of Sydney, kepada Fortune.

“Ini hanyalah data praklinis yang harus divalidasi dalam uji klinis acak manusia yang dirancang dengan baik dan didukung secara memadai,” katanya. “Sangat penting untuk mengandalkan penelitian ilmiah yang ketat dan studi berbasis bukti sebelum menarik kesimpulan tentang efek molekul semacam itu terhadap kesehatan manusia.”

Baca juga: Gigi Hadid Ditahan karena Kepemilikan Ganja di Kepulauan Cayman

Dr. Neil Paulvin, seorang dokter pengobatan regeneratif dan fungsional yang berbasis di New York, mengatakan penelitian tersebut tidak membuktikan bahwa ada satu pil untuk memperpanjang umur. Top of mind baginya di ruang penuaan adalah mengatasi masalah peradangan dan mitokondria, yang merupakan bagian integral untuk memperpanjang rentang kesehatan.

"Beberapa koktail mungkin berpotensi menua 15, 20, 50 tahun dari sekarang," kata Paulvin kepada Fortune, meskipun orang tidak boleh berasumsi "bahwa ada sesuatu yang datang besok yang akan membantu mereka hidup 10 tahun lagi."

Selain itu, semua komponen koktail harus diuji secara ketat pada manusia untuk memastikannya tidak menyebabkan peningkatan risiko kanker, misalnya.

Baca juga: Banyak Non-Dibetes Mendadak Memakai Monitor Glukosa, Simak Penejlasan Ahli

Sinclair mengatakan timnya sedang mempersiapkan uji coba sel manusia menggunakan terapi gen untuk membalikkan penuaan, per akun Twitter-nya, dan dia menjawab pertanyaan yang mengonfirmasi uji coba manusia akan tersedia dalam satu dekade.

“Ada perlombaan di antara banyak kelompok untuk menunjukkan bahwa bahan kimia dapat meremajakan sel seperti yang dapat dilakukan oleh terapi gen,” cuit Sinclair.

Dia menambahkan, "Kami membayangkan masa depan di mana penyakit yang berkaitan dengan usia dapat diobati secara efektif, cedera dapat diperbaiki dengan lebih efisien, dan impian peremajaan seluruh tubuh menjadi kenyataan."**