Helo Timor Leste

6 Rempah-rempah Ini Dapat Meredam Keinginan Makanan Manis

Satwika Rumeksa - Ragam
Rabu, 30 Aug 2023 08:10
    Bagikan  
Kayu Manis
Maarif

Kayu Manis - Rempah kayu manis dapat meredam keinginan makanan manis (gula)

HELOTIMORLESTE.COM - Para ahli gizi telah menyimpulkan bahwa salah satu alasan utama keinginan untuk makan makanan manis (gula) adalah kurangnya magnesium dalam tubuh.

Menurut Times of India, magnesium mengatur sekresi neurotransmitter dopamin, serta kadar insulin dan glukosa.

Namun, mengidam gula tidak terbatas pada kekurangan magnesium dan disebabkan oleh banyak faktor. Bahkan orang yang menderita masalah ginjal, sedang menopause, atau yang sedang stres bisa sangat menginginkan makanan manis.

Para ahli menyatakan bahwa untuk mengekang keinginan makan yang manis-manis, Anda perlu minum banyak air dan menambahkan makanan yang kaya akan magnesium ke dalam makanan Anda, seperti biji labu, pisang, kacang-kacangan, daun-daunan hijau, dan biji-bijian.

Ada juga beberapa rempah-rempah yang terkenal dan populer yang memiliki khasiat untuk membantu mengendalikan keinginan makan gula. Rempah-rempah ini juga bersifat antiperadangan.

Baca juga: China Lebih Dahulu Bangun TV Digital di Timor Leste

Rempah-rempah apa saja yang dapat membantu Anda mengekang keinginan mengonsumsi gula?

- Kapulaga hijau: Mengonsumsi buah kapulaga hijau, yang kaya akan rasa, akan membantu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi gula dengan segera, menurut para ahli.

- Biji ketumbar: Biji ketumbar diketahui dapat meningkatkan sekresi insulin dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Ketumbar dapat dimasukkan ke dalam makanan Anda secara teratur atau bahkan dimakan setelah makan. Ini tentu saja, asalkan Anda adalah pencinta ketumbar.

- Kayu manis: Kayu manis meningkatkan sekresi insulin dan dikenal memiliki sifat anti-inflamasi. Kayu manis dapat ditambahkan ke dalam teh, kopi, kue, biskuit, dan rebusan.

- Biji adas: Adas adalah tanaman aromatik dengan khasiat yang bervariasi yang membantu mengurangi keinginan mengonsumsi gula. Adas juga memiliki rasa yang menyegarkan dan pedas dan bijinya dapat meningkatkan cita rasa salad dan semur, atau Anda bisa mengemilnya.

Baca juga: Pengamat: Digititalisasi Sangat Penting untuk Kemajuan Timor Leste

- Cengkeh Rempah-rempah yang kaya akan nutrisi dan dikenal dengan sifat glikemiknya. Cengkeh dapat ditambahkan ke dalam sup, teh, saus, dan banyak lagi.

- Pala: Rempah-rempah populer yang dikenal dengan rasa manisnya yang unik yang meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, sehingga meningkatkan suasana hati dan mengurangi keinginan mengonsumsi gula.**