Helo Timor Leste

Jawaban Berapa Jam Pembalut Harus Diganti, Seberapa Sering Hingga Manfaatnya

Ugu - Ragam
Selasa, 14 Nov 2023 03:27
    Bagikan  
Pembalut
Istimewa

Pembalut - Seberapa seting harus ganti pembalut

HELOTIMORLESTE.COM -

Mempertahankan kebersihan menstruasi penting tidak hanya untuk kesehatan Anda tetapi juga untuk mencegah infeksi saluran kemih (ISK) dan infeksi jamur. Salah satu cara teraman untuk memastikan kebersihan terbaik adalah dengan sering mengganti pembalut. 

Lantas “seberapa sering harus mengganti pembalut?” Pada dasarnya tergantung pada aliran darah menstruasi dan jenis pembalut yang Anda gunakan, hal ini sulit ditentukan. Namun para ahli kesehatan menyarankan untuk mengganti pembalut setiap tiga hingga lima jam

Menurut Heathline dengan mengganti tiap 3 hingga 5 jam setidaknya bisa menghindari kebocoran , rasa tidak nyaman, dan bau menstruasi. Jadi apakah Anda boleh memakai pembalut selama 8 atau 12 jam berturut-turut atau tidak? Para ahli menyarankan agar seseorang menghindari pemakaian pembalut dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Setelah Suntik Filler di Singapura Malah Jadi Buta, Diduga Berhubungan dengan Pembuluh

Saat ini ada jenis pembalut di pasaran yang memberikan kenyamanan dan perlindungan sesuai kebutuhan Anda, dengan model tipis dan sayap fleksibel, namun daya serap yang tinnggi memberikan perlindungan hingga 100%.

Berapa Kali Dalam Sehari Anda Harus Mengganti Pembalut?

Rata-rata, Anda harus mengganti pembalut empat hingga lima kali sehari. Ada banyak faktor yang harus Anda ingat saat mempertimbangkan seberapa sering Anda harus mengganti pembalut dalam sehari, meliputi:

undefined

1. Aliran

Seperti disebutkan sebelumnya, bila haid dengan aliran deras memerlukan lebih banyak penggantian pembalut dibandingkan hari-hari dengan aliran pelan.

Biasanya, tiga hari pertama siklus Anda terjadi aliran deras, hari-hari seperti itu, Anda sebaiknya menggunakan pembalut dengan daya serap maximal.

Baca juga: Sahabat Perempuan Neymar Luana Andrade Meninggal Setelah Jalani Sedot Lemak

2. Cuaca

Cuaca panas menyebabkan keringat dan lebih banyak iritasi di sana. Sangat disarankan untuk sering mengganti pembalut pada hari-hari tersebut untuk menghindari ruam dan infeksi. 

3. Aktivitas fisik

Baik itu olahraga singkat atau bersepeda, aktivitas fisik akan membuat Anda berkeringat. Kelembapan yang terperangkap ini bisa membuat kulit semakin gatal dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Oleh karena itu, yang terbaik adalah selalu menyiapkan penggantian pembalut pada saat-saat seperti itu.


Apa Yang Terjadi Jika Anda Memakai Pembalut Terlalu Lama?

Ada beberapa hal yang dapat terjadi jika Anda memakai pembalut dalam jangka waktu lama. Beberapa yang umum adalah sebagai berikut:

1. Ruam

Biasanya, ruam merupakan akibat dari kondisi yang dikenal sebagai dermatitis kontak. Dalam kondisi ini, kulit Anda bersentuhan dengan sesuatu di pembalut Anda yang menyebabkan iritasi.

Oleh karena itu, menggunakan pembalut yang berkualitas adalah suatu keharusan! Alasan lain munculnya ruam adalah tingkat gesekan yang terjadi antara pembalut dan area vagina Anda. Penggunaan bantalan lembap dalam waktu lama akan meningkatkan gesekan ini, sehingga menyebabkan ruam.

Baca juga: Berikut Adalah 10 Artis KPop Tercantik di Bawah YG Entertaiment Berdasarkan Polling

2. Bau Menstruasi yang Buruk

Bau ini disebabkan oleh bakteri yang keluar dari tubuh Anda bersama darah dan jaringan. Seiring berjalannya waktu, jika pembalut tidak sering diganti, bakteri ini mulai meninggalkan bau tidak sedap. Berikut beberapa tips menghilangkan keputihan yang berbau.

3. Infeksi Ragi

Lingkungan dengan kelembapan tinggi cenderung menjadi tempat berkembang biaknya infeksi jamur. Kelembapan pembalut Anda mengundang jamur untuk tumbuh di daerah vagina Anda dan mengubahnya menjadi infeksi. Pahami gejala dan penyebab keputihan akibat infeksi jamur.

Baca juga: Semua Tidak Mengenalinya, Bintang Baywatch Terkenal Ini Punya Alasan Kuat Anti Makeup

Dengan menjaga kebersihan menstruasi dan mengetahui seberapa sering Anda harus mengganti pembalut, Anda dapat menikmati periode nyaman yang bebas stres. Ingatlah untuk mengganti pembalut Anda secara berkala (setiap tiga-empat jam) dan membuang pembalut bekas Anda dengan hati-hati.

Jika Anda mengalami ruam atau infeksi apa pun, konsultasikan dengan dokter Anda dan dapatkan perawatan yang tepat.

FAQ

1. Seberapa sering Anda harus mengganti pembalut?

Rata-rata, para ahli menyarankan untuk mengganti pembalut setiap tiga hingga 5 jam. Namun seberapa sering Anda harus mengganti pembalut sangat bergantung pada aliran menstruasi Anda pada hari tersebut. Sebaiknya gunakan pembalut dengan kualitas unggul yang menawarkan perlindungan hingga 8 jam untuk menjaga kebersihan menstruasi.

2. Berapa kali penggantian pembalut dalam sehari yang normal?

Jika Anda ingin mengetahui seberapa sering Anda harus mengganti pembalut dalam sehari, Anda perlu mengamati aliran Anda dan mempertimbangkan jenis pembalut yang Anda kenakan. Mengganti pembalut 5-6 kali selama 24 jam biasanya dianggap normal.

3. Bisakah Anda memakai pembalut selama 12 jam?

Jawaban sederhananya adalah, tidak higienis memakai pembalut selama 12 jam meskipun aliran darah Anda ringan. Bakteri dapat menumpuk dalam jangka waktu ini dan menyebabkan bau atau menyebabkan infeksi. Jadi, seberapa sering Anda harus mengganti pembalut? Setiap 3-5 jam adalah jangka waktu yang baik. Gunakan bantalan tipis untuk perlindungan optimal karena mencegah kebocoran.***