Helo Timor Leste

Kekayaan Alam dan Ribuan Spesies Satwa di Timor Leste Patut Kita Lindungi, Menjadi Potensi di Masa Depan

Dodo Hawe - Ragam
Sabtu, 3 Feb 2024 09:46
    Bagikan  
BURUNG LANGKA
istimewa

BURUNG LANGKA - Salah satu burung langka di Timor Leste, Kakatua jambul kuning

HELOINDONESIA.COM - Timor Leste memiliki banyak alam liar yang belum tersentuh di seluruh penjuru Bumi Lorosae, dibanyak tempat alamnya masih belum tersentuh program wisata.

Negara dengan populasi penduduk sekitar 1,3 juta jiwa ini memiliko iklim tropis yang kering yang menempati Pulau Timor dan perbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk wilayah Indonesia.

Vegetasi yang dimiliki sangat bervariasi dari dengan dataran rendah yang lembab di wilayah Selatan hingga daerah pegunungan yang lembab dan jauh lebih sejuk.

Baca juga: Menikmati Alam yang Indah Sambil Minum Kopi di Fleixa Mini Tourism Cafe Pegunungan Ainaro, Timor Leste

Kemudian di sisi membentang pantai Utara yang kering, seperti diwilayah ibu kota, Dili yang berpenduduk sekitar 400 ribu orang.

Sebagai akibat dari perbedaan iklim mikro, vegetasi berubah dengan cepat saat Anda melakukan perjalanan keliling dataran Timor Leste.

Vegetasi sabana terbuka yang kering hingga hutan yang lebat dengan aneka macam tumbuhan yang wilayah Tengah dan Selatan Timor Leste.

Di antara pantai dan tanjung atau daratan yang menjorok ke laut, rumpun hutan bakau tersebar di sepanjang garis pantai, menyediakan habitat penting bagi perkembangbiakan berbagai macam spesies ikan.

Baca juga: Empat Potensi Sumber Daya Alam Timor Leste yang Perlu Anda Ketahui

Binatang liar
Dengan adanya tempat tinggal dan kehidupan subsisten selama berabad-abad, mamalia dan reptil asli Timor Leste yang berukuran besar semakin berkurang jumlahnya.

Konon Timor Leste memiliki aneka satwa langka seperti kera dan kuskus tutul (hewan berkantung penghuni pohon) hidup di hutan dan terdapat rusa di dataran tinggi banyak dijumpai.

Timor Leste memiliki kekayaan aneka macam jenis binatang reptil, mulai dari ular, kadal kecil hingga kadal tokay (tokek), salah satu yang terbesar di dunia.

Kehidupan laut Timor Leste juga memiliki banyak penyu datang ke darat untuk bertelur dan buaya muara hidup di habitat pesisir dan Danau Ira Laloro, belum lagi bergai macam jenis kelelawar dan tikus juga banyak terlihat.

Baca juga: Generasi Digital Timor Leste Suka Konten Traveling, Belajar Bahasa Inggris dan Akses Internet Cepat

Aneka burung
Kehidupan burung di Timor Leste lebih produktif dan sangat menarik bagi para pengamat burung di seluruh dunia.

Di wilayah Timor Leste memiliki aneka macam burung yang jumlahnya cukup banyak.

Campuran burung yang aneh ini berasal dari Asia, Australia, dan Wallacea.

Seperti kita ketahui Timor Leste saat ini memiliki lebih dari 240 spesies burung yang tercatat.

Baca juga: Timor Leste Kini Miliki Konsulat di Bali, Sekda Bali Sebut Jumlah Wisatawan asal Timor Leste Tahun 2023 Mencapai 32 Ribu

Termasuk 23 spesies di antaranya yang bersifat endemik, dan masih banyak lagi yang akan ditambahkan melalui penelitian lebih lanjut.

Kekayaan kehidupan burung di Timor Leste, baik yang menetap maupun yang bermigrasi, sebagian mencerminkan keanekaragaman habitat yang luas.

Baca juga: Perjalanan Masyarakat Atauro dari Nelayan dan Petani Musiman Hingga Kini Berbisnis Ecowisata

Mulai dari gunung hingga pantai dan lokasi geografis negara tersebut, yang memungkinkan menetapnya sejumlah spesien burung yang bermigrasi dari negara lain.

Saat ini Timor Leste masih memiliki sejumlah spesies yang terancam punah secara global dalam jumlah yang relatif banyak, termasuk kakatua jambul kuning, merpati kukuk hitam, burung pipit Timor, dan beberapa spesies merpati lainnya. **