Helo Timor Leste

Timor Leste Kini Miliki Konsulat di Bali, Sekda Bali Sebut Jumlah Wisatawan asal Timor Leste Tahun 2023 Mencapai 32 Ribu

Dodo Hawe - Nasional
Selasa, 23 Jan 2024 11:47
    Bagikan  
KONSULAT BARU
Xanana ba Ema Hotu/facebook

KONSULAT BARU - Timor Leste kini memiliki kantor konsulat baru di Provinsi Bali di Jalan Tukad Mas I Nomor 4, Renon, Denpasar

HELOINDONESIA.COM - Selama tahun 2023 jumlah wisatawan dari Timor Leste tercatat sebanyak 32.276 orang yang berkunjung sebagai wisatan ke Pulau Bali, Indonesia.

Data itu diketahui dari Dinas Imigrasi Provinsi Bali seperti dirilis Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra saat meresmikan gedung baru Konsulat Jenderal Republik Demokratik Timor-Leste (RDTL) di Provinsi Bali.

Dalam acara itu juga dihadiri Perdana Menteri (PM), Kay Rala Xanana Gusmão sekaligus turut meresmikan dimulainya pemanfaatan gedung itu.

Baca juga: Governu Provinsi Bali Jnaugurasaun Konsulat Jerál Timor-Leste Iha Bali

Menurut laporan Dinas Imigrasi pada tahun 2023, sebanyak 32.276 wisatawan asal Timor Leste mengunjungi Bali, dan jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya.

"Hal ini menandakan bahwa Timor Leste dan Indonesia memiliki sejarah yang baik bersama-sama," katanya seperti dilansir hatutan.com.

Laporan imigrasi Bali menyebut sebanyak 15.943 wisatawan asal Timor Leste yang berkunjung ke Bali pada tahun 2022.

Baca juga: Sepeda Motor Gres Kawasaki Ninja Vixion Hilang di Perbatasan Timor Leste, Kini Telah Ditemukan dan Dikembalikan

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menyampaikan harapan besarnya bahwa peresmian Konsulat Jenderal Timor Leste yang baru di Bali akan semakin mempererat kerja sama di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan bidang prioritas lainnya.

Sementara Kantor Konsulat Jenderal Timor Leste berada di Jalan Tukad Mas I Nomor 4, Renon, Denpasar sebagai bentuk komitmen bilateral antar-negara.

Baca juga: Peluru Kendali Balistik Iran Menyerang Fasilitas di Irak, Timteng Makin Ruwet

KJRI Timor-Leste di Bali kini mempunyai pejabat dari berbagai kementerian, antara lain Asisten Atase Kepala Imigrasi Grigório Soares Pinto, Asisten Atase Pendidikan José Maria Gonçalves, Atase Kesehatan, tim protokoler, dan 23 pejabat asal Indonesia yang bekerja di bidang administrasi, pengemudi, keamanan, hingga berkebun. **