Helo Timor Leste

Timor Leste Akan Datangkan Bibit Anggur, Pisang dan Mangga Dari Indonesia

Dodo Hawe - Ragam
Selasa, 27 Feb 2024 19:59
    Bagikan  
POHON PISANG
universitasmedan

POHON PISANG - Timor Leste akan mendatangkan bibit pisang, anggur dan mangga dari Indonesia

HELOINDONESIA.COM - Timor Leste memiliki lahan yang cukup untuk mengembangkan aneka macam buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan sendiri.

Sayangnya komonditas seperti ini belum banyak dibudidayakan, secara luas seperti di Indonesia, sehingga kebutuhan buah-buah bisa tercukupi dari hasil bumi sendiri.

Buah-buahan seperti pisang, mangga, dan anggur memang belum dibudidayakan secara luas di Timor-Leste.

Baca juga: Penanaman Satu Hektar Sorgum di Oecusse Ambeno Timor Leste Membuahkan Hasil Menggembirakan

Sehingga Kementerian Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan (MAPPF) berencana mendistribusikan anggaran $100 ribu tahun ini untuk membeli berbagai benih tanaman ini, seperti buah-buahan untuk mendukung pembibitan guna meningkatkan produksi lokal.

Francisco da Costa, teknisi profesional dari Direktorat Nasional Pertanian dan Hortikultura mengatakan ketiga jenis buah ini akan dibagikan kepada masyarakat agar bisa ditanam di lahan potensial mereka untuk pengembangan di masa depan.

"Kami ingin membeli anggur, pisang, dan mangga karena di negara kami, ketiga jenis buah ini tidak umum dan petani tidak terlalu mementingkan budidayanya," kata Francisco da Costa di Comoro, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: Baik Mana Minum Jus atau Makan Buah Segar?, Simak Penjelasan Ahli Nutrisi

Dilansir kantor berita Tatoli, Direktorat akan membeli tiga jenis bibit buah-buahan dengan berat total 70 kilogram dan mendistribusikannya ke pembibitan untuk merawat tanaman yang sedang tumbuh.

Buah-buahan yang sudah dibudidayakan di Timor adalah pepaya, semangka, jeruk, sukun, nangka, dan durian.

Ia menyimpulkan bahwa buah-buahan yang ada perlu ditingkatkan dan buah-buahan baru perlu diperkenalkan untuk memperkaya produksi buah-buahan di wilayah tersebut.

Baca juga: Buah Segar Dibagikan untuk Anak-anak Sekolah

Rencananya, tiga jenis bibit buah akan dibeli dari Indonesia pada Maret 2024 mendatang karena negara tersebut dinilai memiliki potensi besar dalam menghasilkan berbagai jenis buah.

Direktorat Pertanian dan Hortikultura Nasional, LĂșcio Ribeiro menegaskan, anggaran yang dialokasikan untuk pembelian benih buah ini akan melalui proses normal, yaitu melalui tender umum dimana perusahaan yang berminat dapat mengajukannya.

Setelah proses seleksi, perusahaan pemenang akan menyetorkan benih ke direktorat untuk didistribusikan ke pembibitan masing-masing.

Baca juga: Alami Mutasi Genetik Kelelawar Buah Kebal Diabetes Meskipun Mengonsumsi Banyak Makanan Manis

Direktorat Pertanian dan Hortikultura ingin mempercepat rencana ini dengan tujuan meningkatkan produksi buah-buahan ini karena merupakan sumber gizi penting bagi kesehatan masyarakat.

Ketika masyarakat mengkonsumsi buah-buahan dengan nutrisi yang baik, hal ini membantu mengembangkan kesehatan fisiknya. **