Helo Timor Leste

Singapura Perangi Diabetes dengan Pelabelan Nutri Grade Pada Kemasan Minuman

Ugu - Ragam
Sabtu, 30 Mar 2024 05:24
    Bagikan  
Nutri Grade
Istimewa

Nutri Grade - Ada label Nutri Grade pada kemasan minuman dan menu di restotan

Helotimorleste- Menteri Kesehatan Singapura menerapkan peraturan yang mewajibkan setiap minuman siap saji — termasuk bubble tea, kopi, teh, dll— diberi label nilai kandungan nutrisi atau nutri-grade.

Kebijakan ini ditujukan untuk mengetahui apakah minuman tersebut baik dikonsumsi atau tidak.

Diabetes Masalah Serius

Dikutip dari situs jejaring resmi Health Promotion Board (HPB) Pemerintah Singapura, diabetes merupakan masalah kesehatan yang serius di Singapura. Jumlah penduduk Negeri Singa yang mengidap diabetes diperkirakan mencapai 1 juta orang pada 2050, jika tidak ada tindakan yang diambil. 

Baca juga: Risiko Hipertensi Naik 11 Persen Jika Anda Tidur Kurang dari Lima Jam

Sebagai tanggapan terhadap beban kesehatan dan sosial yang signifikan yang ditimbulkan oleh diabetes, Kementerian Kesehatan atau Ministry of Health (MOH) Singapura meluncurkan Perang Melawan Diabetes dan memobilisasi upaya seluruh masyarakat untuk menangani penyakit tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah meminta negara-negara untuk mengambil tindakan untuk mengurangi asupan gula individu sebanyak mungkin, menyatakan bahwa "secara nutrisi, orang tidak memerlukan gula apa pun dalam diet mereka".

Lebih dari setengah asupan gula harian orang Singapura berasal dari minuman, di mana minuman prakemasan menyumbang 64% dan minuman yang disiapkan segar menyumbang 36%. Lebih banyak lagi yang perlu dilakukan untuk lebih mengurangi asupan gula orang Singapura.

Baca juga: Contoh Menu 1500 Kalori Untuk Penderita Diabetes, dan Jika Anda Pergi ke Waralaba Internasional

Tujuan label Nutri-Grade

Bersama-sama, langkah-langkah ini bertujuan untuk membantu konsumen mengidentifikasi minuman yang lebih tinggi kadar gula dan lemak jenuhnya dan untuk mengurangi pengaruh iklan terhadap preferensi konsumen, sehingga mendorong pilihan yang lebih terinformasi, lebih sehat, dan mendorong reformulasi industri.

Baca juga: Keseringan Memakai Berujung Tuli, 3-60 Tips Sehat Menggunakan Headphone

Langkah tambahan dari 30 Desember 2023 akan berlaku untuk minuman yang disiapkan segar dan minuman nutri-grade yang ada yang dijual di pengaturan tertentu, yang mencakup (i) pengaturan ritel seperti gerai makanan dan minuman dan jasa katering, serta (ii) pengaturan nonritel seperti hotel, tempat kerja, institusi pendidikan, institusi kesehatan, dan fasilitas penitipan anak.


Apa itu Nutri-Grade?

Memahami kandungan gula dan lemak jenuh dalam minuman Anda bisa jadi membingungkan. Banyak dari kita yang akhirnya memiliki terlalu banyak tanpa menyadarinya. Lemak jenuh sering ditambahkan ke dalam minuman untuk meningkatkan “rasa di mulut”. Namun mengonsumsi terlalu banyak gula dan lemak jenuh dapat meningkatkan risiko diabetes1. Terlalu banyak gula juga bisa menyebabkan obesitas.

Manfaat panduan Nutri-Grade.

Nutri-Grade “menilai” minuman Anda berdasarkan kadar gula dan lemak jenuhnya. Anggap saja ini sebagai skor gabungan. Minuman dengan peringkat "A" memiliki kandungan gula dan lemak jenuh paling rendah, sedangkan minuman dengan peringkat “D” memiliki kandungan tertinggi.

Di mana Anda dapat menemukan tanda Nutri-Grade?

Tanda Nutri-Grade dapat ditemukan pada minuman kemasan. Jika Anda ingin mengetahui berapa banyak gula dalam minuman Anda, lihat saja persentase gula yang tertera pada tanda Nutri-Grade, kabar gembiranya Nutri-Grade juga memperluas cakupannya ke minuman segar seperti kopi, teh, minuman malt, bubble tea, shake, smoothie, dan lainnya mulai 30 Desember 2023 pada menu minuman.

Apa pedoman Nutri-Grade?

Minuman dengan grade Nutri-Grade C dan D harus mencantumkan tanda Nutri-Grade pada kemasannya atau pada menu dan bahan lainnya.

Di sisi lain, pelabelan Nutri-Grade bersifat opsional untuk minuman dengan nilai “A” dan “B”.

Untuk mengatur asupan gula dan lemak jenuh Anda, batasi minuman Nutri-Grade C dan D dan pilih minuman yang lebih sehat atau minuman Nutri-Grade A atau B atau cukup pilih air putih.

Nutrisi Kelas A

Minuman dengan grade “A” mengandung sedikit gula, tanpa pemanis, dan sedikit kandungan lemak jenuh. Jadikan minuman ini pilihan pertama Anda bila memungkinkan.

≤ 1g*, gula dan tanpa pemanis
≤ 0,7g*, Lemak jenuh
*per 100 ml minuman

Nutrisi Kelas B

Minuman dengan grade “B” memiliki kadar gula dan lemak jenuh yang rendah. Minuman ini adalah pilihan yang baik untuk Anda dan keluarga.

> 1 hingga 5g*, gula
> 0,7 hingga 1,2g*, lemak jenuh
*per 100 ml minuman

Nutrisi Kelas C

Minuman dengan nilai “C” mengandung banyak gula dan lemak jenuh. Batasi minuman ini bila memungkinkan.

> 5 hingga 10g*, gula
> 1,2 hingga 2,8g*, lemak jenuh
*per 100 ml minuman

Nutrisi Kelas D

Minuman dengan grade “D” mengandung kadar gula dan lemak jenuh tertinggi. Batasi minuman ini bila memungkinkan.

> 10g*, gula
> 2,8g*, lemak jenuh
*per 100 ml minuman

Larangan Iklan

Iklan minuman Nutri-Grade dengan nilai "D", dilarang di semua platform media (misalnya siaran, cetak, luar rumah, di lapangan, online) kecuali iklan minuman kemasan di tempat penjualan ( POS) di berbagai toko (misalnya supermarket, toko serba ada). Iklan POS untuk minuman Nutri-Grade kemasan dengan nilai "D" diperbolehkan di berbagai toko (misalnya papan promosi di supermarket), namun materi tersebut harus menampilkan tanda Nutri-Grade minuman tersebut dengan jelas.

Iklan merek yang tidak menampilkan produk tertentu, dan iklan yang mempromosikan penjualan minuman Nutri-Grade dengan peringkat "A", "B", atau "C" diperbolehkan.***