Helo Timor Leste

dr Aswadi Sebut Akupuntur Bisa Digunakan Untuk Pendamping Pengobatan Diabetes

Ugu - Ragam
Senin, 27 May 2024 11:41
    Bagikan  
Pendamping terapi diabetes
Istimewa

Pendamping terapi diabetes - Akupuntur bisa untuk alternarif terarpi diabetes

Helotimorleste- Dokter Spesialis Akupuntur Dr. Aswadi Ibrahim Sp.Ak menjelaskan tentang manfaat akupuntur sebagai sarana alternatif bagi penderita diabetes.

Saat gula darah naik, penyerapan glukosa di lambung menjadi tinggi, lalu ada hormon inkretin yang dilepaskan untuk memicu tubuh mengeluarkan insulin. Namun pada orang dengan hiperglikemia, hormon tersebut tidak bekerja baik sehingga gula dalam darah tidak bisa terserap otot dan gula menjadi tinggi.

Akupuntur dapat membantu mengendalikan nafsu makan, menurunkan berat badan, dan menahan rasa lapar. Hal ini penting karena obesitas (kegemukan) merupakan salah satu faktor risiko hiperglikemia (kadar gula darah tinggi), yang pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes

Baca juga: AHY: Penyerobotan Tanah Tantangan Terbesar ATR, AA Afandi Jelaskan yang Dimaksud Penyerobotan

Baca juga: Meniru Eropa Menurunkan Angka Kecanduan Merokok, Alternatif Rokok Tanpa Asap

Aswadi, yang praktik di RS Primaya Makassar mengatakan jika faktor risiko lebih dini dieliminasi, maka akan semakin mudah mengobati diabetes-nya dibandingkan ketika sudah mengalami komplikasi.

Namun dalam hal ini akupuntur tidak bisa berdiri sendiri, melainkan merupakan bagian dari pengobatan yang mencakup herbal, pengaturan pola makan, latihan fisik, dan pijat. Selain itu menurut Aswadi kombinasi akupuntur dengan herbal aman sebab tidak menyebabkan hipoglikemi secara tiba-tiba.

Menahbahkan akupuntur bagi pasien diabetes yang mendapat terapi farmakologis atau pengobatan konvensional dapat berkontribusi pada peningkatan kontrol glikemik dan optimilisasi dosis farmakologis sehingga dosis pengobatan dapat diturunkan.***