Helo Timor Leste

Wacana Netizen Indonesia ingin Naturalisasi Gali Freitas, Ternyata Tidak Mungkin

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Minggu, 10 Sep 2023 09:37
    Bagikan  
GALI
instagram @psisofficial

GALI - Pemain PSIS Semarang, Paulo Gali Freitas

HELOTIMORLESTE.COM - Bagi netizen penggemar bola di Indonesia, khususnya suporter sepakbola PSIS Semarang yang kini sedang tepukau akan  penampilan pemain sepakbola asal Timor Leste, Paulo Gali Freitas.

Hal itu bisa dimaklumi, karena penampilan Gali Freitas yang imresif membuat permaian tim berjuluk Mahesa Jenar itu, menjadi lebih hidup.

Gali Freitas yang resmi dikontrak PSIS Semarang pada 2 Juni 2023 lalu itu mencatat debutnya di Liga 1 pada 3 Juli 2023.

Gali yang semula diragukan banyak kalangan itu, hingga pekan ke-11, pemain Timnas Timor Leste itu sudah membukukan lima gol plus tiga assist dari 10 laga yang dijalani.

Baca juga: Gali Freitas Dipuja di PSIS, Tapi Tidak Berdaya Saat Melawan Kuwait

Penampilannya yang apik, lantas kemudian menyita perhatian publik sepakbola di Indonesia, bahak tak sedikit netizen yang beranda-andai, jika Gali bergabung bersama Timnas Indonesia.

Menurut netizen, Gali Freitas dinilai cocok mengisik lini depan Timnas Indonesia yang selama ini kerap menjadi masalah.

Andai saja Timor Leste masih menjadi bagian dari negara Indonesia, tentu saja anak ini akan menjadi aset yang sangat berharga untuk Timnas," tulis akun @garudalegend.

"Punya visi bermain yang luar biasa sebagai winger, naluri gol tinggi dan tidak takut berduel dengan pemain lawan. Apalagi dengan skillnya termasuk luar biasa dengan usianya yang terbilang masih sangat muda, 18 Tahun," tulisnya lagi.

Baca juga: Gali Freitas dan Elias Mesquita Bersama Timnas U-23 Timor Leste, Bakal Hadapi Laga Neraka Melawan Kuwait

Akun instagram @Liga1hub juga mengunggah postingan serupa.

Akun tersebut memposting foto Gali Freitas mengenakan jersey Timnas Indonesia berlatar belakang Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Mulai banyak suporter Indonesia berandai-andai Gali Freitas bela Timnas Indonesia,” tulisnya.

Untuk menjawab pertanyaan, netizen itu, lalu pernyataannya apakah Paulo Gali Freitas bisa? Jawabannya tidak bisa.

Baca juga: Gali Freitas Kembali ke Timor Leste Membawa Kemenangan Tim PSIS Semarang, Lawan Bali United

Hal ini jika berdasarkan regulasi FIFA, pria kelahiran Dili, Timor Leste ini tak bisa dinaturalisasi, penyebabnya dia adalahs secara resmi sudah tercatat sebagai skuad Timnas Timor Leste.

Pada hal di dalam regulasi disebutkan jika pemain sudah pernah menjalani, tercatat secara resmi bersama asosiasi sebelumnya atau tim nasional tertentu tidak diperbolehkan turut memperkuat di negara lain.

Baca juga: Penampilan Gali Freitas Menjadikan Sayap Kanan Kiri PSIS Semarang Ditakuti Lawan Main

Meskipun dia sudah mendapatkan paspor baru, pemain itu tetap saja tidak boleh direkrut untuk memperkuat Timnas negaranya yang telah mengeluarkan paspor itu.

Terlebih lagi, saat ini Gali Freitas masih berstatus sebagai warga negara Timor Leste, jika ingin mengubah status kewargaanya harus tinggal di Indonesia minimal selama 5 tahun. **