Helo Timor Leste

Komposisi Pemain Asing PSIS Semarang Dipertahankan, Gali Freitas Tetap Menjadi Andalan

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Selasa, 31 Oct 2023 18:21
    Bagikan  
KOMPOSISI TETAP
psis semarang

KOMPOSISI TETAP - Komposisi pemain asing PSIS Semarang dipastikan tidak berubah, Gali Freitas dan Carlos Fortes menjadi tulang pungung skuad Mahesa Jenar.

HELOTIMORLESTE.COM - Bursa transfer paruh musim Liga 1 Indonesia 2023 segera dibuka pada 1 - 28 November 2023, termasuk klub PSIS Semarang, yang kini sedang mengincar sejumlah pemain.

Meski demikian manajemen PSIS Semarang tetap mempertahankan komposisi pemain asing yang dimilikinya, sehingga tak perlu menambah pemain asing dalam laga berikutnya.

Klub Mahesa Jenar ini tetap akan melanjutkan kerja sama dengan enam pemain asing yang dimilikinya, antara lain 5 pemain asing negara diluar ASEAN dan 1 pemain Asing asal negara ASEAN.

Pemain asing yang sesuai regulasi yang ditetapkan PSIS Semarang antara lain adalah, Pulo Gali Freitas asal Timor Leste, Taisei Murukawa asal Jepang, Boubakary Diarra asal Prancis, Vitinho asal Brasil, Lucas Gamma asal Brasil dan Carlos Fortes asal Brasil.

Baca juga: Beda Nasib Dua Pemain Asal Timor Leste di Liga 1 Indonesia Joa Pedro di Makassar dan Gali Freitas di Semarang

CEO PSIS Semarang, Yotok Sukawi sudah memutuskan hal di atas setelah manajemen dalam satu deua pekan terakhir melakukan evaluasi dan kesimpulannya mempertahankan semua pemain asing.

Keputusan itu menurut Yotok berdasarkan hasil diskusi dengan tim pelatih, para penggawa asing Mahesa Jenar dinilai sudah berkontribusi kepada PSIS pada putaran pertama Liga 1 2023.

Untuk itu PSIS Semarang tidak saat ini tidak mencari pemain asing baru dalam bursa transfer pemain kali ini.

Baca juga: Gali Freitas Terpilih Jadi Model Peragakan Jersey Baru PSIS Semarang Bernuansa Sejarah dan Keindahan Kota

Ia menilai dari hasil evaluasi itu para pemain asing ada di PSIS Semarang telah berkontribusi maksimal di masing-masing posisi dan peran mereka.

"Masing-masing pemain asing ini sudah memenuhi ekspektasi. Gali Freitas dan Carlos Fortes menjadi tulang pungung PSIS dalam menciptakan gol ke gawang lawan.

Seperti kita ketahui jika Carlos Fortes masuk jajaran top skor sementara dengan mengoleksi 9 gol dengan 3 assist, begitu juga dengan Gali Freitas juga sudah mengoleksi 7 gol dengan 3 assist.

"Carlos Fortes masuk jajaran top skor, Gali juga menjadi pemain ASEAN terbaik di Liga 1 Indonesia, Marukawa juga tampil bagus untuk posisi dimana saja," jelas Yoyok Sukawi.

Baca juga: Gali Freitas Kembali Sumbangkan Gol PSIS vs Persikabo, Kini Jadi Bomber Andalan Mahesa Jenar

Begitu juga dengan Vitinho, setelah sembuh dari cedera juga berkontribusi maksimal untuk kenenangan PSIS.

Termasuk Diarra peran sentral yang maksimal dan Lucao juga kokoh saat melawan Persija apalagi ditambah dengan mencetak satu gol ke gawang lawan.

Sementara prestasi yang dicapai di putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023, PSIS berhasil mencapai 5 besar klasemen sementara dengan 30 poin bersama Rans Nusantara, Bali United dengan jumlah poin yang sama.

Baca juga: Dua Pemain Timor Leste di Liga 1 Indonesia, Karier Joao Pedro Kalah Moncer dari Gali Freitas

Selama 18 laga dalam paruh musim Liga 1 2023/2024 PSIS semarang telah memenangi laga sebanyak 9 kali, 5 kali kalah dan 4 kali imbang.

Selain itu juga menempatkan salah satu pemain PSIS Semarang Carlos Fortes yang masuk dalam jajaran top skor sementara dengan mengoleksi 9 gol.

Posisi PSIS semarang hingga saat ini sudah on the track untuk mengarungi lagai berikutnya yang sebentar lagi bakal digelar putaran kedua Liga 1 2023/2024.

Meski demikian menurut bos PSIS Semarang, Yoyok Sukawi timnya tetap akan mencari striker berkualitas yang tidak kalah dari Fortes dan bisa menjadi pesaing yang sehat.

Baca juga: Ada Wacana Gali Freitas Bergabung dengan Tim Nasional Indonesia, Biar Garuda Tambah Hebat

Menurutnya striker yang menjadi incaran adalah striker lokal, dengan kemampuan yang memadai, meski mencari striker lokal juga tidaklah mudah.

Selain striker PSIS juga masih membutuhkan pemain tengah yang tangguh menjadi pesaing Diarra di lini tengah untuk nomor delapan.

Seperti kita tahu sebelumnya PSIS Semarang mengincar bomber Persis Soli, Ramadhan Sananta, namun kabar terbaru hingga saat ini masih belum ada perkembangan lebih lanjut. **