Helo Timor Leste

Jelang Piala Asia Klinsmann Percaya Diri dan Menyatakan Korsel Mampu Juara

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Senin, 1 Jan 2024 20:40
    Bagikan  
Siap Juara
Yonhap

Siap Juara - Dari kiri Lee Jae-sung, Jurgen Klinsmann dan Cho Kyu-sung

HELOINDONESIA.COM - Menampilkan dua pencetak gol terbanyak di Liga Premier dan salah satu bek terbaik di Eropa musim ini, Korea akan menurunkan salah satu tim paling berbakat di Piala Asia Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Qatar bulan depan.

Apakah bakat di atas kertas dapat diterjemahkan ke dalam kesuksesan di lapangan akan menjadi masalah yang sama sekali berbeda, namun pelatih kepala Jurgen Klinsmann menyatakan keyakinannya pada hari Kamis ketika ia mengumumkan skuatnya yang berisi 26 pemain untuk kompetisi top Asia.

"Saya benar-benar hanya percaya pada tim kami. Saya percaya pada tim Korea ini bahwa mereka dapat mewujudkannya karena kami memiliki begitu banyak kualitas dengan begitu banyak pemain bagus yang tampil dengan sangat baik," kata Klinsmann pada konferensi persnya di bioskop CGV Yongsan di Seoul.

"Saya rasa kami mampu menjuarai Piala Asia ini. Dibutuhkan banyak kerja keras dan banyak momen spesial, tapi itu benar-benar bisa dilakukan. Oleh karena itu, saya tidak sabar menunggu turnamen ini dimulai."

Kompetisi dimulai 12 Januari 2024 dan pertandingan pertama Grup E Korea adalah 15 Januari melawan Bahrain. Mereka nantinya akan melawan Yordania pada 20 Januari 2024 dan Malaysia pada 25 Januari 2024.

Baca juga: Usai Bersama-sama Merayakan Malam Tahun Baru, Warga Ponorogo Nekat Habisi Tetangganya Sendiri

Korea akan berusaha memenangkan Piala Asia pertama mereka sejak tahun 1960. Klinsmann mengatakan negaranya sudah lama terlambat untuk menyelesaikan tugasnya, karena Jepang, rival lama Korea, kemungkinan besar akan menghalanginya.

Jika kedua negara menjadi juara grup masing-masing, mereka hanya bisa saling bertemu di final.

“Persaingan ini adalah sesuatu yang istimewa,” kata Klinsmann, seraya menambahkan bahwa ia merasakan sendiri persaingan sengit ketika ia bermain untuk Jerman melawan Belanda dan ketika ia melatih Amerika Serikat melawan Meksiko. “Akan luar biasa jika kami bertemu (Jepang), mudah-mudahan di final.”

Ada sedikit kejutan bagi tim asuhan Klinsmann. Son Heung-min dari Tottenham Hotspur, yang saat ini berada di peringkat keempat Liga Premier dengan 11 gol, akan kembali sebagai kapten. Hwang Hee-chan dari Wolverhampton Wanderers, yang sudah mencetak 10 gol tertinggi dalam karirnya musim ini, adalah pilihan tepat lainnya.

Memimpin korps pertahanan adalah bek tengah Bayern Munich Kim Min-jae, yang terpilih sebagai bek terbaik di liga top Italia, Serie A, saat bermain untuk Napoli musim lalu.

Lini tengah Korea akan menampilkan Lee Kang-in, yang menandatangani kontrak dengan juara Prancis Paris Saint-Germain musim panas lalu. Klinsmann menyamakan perkembangan terkini Lee dengan "bunga yang mulai mekar".

Baca juga: Jepang Diguncang Besar 7.6 Magnitudo, Ada Peringatan Tsunami

"Anda ingin para pemain Anda mencapai puncaknya tepat pada saat turnamen berlangsung. Saya mempunyai perasaan yang baik karena mereka tampil baik di klub; mereka sehat, mereka bugar, mereka ambisius, dan mereka lapar,” katanya.

"Ini adalah fondasi untuk memainkan turnamen yang baik. Anda sebagai pelatih berharap mereka akan membawa kepercayaan diri dan kualitas ini ke tim nasional untuk membuat sesuatu yang istimewa terjadi di Qatar untuk Piala Asia."

Satu kejutan kecil adalah masuknya bek berusia 19 tahun Kim Ji-soo, yang telah bermain untuk tim B Brentford di Inggris. Ketika skuad Piala Asia bertambah dari 23 menjadi 26 pemain kali ini, Klinsmann mengatakan hal itu memberinya kesempatan untuk membawa pemain muda seperti Kim ke Qatar dan memberi mereka kesempatan untuk bekerja dengan para veteran internasional.

Klinsmann mengatakan situasi di luar kendalinya memaksanya mengambil beberapa pilihan sulit. Penyerang Norwich City Hwang Ui-jo telah diskors oleh Asosiasi Sepak Bola Korea dari pertandingan internasional sementara dia menjalani penyelidikan polisi atas tuduhan bahwa dia merekam hubungan seksual dengan seorang wanita tanpa persetujuannya.

Gelandang Son Jun-ho, pemain andalan tim nasional lainnya, telah ditahan di Tiongkok sejak Mei karena kasus suap, dan belum ada tanda-tanda akan segera dibebaskan.

Baca juga: McDonalds Malaysia Menggugat Gerakan Boikot Produk Israel Rp20,1 Miliar

“Situasi seperti itu menyulitkan para pelatih karena Anda tidak berdaya,” kata Klinsmann. “Anda tidak bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Itu adalah wewenang pihak berwenang.”

Sang pelatih mengaku punya lebih dari cukup opsi untuk mengisi kekosongan dua pemainnya yang absen. Son, misalnya, bisa bermain di depan atau berkeliaran di seluruh lapangan tepat di bawah striker. Hwang Hee-chan telah membuktikan dirinya sebagai pencetak gol mumpuni di papan atas Liga Inggris musim ini.

“Kami memiliki banyak pemain berbeda dalam daftar ini. Ini menjadikan kami salah satu favorit untuk Piala Asia,” kata Klinsmann. "Saya pikir apa yang perlu kami lakukan adalah menyempurnakan elemen-elemen ini dalam beberapa minggu ke depan dan menghadapi turnamen tersebut dengan percaya diri. Kami memiliki kemauan untuk memenangkan gelar."**