Helo Timor Leste

Piala Asia 2024: Klinsmann: Korea Tidak Ingin Menghindari Siapa Pun di 16 Besar

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Kamis, 25 Jan 2024 21:31
    Bagikan  
Pelatih Asal Jerman
Yonhap

Pelatih Asal Jerman - Jurgen Klinsmann tak ingin menghindari siapa lawan berikutnya

HELOINDONESIA.COM - Pertandingan akhir di Grup E berakhir dengan Harimau Malaya menahan Taeguk Warrior 3-3. Dengan hasil ini Korea Selatan tak jadi bertemu dengan Samurai Biru. Taktik Klinsmann?

Klinsmann berkata dengan senyum di konferensi pers sebelum pertandingan di Pusat Media Utama Doha, "Kami tidak ingin menghindari siapapun. Kami ingin menghadapi setiap pertandingan dengan penuh rasa hormat terhadap lawan kami."

Menurut Klinsmann, lawan berikutnya, Malaysia, akan menjadi tantangan berat, meskipun mereka berada di peringkat 130 dan sudah tersingkir setelah mengalami kekalahan berturut-turut dari Jordan dan Bahrain.

"Mereka belajar banyak dari pertandingan pertama (kalah 4-0 dari Jordan) dan bermain jauh lebih baik dalam pertandingan kedua (kalah 1-0 dari Bahrain)," ujar Klinsmann. "Kami mengharapkan pertandingan yang sangat sulit besok melawan Malaysia.

Siapapun lawan yang akan datang setelah itu, tidak penting hari ini. Kita bisa membicarakannya besok malam setelah pertandingan. Yang pertama, kita harus memenangkan pertandingan, melakukan tugas rumah, bermain dengan baik, dan menunjukkan bahwa kita layak untuk menang."

Klinsmann menegaskan kembali bahwa tidak ada pertandingan mudah di Piala Asia.

"Tidak peduli kapan Anda bertemu dengan negara-negara tertentu," ujarnya. "Mereka semua sangat baik. Mereka semua termotivasi, mereka semua berjuang, dan mereka semua emosional."

Klinsmann menyebut bahwa Korea Selatan belajar dari hasil imbang 2-2 mereka melawan Jordan pada hari Sabtu. Korea Selatan berhasil meraih satu poin berkat gol bunuh diri dari Jordan pada waktu tambahan babak kedua, meskipun pemain-pemain andalan mereka seperti Son Heung-min dari Tottenham Hotspur dan Lee Kang-in dari Paris Saint-Germain kesulitan dalam hal penyerangan.

Baca juga: Piala Asia 2024: Malaysia Tahan Korsel 3-3, Taeguk Warrior Terhindar dari Jepang di 16 Besar

"Kita tahu kita bisa bermain lebih baik. Masih banyak ruang untuk peningkatan bagi kita," ujar Klinsmann. "Ini hal yang bagus. Anda mencoba untuk masuk ke dalam ritme turnamen dan mencoba tumbuh dalam turnamen. Saya harap kita terus berkembang. Dan semoga, jika semuanya berjalan dengan baik, kita akan bermain lebih baik setiap pertandingan."

Penjaga gawang Jo Hyeon-woo, yang menjadi starter melawan Jordan setelah kiper utama Kim Seung-gyu mengalami cedera lutut yang mengakhiri turnamennya saat latihan minggu lalu, mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya telah melupakan hasil sebelumnya.

"Kami tidak terlalu memikirkan apa yang terjadi sebelumnya, dan kami telah mempersiapkan pertandingan berikutnya dengan sangat baik," kata Jo, yang diumumkan oleh Klinsmann sebagai starter pada hari Kamis. "Kami mengharapkan pertandingan sulit tapi kami akan pergi dengan percaya diri dan mencoba meraih tiga poin."

Bermain melawan tim-tim underdog yang lebih defensif memberikan tantangan bagi Korea Selatan dalam hal bagaimana bintang-bintang penyerang mereka dihadapi.

Klinsmann mengatakan bahwa wajar bagi superstar seperti Son untuk menarik perhatian ekstra dari pemain bertahan lawan setiap kali ia menyentuh bola. Namun sang pelatih percaya kepada kaptennya untuk membawa timnya meraih kemenangan.

"Saya pikir Sonny tahu bagaimana menghadapi hal tersebut," ujar Klinsmann. "Dia harus mencari ruang bagi dirinya sendiri dan dia melakukannya. Jadi kita semua berharap bahwa dia bisa memberikan kontribusi dalam turnamen ini."

Selain Kim, Klinsmann juga memiliki kekhawatiran cedera lainnya. Bek kiri Lee Ki-je, yang menjadi starter dalam dua pertandingan pertama, mengalami cedera hamstring. Satu-satunya bek kiri alami lainnya di tim, Kim Jin-su, belum bermain dalam turnamen ini karena cedera sendiri. Kim Tae-hwan, bek kanan yang masuk sebagai pemain pengganti dalam dua pertandingan terakhir, mengalami sedikit ketidaknyamanan pada otot betis kanannya.

Baca juga: Potensi Harga Emas di Akhir Tahun 2024 Bisa Mencapai Rp1,3 Juta

Klinsmann memiliki beberapa bek tengah di timnya namun sangat sedikit bek kiri atau bek kanan. Ia mengisyaratkan bahwa ia akan menggunakan susunan pertahanan yang berbeda pada hari Kamis.

"Kita memiliki beberapa opsi. Anda akan melihatnya besok," ujarnya sambil tersenyum.

Jo mengatakan bahwa tidak masalah siapa yang akan menjadi starter di lini belakang karena setiap pemain belakang mampu bermain dengan baik.

"Kita memang memiliki beberapa cedera, tapi tidak peduli siapa yang masuk, saya pikir mereka akan bermain dengan baik," ujar Jo. "Kami telah sering bertemu dan membicarakan pertandingan besok dengan cukup serius. Saya pikir kita akan bisa bermain lebih baik besok daripada sebelumnya."