Helo Timor Leste

Bunda Ini Ada Tips dari Psikolog UI Agar Anak Suka Bersekolah

Ugu - Teknologi
Minggu, 7 Jul 2024 13:53
    Bagikan  
Giat sekolah
Istimewa

Giat sekolah - Senang bersekolah , ilustrasi

Helotimorleste- Memasuki tahun ajaran baru, orang tua tentu ingin anak-anak mereka siap dan bersemangat untuk belajar dan bersekolah. Psikolog klinis anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo S.Psi M.Psi dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia membagikan beberapa kiat untuk membantu orang tua dalam mempersiapkan mental anak:

Membangun Sikap Positif Terhadap Sekolah

Tanamkan hal positif tentang sekolah: Tekankan kepada anak tentang manfaat sekolah, seperti bermain bersama teman-teman, belajar hal baru, dan mengembangkan diri. Hindari memberikan tuntutan berlebihan yang dapat menimbulkan kecemasan pada anak.

Kunjungi sekolah: Ajak anak untuk mengunjungi sekolahnya, terutama jika ia baru memasuki jenjang yang lebih tinggi. Biarkan anak bermain di lingkungan sekolah sebelum hari pertama masuk untuk membantunya merasa lebih terbiasa.

Baca juga: Amerika Sudah Terapkan Makan di Sekolah Gratis, Indonesia Masih Pro Kontra

Mengembangkan Potensi Anak

Dukung bakat dan minat anak: Jangan hanya fokus pada bidang akademis, tetapi bantu anak mengembangkan bakat dan minatnya di bidang non-akademis seperti olahraga, seni, atau musik.

Dari laman Antara disebutkan untuk memberikan stimulasi yang tepat: Berikan anak kesempatan untuk belajar dan bereksplorasi dengan berbagai cara, seperti membaca buku, bermain edukatif, atau mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Mempermudah Adaptasi di Sekolah

Atur waktu dengan baik: Pada hari pertama sekolah, usahakan untuk datang lebih awal agar anak memiliki cukup waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Bantu anak berteman: Berkenalanlah dengan orang tua murid lain untuk membantu anak menjalin pertemanan dengan teman sekelasnya.

Baca juga: Sekolah Menengah Internasional K-pop Pertama Dibuka di Singapura

Komunikasi dengan guru: Jalin komunikasi yang baik dengan guru untuk menyampaikan informasi tentang kemampuan dan kebutuhan anak dalam beradaptasi.

Dukung peran guru: Guru berperan penting dalam membantu anak beradaptasi di sekolah. Berikan dukungan dan kepercayaan kepada guru untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi anak.

Menyiapkan Kebiasaan Belajar yang Baik

Kembalikan rutinitas: Satu minggu sebelum masuk sekolah, kembalikan rutinitas anak seperti jam tidur, bangun tidur, dan belajar sesuai dengan jadwal sekolah.

Siapkan perlengkapan sekolah: Bantu anak menyiapkan perlengkapan sekolah yang dibutuhkan satu minggu sebelumnya untuk menghindari kesibukan di hari-hari terakhir.

Bina disiplin: Ajarkan anak disiplin dengan membuat jadwal rutin yang mengatur aktivitasnya sehari-hari. Buatlah jadwal bersama dengan anak dan sepakati bersama.

Dengan menerapkan kiat-kiat di atas, orang tua dapat membantu anak-anak mereka untuk merasa lebih siap, bersemangat, dan percaya diri dalam menghadapi tahun ajaran baru. Ingatlah bahwa setiap anak memiliki keunikan dan kecepatan belajarnya masing-masing. Berikan dukungan dan kasih sayang kepada anak, dan ciptakan suasana belajar yang positif dan menyenangkan di rumah.

Tips Tambahan:

Libatkan anak dalam persiapan sekolah: Biarkan anak memilih tas, buku, dan alat tulis yang disukainya. Hal ini dapat membantu meningkatkan rasa antusiasme anak terhadap sekolah.

Buatlah ekspektasi yang realistis: Jangan memberikan target yang terlalu tinggi kepada anak. Berikan pujian dan penghargaan atas usaha dan pencapaian anak, meskipun kecil.

Luangkan waktu berkualitas bersama anak: Bermainlah bersama anak, bacakan buku cerita, atau lakukan aktivitas lain yang disukai anak. Hal ini dapat membantu membangun rasa bonding dan kepercayaan antara orang tua dan anak.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari orang tua, anak-anak akan lebih siap untuk meraih kesuksesan dalam belajar dan bersekolah.**