Helo Timor Leste

Smartphone Kini Bisa Bertahan 7 Tahun, Beginilah Cara Membuatnya Tetap Berfungsi

Satwika Rumeksa - Teknologi -> Telekomunikasi
Jumat, 17 May 2024 20:15
    Bagikan  
Tahan Lama
pixabay.com

Tahan Lama - Produsen dipaksa untuk membuat smartphone tahan sampai tujuh tahun

HELOTIMORLESTE.COM - Setiap ponsel pintar mempunyai tanggal kadaluarsa. Hari itu tiba ketika pembaruan perangkat lunak berhenti datang dan Anda mulai kehilangan aplikasi baru dan perlindungan keamanan. Pada sebagian besar ponsel, hal ini biasanya terjadi hanya dalam waktu tiga tahun.

Namun segalanya akhirnya mulai berubah. Sekarang bisa sampai tujuh tahun`

Saya pertama kali menyadari perubahan ini ketika saya meninjau ponsel pintar Google Pixel 8 seharga $700 pada bulan Oktober. Google memberi tahu saya bahwa mereka telah berkomitmen untuk menyediakan pembaruan perangkat lunak untuk ponsel tersebut selama tujuh tahun, naik dari tiga tahun untuk Pixel sebelumnya, karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan.

Saya skeptis bahwa ini akan menjadi tren. Namun tahun ini, Samsung, pembuat ponsel Android paling menguntungkan, menetapkan jadwal perangkat lunak serupa untuk Galaxy S24 seharga $800. Kemudian Google mengatakan akan melakukan hal yang sama untuk Pixel 8A seharga $500, versi anggaran dari Pixel 8, yang tiba di toko minggu ini.

Baca juga: Inilah 4 Smartphone 5 G Pilihan yang Harganya Cuma Satu Jutaan

Kedua perusahaan mengatakan mereka telah memperluas dukungan perangkat lunak mereka untuk membuat ponsel mereka bertahan lebih lama. Ini adalah perubahan dari cara perusahaan biasa membicarakan telepon.

Belum lama ini, raksasa teknologi meluncurkan perangkat baru yang mendorong orang untuk melakukan upgrade setiap dua tahun. Namun dalam beberapa tahun terakhir, penjualan ponsel pintar di seluruh dunia telah melambat karena peningkatan yang semakin terbatas. Saat ini, orang ingin ponselnya tahan lama.

Samsung dan Google, dua pembuat perangkat Android paling berpengaruh, sedang mengejar ketertinggalan dari Apple, yang secara tradisional menyediakan pembaruan perangkat lunak untuk iPhone selama kurang lebih tujuh tahun. Langkah-langkah ini akan membuat ponsel bertahan lebih lama dan memberi orang lebih banyak fleksibilitas untuk memutuskan kapan saatnya melakukan upgrade.

Google mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah memperluas komitmen perangkat lunaknya untuk Pixel 8A karena ingin pelanggan merasa percaya diri dengan ponsel Pixel. Dan Samsung mengatakan akan memberikan pembaruan perangkat lunak selama tujuh tahun, yang meningkatkan keamanan dan keandalan, untuk semua ponsel andalan Galaxy mulai sekarang.

Inilah yang perlu diketahui tentang mengapa hal ini terjadi dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat ponsel Anda bertahan lebih lama.

Baca juga: Apa yang Dimaksud RAM Extended di Smartphone, Simak Cara Kerja dan Gunanya

Mengapa ini terjadi?

Di masa lalu, pembuat ponsel Android mengatakan bahwa proses teknis dalam menyediakan pembaruan perangkat lunak itu rumit, sehingga agar tetap menguntungkan, mereka menghentikan dukungan setelah beberapa tahun. Namun perusahaan-perusahaan teknologi kini berada di bawah tekanan eksternal yang kuat untuk berinvestasi agar perangkat mereka dapat bertahan lebih lama.

Pada tahun 2021, Komisi Perdagangan Federal mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan penegakan hukum terhadap perusahaan teknologi yang mempersulit perbaikan dan pemeliharaan produk mereka. Hal ini mempercepat gerakan “hak untuk memperbaiki”, sebuah usulan undang-undang yang mengharuskan perusahaan menyediakan suku cadang, peralatan, dan perangkat lunak untuk memperpanjang umur produk mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, negara bagian termasuk California, New York, Minnesota dan Oregon telah memberlakukan undang-undang tersebut.

Google mengumumkan komitmen barunya untuk ponsel pintar setelah mendapat tekanan untuk melakukan langkah serupa pada laptopnya.

Pada bulan September, perusahaan tersebut setuju untuk memperluas dukungan perangkat lunak untuk Chromebook-nya menjadi 10 tahun, naik dari delapan tahun, sebagai respons terhadap kampanye akar rumput yang menyoroti bagaimana laptop Google yang berumur pendek menyebabkan krisis anggaran di sekolah.

Nathan Proctor, direktur PIRG AS, sebuah organisasi nirlaba yang sebagian besar didanai oleh donor kecil yang memimpin kampanye Chromebook, mengatakan standar baru dukungan tujuh tahun untuk ponsel cerdas akan berdampak besar.

Baca juga: Portugal Mengecualikan Reparasi Kolonial Tetapi Tidak Meminta Maaf

“Ini adalah kemenangan besar bagi lingkungan,” katanya. “Saya ingin melihatnya lebih banyak lagi.”

Apa lagi yang perlu saya lakukan?

Pembaruan perangkat lunak adalah salah satu bagian penting yang membuat ponsel berfungsi dengan baik, namun ada langkah lain untuk memperpanjang masa pakai ponsel cerdas, mirip dengan merawat mobil. Mereka termasuk:

Ganti baterai ponsel setiap dua tahun sekali

Baterai lithium-ion di ponsel memiliki masa pakai yang terbatas. Setelah sekitar dua tahun, jumlah daya yang dapat ditampungnya berkurang, dan sebaiknya baterai diganti.

Mengganti baterai ponsel cerdas bukanlah hal yang mudah, jadi sebaiknya dapatkan bantuan dari ahlinya. Untuk menemukan bengkel yang melayani ponsel Pixel dan Galaxy, Anda dapat menghubungi Google dan Samsung di situs web mereka. Anda juga dapat mencari toko terkemuka terdekat yang memiliki situs ulasan seperti Yelp atau Google Review. Biasanya biayanya sekitar $100 untuk mengganti baterai.

Untuk iPhone, pelanggan dapat menjadwalkan janji temu penggantian baterai di toko ritel Apple melalui situs web perusahaan. Namun menurut pengalaman saya, pusat perbaikan di Apple Store adalah sebuah pertaruhan.

Saya baru-baru ini membuat janji untuk mengganti baterai iPhone 14 saya di Apple Store di Emeryville, California. Saat saya sampai, pegawainya bilang baterainya habis, dan toko terdekat yang menjualnya berjarak 40 menit berkendara.

Baca juga: Istri PM Singapura Lawrence Wong Menurut Netizen Punya Aura Cantik Artis Korea

Hal ini sangat tidak efisien; situs Apple seharusnya tidak mengizinkan saya membuat janji temu di toko yang tidak memiliki baterai.

Apple mengatakan dalam pernyataannya bahwa ketika suku cadang yang diperlukan untuk perbaikan tidak tersedia, karyawan ritel akan mencari toko terdekat untuk menyelesaikan perbaikan atau memesan suku cadang pengganti dan melakukan perbaikan ketika suku cadang tersebut tiba.

Sebaliknya, saya membuat janji temu di bengkel setempat.

Lindungi itu

Sebagian besar ponsel cerdas masih terbuat dari kaca, jadi agar ponsel dapat bertahan selama tujuh tahun, sebaiknya Anda berinvestasi pada casing berkualitas tinggi. Pelindung layar adalah perlindungan ekstra, meskipun banyak yang tidak menyukai bagaimana pelindung layar merusak kualitas gambar layar.

Situs kembar The New York Times yang mengulas produk, Wirecutter, merekomendasikan casing dari merek seperti Smartish, Spigen, dan Mujjo, atau casing dari pembuat ponsel itu sendiri.

Kecuali Anda sangat rawan kecelakaan, saya sarankan untuk tidak membeli perpanjangan garansi karena biayanya bisa melebihi biaya perbaikan.

Bersihkan itu

Ponsel pintar hanya memiliki sedikit bagian yang bergerak, sehingga kita tidak perlu melakukan banyak hal untuk merawatnya secara fisik. Namun kebanyakan dari kita mengabaikan pembersihan bagian yang jarang kita perhatikan: port charger dan lubang speaker.

Seiring waktu, lubang-lubang tersebut tersumbat oleh kotoran, serat saku, dan riasan. Kotoran yang menumpuk dapat membuat pengisian daya ponsel memakan waktu lebih lama atau panggilan telepon lebih sulit didengar.

“Itu adalah serat dari pusar ponsel,” kata Kyle Wiens, CEO iFixit, sebuah situs yang menerbitkan instruksi dan menjual suku cadang untuk memperbaiki perangkat elektronik.

Untungnya, tambahnya, Anda tidak memerlukan alat yang mewah. Cukup gunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan kotorannya.

Haruskah ini mengubah cara saya membeli ponsel?

Saya selalu merekomendasikan untuk membeli produk berdasarkan apa yang dapat dilakukan produk tersebut untuk Anda saat ini, dibandingkan dengan apa yang dikatakan perusahaan akan memberikan manfaat di masa depan. Anda harus terus membeli telepon berdasarkan prinsip ini.

Banyak orang akan memilih untuk melakukan upgrade lebih cepat karena alasan lain, seperti mendapatkan fitur baru seperti kamera yang lebih baik atau baterai yang lebih tahan lama.

Namun bagi mereka yang hanya ingin membeli ponsel yang tahan lama sebaiknya memilih ponsel yang ekonomis untuk diperbaiki jika rusak. Wiens mengatakan ponsel Pixel Google, yang suku cadangnya terjangkau, memenuhi kriteria ini. Pemilik ponsel tersebut sekarang akan memiliki perangkat lunak yang tahan lama untuk mengimbangi perangkat kerasnya.**