Helo Timor Leste

Prospek Kopi Timor Leste Tahun Lalu Berhasail Ekspor Sebanyak ini, Ada Merk Kopi Timor Mountain di Australia

Dodo Hawe - Ekonomi
Rabu, 28 Jun 2023 14:54
    Bagikan  
KOPI TIMOR
facebook

KOPI TIMOR - Fasilitas pemrosesan kopi Outstpan Agro Timor di Tibar, Liquisa, Timor Leste

HELOTIMORLESTE.COM - Timor Leste merupakan negara yang memiliki komuditas kopi yang patut dibanggakan dan memiliki potensi yang bagus.

Selama delapan bulan yakni bulan Januari hingga bulan Agustus tahun 2022 Timor Leste berhasil mengekspor 92.000 ton produk kopi.

Dari jumlah itu 349 ton kopi di antaranya di ekspor ke pasar China, yang merupakan pasar terbesar di dunia.

Bahkan pemerintah China terkait produk kopi memberikan bantuan sekitar US $70.000, untuk mendukung industri dan petani kopi.

Baca juga: Selebriti Hollywood Ini Alergi Kopi, Simak Pendapatnya

Dari jumlah ekspor itu Deputi Ekspor Bea Cukai, Marcos de Oliveira, mengatakan merupakan jenis produk kopi jenis arabika dan robusta.

Produk ekspor Timor Leste itu antara lain dikirim ke, Australia, Afrika Selatan, Belgia, Kanada, China, Belanda, Indonesia, Jepang, Portugal dan Amerika Serikat.

Selain itu, Timor-Leste juga mengekspor produk lain seperti minyak kelapa sebanyak 18 ton, kemiri 6 ton, dan cendana 4 ton.

Produk lokal tersebut diekspor oleh perusahaan Acelda, Kooperasi Kopi Timor (CCT -portugis), Timor Global dan sejumlah eksportir lain.

Baca juga: Negara Dikawasan Inilah Konsumsi Kopi Terbesar di Dunia, Vietnam Produsen Kopi Terbesar di Asia

Seperti kita ketahui berdasarkan data dari Kementerian Pertanian Timor Leste menyebutkan, saat Timor-Leste memiliki 59.921 hektar perkebunan kopi, namun, hanya sekitar 2.000 hektar yang produktif.

Untuk itu Pemerintah Timor Leste terus mendorong untuk mengembangkan lahan yang tidak produktif dengan melakukan investasi senilai $6,7 juta untuk revitalisasi dan ekspansi sekitar 10 ribu hektar lahan kopi.

Baca juga: Hybrido De Timor Andalan Kopi Bumi Lorosae, yang Kini Menjadi Identitas Timor Leste

Timor Mountain
FarmPro Specialty Cofffe, Peter Dougan beberapa waktu lalu menemui Presiden Republik, José Ramos Horta, terkait investasi kopi Timor Leste.

Dalam pembicaraan itu FarmPro akan berinvestasi senilai $2 juta yang akan dilakukan perusahaannya untuk meningkatkan kapasitas ekspor kopi dari Timor Leste.

FarmPro saat ini memiliki lahan di Kotamadya Emera dan sudah 10 tahun melakukan aktivitas eksport kopi ke Australia.

Pada tahun 2022 lalu, perusahaan ini telah meksport kopi TL sebanyak 4 kontainer dengan target di masa depan mencapai 20 kontainer.

Perusahaan ini langsung memasarkan kopi dari Timor Leste ke konsumennya dengan merk Timor Mountain. **