Helo Timor Leste

Cerita Dibalik Starbucks® Single Origin East Timor Tatamailau Menjadi Produk Kopi Andalan Terbatas Starbucks Sampai Sekarang

Dodo Hawe - Ragam
Minggu, 16 Jul 2023 13:27
    Bagikan  
KOPI TIMOR
visiteasttimor.com

KOPI TIMOR - Proses pengeloaan kopi Timor Leste yang memberikan penghidupan warganya

HELOTIMORLESTE.COM - Perburuan produk kopi oleh perusahaan Starbucks Corporation terus menjelajah ke seluruh negara penghasil kopi di dunia, termasuk Kepualuan Melayu, termasuk Indonesia hingga sampai di Timor Leste.

Perusahaan kopi dan yang memiliki jaringan kedai kopi global asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Seattle, Washington ini, terus meningkatkan kreativitas produknya, dengan mendapati sebuah produk kopi berkualitas tinggi asal Timor Leste.

Pegunungan di Timor Leste hanya menghasilkan sedikit kopi yang ditanam secara liar dan diproses sepenuhnya dengan tangan; kurangnya infrastruktur diperburuk oleh konflik selama beberapa dekade.

Pada tahun 1996, Starbucks membantu menempatkan Timor Lorosae di peta kopi ketika pembeli kopi Dave Olsen melakukan pembelian pertama perusahaan dari Cooperativa Café Timor, yang telah bekerja sama dengan petani kecil negara itu untuk meningkatkan kualitas dan hasil panen mereka.

Baca juga: Prospek Kopi Timor Leste Tahun Lalu Berhasail Ekspor Sebanyak ini, Ada Merk Kopi Timor Mountain di Australia

"Ketika saya pertama kali pergi ke sana, mereka memiliki sekitar setengah kontainer kopi - katakanlah 120 kantong kopi hijau - yang tidak ada apa-apanya, apalagi sekarang," ujar Olsen, yang pensiun dari perusahaan pada tahun 2013 itu.

"Tapi hanya itu yang mereka bisa. mengumpulkan. Jadi, saya membelinya sebagai bukti bahwa ini bisa menjadi lebih baik."

Starbucks terus membeli kopi dari Timor Leste setiap panen karena kualitasnya memang terus meningkat, dan itu menjadi komponen penting dari beberapa racikan Starbucks yang paling populer.

Pada tahun 2002 wilayah tersebut memperoleh kemerdekaan dan secara resmi menjadi Republik Demokratik Timor-Leste, mengantarkan era stabilitas dan pertumbuhan bagi negara baru dan industri kopi spesialnya yang sedang berkembang.

Baca juga: Selebriti Hollywood Ini Alergi Kopi, Simak Pendapatnya

Sekarang pelanggan dapat menikmati kopi dari wilayah tunggal ini dengan kopi whole-bean Starbucks® Single Origin East Timor Tatamailau, tersedia untuk waktu terbatas di gerai-gerai Starbucks di Amerika Serikat dan Kanada.

Kopi ini mengambil namanya dari puncak tertinggi Gunung Ramelau di Timor Leste, yang dikenal sebagai Tatamailau, kakek dari semua dalam bahasa setempat (Tetun), gunung ini memiliki makna budaya yang dalam - siluetnya berbentuk buaya yang menurut legenda melahirkan pulau tersebut.

"Kopi ini memiliki rasa cokelat hitam yang enak dan aroma kapulaga liar," kata Mackenzie Karr dari tim Starbucks Coffee.

Ini seimbang dan mudah didekati, cangkir yang sangat mudah diminum yang muncul dengan baik dalam berbagai metode pembuatan bir baik panas maupun dingin.

Baca juga: Kotoran Burung Ini Menghasilkan Salah Satu Varietas Kopi Termahal di Dunia, Seperti Kopi Luwak

Penawaran ini melanjutkan seri Starbucks Single Origin, yang diluncurkan pada bulan Maret 2017, yang mengajak pelanggan menemukan kopi whole-bean untuk dicoba di rumah dari asal-usul di seluruh dunia.

"Ini adalah kesempatan untuk memamerkan kopi langka dan unik yang tidak dapat kami lakukan jika tidak," kata Karr.

Olsen mengenang kembali dua dekade sejak dia mencicipi secangkir kopi Timor Leste yang pertama kalinya.

"Dari awal yang sedikit ini, membeli sebagian wadah kopi yang sebenarnya tidak bisa kami gunakan, hingga kemudian kopi Timor menjadi kopi yang penting untuk diblender," katanya.

Sekarang kualitasnya telah meningkat ke tingkat yang sesuai dengan tenda dalam cahaya terang, dan namanya ada di paket dan ceritanya diceritakan.

Tentang sumber kopi Starbucks. Starbucks mendapatkan kopi Arabika kualitas tertinggi dari lebih dari 30 negara di seluruh dunia, bekerja sama dengan berbagai petani, koperasi, dan pemasok kopi lainnya.

Baca juga: Keunikan Festival Kopi di Lembah Colol Manggarai NTT, Menghadirkan Penerawang Profesional Hingga Pawang Hujan

Dengan bekerja sama dengan grup yang beragam ini, Starbucks tidak hanya dapat menawarkan berbagai kopi inti, langka, dan musiman kepada pelanggan, tetapi juga mendukung pertumbuhan dan stabilitas keseluruhan komunitas kopi spesial secara kolektif.

Sudahkah Anda mencoba Kopi Gunung Ramelau Di Starbucks? Kopi Timor Leste adalah salah satu pengalaman kopi terbaik di dunia.

Kopi Timor Leste memiliki medium to full body dengan cita rasa yang luas dan keasaman yang semarak namun bernada rendah.

Inkonsistensi sesekali dalam pemanenan dan pemrosesan dapat menghasilkan kopi cacat yang mengakibatkan kualitas apek dan atau keras.

Kopi Timor Leste pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Portugis yang membudidayakannya menjadi salah satu kopi yang paling dicari pada masa itu.

Selama pendudukan Indonesia, produksi kopi Timor menurun tajam dengan banyak perkebunan yang ditinggalkan oleh kolonial.

Setelah kemerdekaan, kopi menjadi dan masih tetap menjadi produk ekspor pertanian Timor Leste yang paling signifikan terhitung sekitar 80 persen dari seluruh ekspor.

Baca juga: Hybrido De Timor Andalan Kopi Bumi Lorosae, yang Kini Menjadi Identitas Timor Leste

Namun, jika dilihat dari sudut pandang, jumlah ekspor 2.500 ton kacang hijau adalah jumlah yang kecil dibandingkan dengan 65.000 ton kacang hijau yang diimpor ke Australia.

Varietas Tanaman Kopi Timor Leste – Hybrido de Timor - Hibrida interspesifik Robusta (Coffea canephora var. robusta) dan Coffea arabica, varietas tanaman kopi Hybrido de Timor pertama kali ditemukan pada tahun 1940-an di Pulau Timor.

Tanaman kopi Timor Leste mulai dibudidayakan karena ketahanannya yang kuat terhadap karat daun kopi, penyakit yang menyerang sebagian besar spesies tanaman kopi.

Varietas tanaman kopi Hybrido de Timor juga telah disilangkan dengan varietas Caturra (Coffea Arabic var. caturra) untuk menghasilkan varietas Catimor (Coffea Arabica var. catimor) yang juga tahan penyakit karat daun kopi.

Baca juga: Dari Budaya Minum Kopi Hingga Perkembangan Bisnis Kopi Dalam Tiga Gelombang di Dunia

Ekspor kopi Timor Leste terbatas dan umumnya sulit menemukan distributor grosir yang membawa biji kopi hijau.

Kopi yang ditanam di Timor dianggap sebagai biji kopi klasik meskipun industri kopi negara mengalami penurunan karena gejolak politik dan penyebab lainnya.

Baru-baru ini industri kopi Timor mendapat bantuan dari badan-badan internasional, meskipun masalah politik tetap menjadi perhatian serius.

Varietas Timor memiliki 44 kromosom dan menyerupai tanaman kopi Arabika. Kopi Timor Leste juga disebut Kopi Tim Tim, Kopi Bor Bor, Kopi Hybrido de Timor. **