Helo Timor Leste

Persediaan Beras Timor Leste di Jamin Aman, Setelah India Setujui Permintaan Khusus Timor Leste untuk Impor Beras

Dodo Hawe - Ekonomi
Rabu, 4 Oct 2023 17:17
    Bagikan  
Beras
KhmerTimes

Beras - Kamboja mengekspor 176.581 ton beras giling pada kuartal pertama 2023, meningkat 3,5 persen dari tahun ke tahun

HELOTIMORLESTE.COM - Kabar baik soal import beras dari India untuk memenuhi kebutuhan pangan di Timor Leste, meskipun saat ini India sedang membatasi ekspor komersial beras ke luar negeri.

Selama ini India membatasi ekspor beras komersial, karena situasi pangan akibat gangguan global sehingga India konsentrasi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Menteri Luar Negeri (Menlu) India, Rajkumar Ranjan Singh mengungkapkan akan mempertimbangkan untuk permintaan rakyat Timor Leste.

Baca juga: Penyebab Harga Beras Mahal dan Ini yang Diperintahkan Jokowi

Rukumar menegaskan untuk menetapkan komitmen India dalam mengekspor beras ke Timor-Leste secara rutin, namun harus sesuai perjanjian G2G (Pemerintah dan Pemerintah).

"Kami dapat memenuhi kebutuhan dari seluruh India, meskipun produksi yang lebih sedikit pada tahun lalu, kami membatasi ekspor komersial beras tetapi India mempertimbangkan permintaan rakyat Timor-Leste," jelas Rajkumar.

Menurut Rajkumar pihaknya menyambut baik jika pemerintah Timor-Leste melakukan pendekatan dengan pemerintahnya.

Baca juga: Harga Beras di Timor Leste Saat ini Mencapai 20 Ribu Perkilogram di Indonesia 12,5 Ribu Sudah Ribut

"Kami akan senang jika Pemerintah Timor Leste melakukan pendekatan dengan pemerintahan kami," jelas Rajkumar Rajan Signh usai bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Industri, Filipe Nino Pereira di kantor MNEK, Senin (2/10/2023).

Untuk itu Rajkumar berharap agar pemerintah Timor Leste melalui Kementerian Perdagangan dan Industri bisa berinisiatif untuk memulai kesepakatan G2G agar Pemerintah India mampu mempertimbangkan komitmennya dalam menyediakan ekspor beras ke Bumi Lorosae.

Dalam pertemuan tersebut kedua menteri juga mendiskusikan kebijakan industri, dan bagaimana mengembangkan industri di Timor-Leste.

Baca juga: Merespon Harga Naik Tinggi, Presiden: Mulai September Dieglontorkan Bantuan Beras 210.000 Ton

Sementara, Menteri Perdagangan dan Industri, Filipe Nino Pereira mengatakan Timor-Leste selalu mengimpor beras dari India untuk memenuhi kebutuhan nasional.

"Kami menemukan kesepakatan bersama menemukan solusi untuk memecahkan masalah beras di Timor-Leste melalui perjanjian bilateral antara kedua pemerintah," jelasnya seperti dilansir kantor berita Tatoli.

Ia menambahkan bahwa Timor-Leste harus mempertahankan kerja sama antara kedua negara di bidang industri perdagangan dan sektor lainnya.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Peramal Berasparagus Ramalkan Inggris Juara Lewat Adu Penalti

Seperti diketahui, pada 20 juni 2023, pemerintah India memutuskan untuk tidak mengekspor beras ke negara lain.

Namun, melalui kesepakatan antara pemerintah India dapat mengekspor beras dan produk lainnya ke Timor Leste.

Saat ini Timor-Leste juga telah menandatangani perjanjian G2G dengan Vietnam, Kamboja dan Thailand, tetapi untuk India sedang dalam proses.

Baca juga: Setelah Impor Beras Dari India Batal, Langkah ini yang Dilakukan Timor Leste untuk Mengatasi Masalah Pangan Dalam Negeri

Menurut data dari Kementerian Perdagangan dan Industri India, jumlah beras yang diekspor dari India ke Timor-Leste pada tahun keuangan 2019-2020 adalah 14.500 metrik ton atau sekitar 15.983 ton.

Ini berdasarkan data yang disediakan oleh Otoritas Pengembangan Ekspor Produk Pertanian dan Makanan Olahan (APEDA) India.

Nilai dari ekspor ini adalah Rs 36,7 crore (sekitar USD 5,2 juta), mayoritas dari ekspor ini adalah beras berbiji panjang, yang menyumbang sekitar 80% dari total ekspor.

Baca juga: Pasar Beras Timor Leste Didominasi Beras Vietnam dan India, Petani Hanya Mampu Produksi 86 Ribu Ton

Sisanya, 20% terdiri dari jenis beras lainnya, seperti beras berbiji sedang dan beras berbiji pendek.

Perlu dicatat bahwa volume ekspor beras dari India ke Timor-Leste telah meningkat secara stabil selama beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Acara Pertunangan Berasa Pernikahan Lucinta Luna- Artem Boltian di Hotel Pullman Kuta Beach

Pada tahun keuangan 2017-2018, jumlah ekspor beras sekitar 10.000 metrik ton atau sekitar 11.023 ton.

Sedangkan, pada tahun keuangan 2018-2019, sekitar 12.000 metrik ton atau sekitar 13.227 ton.

Hal ini menunjukkan pertumbuhan sekitar 20% dalam volume ekspor beras dari India ke Timor Leste selama dua tahun terakhir. **