Helo Timor Leste

Potensi Ekonomi Sektor Pertanian di Sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN)

Ugu - Ekonomi
Senin, 8 Jul 2024 17:57
    Bagikan  
Jokowi
Setkab

Jokowi - Potensi Pertanian IKN akan meningkat

Helotimorleste- Seiring dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan, sektor pertanian di daerah sekitarnya diperkirakan akan mengalami peningkatan signifikan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sulawesi Selatan, Presiden Joko Widodo menyoroti potensi masa depan IKN sebagai peluang bagi petani lokal dan produsen pertanian.

Baca juga: Guru Besar Unissula Sebut IKN Rawan Konflik Tanah, Ruwet

Presiden menyatakan bahwa permintaan dari pasar baru yang disebut IKN akan membuka peluang bagi surplus produksi beras di daerah tersebut. Jika ada kelebihan produksi bawang, yang saat ini dijual dengan harga menguntungkan, bawang tersebut dapat dengan mudah dipindahkan untuk memenuhi kebutuhan IKN.

Baca juga: Utang 800 T, Program IKN dan Makan Siang Gratis Tidak Ada Kendala Pendanaan

“Nanti kan ada demand, ada permintaan dari pasar baru yang namanya IKN tentu saja kalau ada kelebihan produksi beras di sini bisa dikirim ke IKN,” ujar Presiden usai meninjau program pompanisasi di Desa Layoa, Kabupaten Bantaeng, pada Jumat, 5 Juli 2024.

Selain itu, IKN juga diharapkan meningkatkan permintaan untuk produk pertanian seperti sayuran dan bawang, yang dapat dipasok dari surplus produksi lokal. Presiden menekankan peran strategis IKN dalam mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengunjungi Kabupaten Bulukumba dan mengapresiasi produktivitas pertanian di Sulawesi Selatan. Harga beberapa komoditas di pasar setempat lebih murah dibandingkan di Pulau Jawa, karena ada produksi sendiri di daerah tersebut.***