Helo Timor Leste

QRIS Segera Hadir di Korea Selatan, Pembayaran Lebih Mudah

Ugu - Ekonomi
Selasa, 16 Jul 2024 07:13
    Bagikan  
QRIS
Antara

QRIS - QRIS bisa digunakan di Korea

Helotimorleste- Berita gembira bagi para wisatawan atau Pekerja Migran Indonesia di Korea Selatan! Seiring dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara Bank Indonesia (BI) dan Bank of Korea (BoK) pada 15 Juli 2024, layanan QR Code Indonesian Standard (QRIS) akan segera dapat digunakan di Korea Selatan.

Kerja Sama Menuju Pembayaran Lintas Negara yang Lebih Lancar

MoU (Memorandum of Understanding) ini menandakan dimulainya kolaborasi antara BI dan BoK untuk mewujudkan sistem pembayaran lintas negara yang lebih efisien, cepat, inklusif, dan transparan. Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung konektivitas ekonomi dan keuangan digital antara kedua negara, terutama dengan tingginya angka wisatawan yang saling berkunjung.

Baca juga: Pelukan Hangat Orang Tua: Kunci Kebahagiaan dan Kehangatan Hati Anak

"Kerja sama pembayaran berbasis QR code antara BI dan BoK akan memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Korea Selatan," kata Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia (BI) melalui keterangan tertulis, Senin (15/7/2024).

QRIS dan QR Code Korea Selatan: Sinergi untuk Transaksi Mudah

MoU ini berfokus pada akselerasi interkoneksi dan interoperabilitas pembayaran lintas negara menggunakan QR code. QRIS dan QR code pembayaran Korea Selatan yang akan ditentukan oleh BoK akan terhubung dalam kerangka kerja sama ini.

Baca juga: Saksi Mata Penembakan Donal Trump, Polisi Terlambat, Penembak Tewas dan Penonton

Langkah Menuju Implementasi Penuh

Setelah penandatanganan MoU, langkah selanjutnya adalah pengembangan interkoneksi dan tahap uji coba sebelum implementasi penuh. Upaya ini melibatkan sinergi erat antara operator sistem pembayaran dan penyedia jasa pembayaran di kedua negara.

Manfaat Lebih Luas dari Konektivitas Pembayaran

Selain mendukung transaksi wisatawan, konektivitas pembayaran ini diharapkan dapat meningkatkan stabilitas makroekonomi dan efisiensi melalui sinergi skema mata uang lokal dalam transaksi bilateral.

Baca juga: Pedang Durandal Dicuri dari Desa Prancis Setelah 1300 Tahun Menancap di Batu

QRIS di Korea Selatan: Dukungan untuk Ekonomi dan Keuangan Digital

Implementasi QRIS di Korea Selatan merupakan langkah penting dalam mewujudkan G20 Roadmap for Enhancing Cross-border Payments. Hal ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan digital di kedua negara.

Kesepakatan antara BI dan BoK merupakan kabar positif bagi hubungan ekonomi dan keuangan digital Indonesia dan Korea Selatan. Kehadiran QRIS di Korea Selatan akan memudahkan transaksi bagi para wisatawan dan membuka peluang baru bagi pelaku usaha di kedua negara.***