Helo Timor Leste

Kucing Bakal Punya Wakil di Dewan karena Pencintanya Ikut Nyaleg

Satwika Rumeksa - Internasional
Senin, 12 Feb 2024 08:57
    Bagikan  
Pecinta Kucing
Reuters/Ajeng Dinar

Pecinta Kucing - Francine Widjojo ingin perjuangkan hak-hak hewan

HELOTIMORLESTE.COM - Kucing dan hewan-hewan lainnya akan diperjuangkan Hak-haknya oleh pecinta anabul. Calon legislatif ini berharap Jakarta akan jadi kota yang ramah bagi hewan.

Francine Widjojo memulai kampanyenya untuk mendapatkan kursi DPRD DKI Jakarta dengan membawa kucing dan makanan kucing. Ia bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan kekejaman terhadap hewan.

Pada sejumlah poster yang tersebar di Jakarta, Francine terlihat menggendong Yakult, seekor kucing putih yang ia selamatkan saat masih kecil. Yakul adalah salah satu dari 27 kucing yang tinggal di rumahnya.

Wanita berusia 44 tahun itu berjalan keliling kota sambil memegang sebotol makanan kucing dengan stiker Yakult, dan mengajak orang-orang untuk bergabung dengannya memberi makan kucing liar di Jakarta.

Baca juga: Feses Keras Walau Konsumsi Serat, Ternyata Masih Ada 5 Jurus Lainnya Hingga Probiotik

“Salah satu isu yang akan saya perjuangkan adalah agar Jakarta menjadi kota yang ramah hewan peliharaan,” katanya kepada Reuters pada bulan lalu saat menghadiri acara vaksinasi Yakult.

Ia menambahkan bahwa jika terpilih sebagai anggota DPRD Jakarta, ia ingin meningkatkan sterilisasi dan vaksinasi untuk hewan peliharaan di kota.

Beberapa kelompok masyarakat di Indonesia diketahui mengonsumsi daging kucing dan anjing. Pemerintah menghadapi tekanan dari kelompok pembela hak hewan untuk mengakhiri praktik tersebut.

Kementerian Pertanian mengklasifikasikan daging anjing sebagai daging yang tidak boleh dikonsumsi manusia pada 2018. Namun hal ini berdampak banyak terhadap perdagangan hewan peliharaan itu.

Sebabnya, karena tidak ada denda yang berlaku bagi mereka yang menjual daging tersebut, kata para aktivis.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengatakan mereka berhasil mencegat lebih dari 200 anjing yang diangkut ke sana untuk dikonsumsi pada bulan lalu.

Para aktivis turun ke jalan di Jakarta bulan ini untuk menyerukan larangan nasional terhadap perdagangan daging anjing dan kucing, menurut kelompok kesejahteraan hewan The Humane Society International.

Baca juga: (G)I-DLE Raih Posisi Puncak Acha Ranking, Buktikan Kekuatan Super Lady

Francine, yang mencalonkan diri dari anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI), berencana untuk melawan korupsi dan intoleransi ras dan agama.

Namun dia mengatakan kekejaman terhadap hewan jarang ditangani di Tanah Air, dan dia berjanji untuk “melawan hal ini bersama-sama.”

Sebagai catatan saja, hak manusia jarang diperhatikan, syukurlah hewan kini diperhatikan. Mahkluk hidup memang seharusnya mendapat perhatian karena sama-sama ciptaan YME. Namun sayangnya hewan tak punya hak pilih.**