Helo Timor Leste

Momen Keakraban Prabowo Rangkul Ramos Horta, Pertimbangkan Akan Datang ke Timor Leste

Dodo Hawe - Internasional
Minggu, 2 Jun 2024 10:01
    Bagikan  
AKRAB
jose ramos horta/facebook

AKRAB - Kedua tokoh Indonesia dan Timor Leste, Prabowo Subianto dan Ramos Horta yang dulu berkonflik kini menjadi saudara. Mereka bertemu di acara The International Institute for Strategic (IISS) Shangri-La Dialogue 2024, Singapura, Jumat (31/5/2024) malam.

HELOTIMORLESTE.COM - Ada yang menarik adalam acara The International Institute for Strategic (IISS) Shangri-La Dialogue 2024 yang digelar di Singapura, Jumat (31/5/2024) antara Menhan Indonesia Prabowo Subianto dan Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta.

Pertemua dua tokoh yang sebelumnya berseteru saat Timor Leste menjadi bagian Indonesia bernama Timor Timur dimana Ramos Horta menjadi pejuang kemerdekaan Timor Timur.

Sementara Prabowo salah satu komandan pasukan elite Kopassus yang diterjunkan untuk menumpas para gerilyawan pro kemerdekaan termasuk Jose Ramos Horta, Xanana Gusmao dan para tokoh lainnya.

Baca juga: Kepada Ramos Horta, Prabowo Subianto Berkata Seperti Ini, Berangkulan dengan Akrab

Kini Timor Timur telah merdeka dan menjadi negara bernama Timor Leste yang kini menjadi negara yang bersahabat antara Timor Leste dan Indonesia.

Keadaan sudah berbalik, kedua tokoh yang sebelumnya bersertu itu masing-masing telah menjadi peran sebagai tokoh negara, Ramos Horta kini menjadi Presiden Timor Leste dan Prabowo Subiyanto menjadi Presiden terpilih dalam Pemilu 2024 lalu.

Menguktip keterangan tertulis Prabowo dan Ramos Horta saling berpelukan serta berbincang sambil berjalan menuju meja jamuan makan malam pada malam itu.

Bahkan dalam kesempatan itu Prabowo terlihat sangat akrap dan tertawa bersama, Prabowo terlihat merangkul dan menepuk-nepuk pundak Ramos Horta yang terlihat tidak ada batas kedua tokoh itu.

Baca juga: Begini Alasan Jose Ramos Horta Bersedia Menjadi Pelindung Partai KHUNTO

Dalam sesi tanyajawab Prabowo mengatakan jika Indonesia dulunya meiliki konflik dengan Timor Leste saat bernama Timur Timur, namun kini kedua negara sudah menjadi sahabat baik.

Prabowo mengatakan Anda bayangkan sekarang saya duduk bersama Ramos Horta, dia mengundang saya untuk ke Timor Leste dan saya pertimbangkan untuk ke sana.

Indonesia dan Timor Leste menurut Prabowo memiliki sejarah yang panjang bersama Malaysia dan SIngapura, meski pernah terjadi konflik, namun upaya menurunkan ketegangan terus dilakukan.

Baca juga: Paus Fransiskus Bertemu dengan Presiden Ramos Horta

Indonesia menurut Prabowo berusaha menyelesaikan perbedaan-perbedaan tanpa campur tangan kekuatan ekternal manapun.

"Kita menyelesaikan perbeda-perbedaan itu, dan mengakhiri pertikaian dengan Malaysia dan Singapura," kata Prabowo.

Sekarang Indonesia dan negara-negara ini seperti saudara, saat ini Indonesia berbicara tentang membuat, mungkin sebuah jembatan antara Singapura-Batam, Jembatan Malaysia dan Indonesia.