Helo Timor Leste

Kepada Ramos Horta, Prabowo Subianto Berkata Seperti Ini, Berangkulan dengan Akrab

Sabtu, 1 Jun 2024 18:56
    Bagikan  
Prabowo Subianto
Istimewa

Prabowo Subianto - Prabowo Subianto merangkul JM Ramos Horta

Helotimorleste- Terekam momen menarik, selama The International Institute for Strategic (IISS) Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura. Saat itu, Menteri Pertahanan RI yang juga presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta.

Prabowo dan Horta terlihat akrab saling berpelukan dan berbincang bersama saat berjalan menuju meja jamuan makan malam pada Jumat (31/5). Prabowo, yang mengenakan jas hitam, terlihat tertawa dan merangkul serta menepuk pundak Horta. Suasana diskusi kedua tokoh itu terasa hangat.

Baca juga: Dampak Kemenangan Prabowo Terhadap Rekonsiliasi Indonesia dengan Timor-Leste

Dalam sesi tanya jawab, Prabowo mengungkapkan bagaimana Indonesia yang dulunya memiliki konflik dengan Timor Leste, kini justru menjadi sahabat baik.

"Bisa dibayangkan, sekarang saya duduk bersama Ramos Horta. Dia mengundang saya untuk ke Timor Leste dan saya pertimbangkan untuk hadir," ujarnya.

Baca juga: Presiden Ramos-Horta Menjadi Pembicara Kunci di Dialog Shangri-La ke 21

Baca juga: Kemerdekaan Timor Leste ke 22, Gunakan Mata Uang Dolar AS, Sejarah, Alasan, dan Dampak

Prabowo menyatakan bahwa Indonesia memiliki sejarah panjang dengan negara tetangga seperti Timor Leste, Malaysia, dan Singapura. Meskipun pernah terjadi konflik, upaya untuk menurunkan ketegangan terus dilakukan.

"Kami menyelesaikan perbedaan-perbedaan kami tanpa campur tangan kekuatan eksternal manapun. Kita menyelesaikan perbedaan-perbedaan kita, kita mengakhiri pertikaian dengan Malaysia dan Singapura," katanya.

"Sekarang kita seperti saudara. Sekarang kita berbicara tentang membuat, mungkin sebuah jembatan antara Singapura dan Batam, jembatan antara Malaysia dan Indonesia," pungkasnya.***