Helo Timor Leste

Paus Fransiskus Dijadwalkan Kunjungi Bumi Lorosae Bulan Agustus 2024, Warga Timor Leste Siap Menyambut

Dodo Hawe - Nasional
Sabtu, 10 Feb 2024 12:57
    Bagikan  
Paus Fransiscus
Andrew MedichiniAP

Paus Fransiscus - Paus Fransiscus melambaikan tangan pada umat

HELOINDONESIA.COM - Perdana Menteri (PM) Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmão menjamin situasi keamanan nasional berkaitan rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Bumi Lorosae, pada Agustus 2024 nanti.

Kepala Pemerintahan Konstitusi ke-9 ini menyampaikan kepada wartawan usai mengikuti rapat Dewan Tinggi Pertahanan dan Keamanan (KSDS) yang digelar di Istana Kepresidenan Nicolau Lobato di Dili, Kamis (08/02/2024) kemarin.

Xanana Gusmao mengatakan hari ini pemerintah membahas persiapan untuk menerima kedatangan Paus Fransiskus ke Timor Leste.

Baca juga: Seorang Ibu Mengonsumsi Produk Herbal untuk Atasi Menopause, Matanya Berubah Menjadi Kuning Bercahaya

"Kami sedang membahas persiapan untuk menerima kunjungan Paus Fransiskus, yang telah kami ketahui melalui komite dari Vatikan yang berbicara dengan komite pemerintah Timor-Leste," katanya.

Menurut Xanana, kedua komite tersebut telah melakukan koodinasi untuk berbagai tugas terkait kedatangan Paus Francis nanti.

"Diharapkan akan beliau tiba pada bulan Agustus 2024, kita masih memiliki waktu yang panjang untuk menyelesaikan semua persiapan yang diperlukan, mengingat kondisi fisik Paus yang sudah berusia lanjut," kata pemimpin kharismatik Timor Leste ini.

Baca juga: Paus Fransiscus dan Reaksinya yang Viral saat Terima Jersey Tim Meksiko

Xanana Gusmão menginformasikan beberapa kunjungan yang dilakukan Paus di kawasan ini selain ke Timor Leste juga ke Papua Nugini, kemudian Singapura dan terakhir ke Jakarta, Indonesia.

"Bahwa kunjungan pertama Paus Fransiskus akan ke Papua Nugini, disusul Timor-Leste, Singapura, dan Jakarta," ungkap Xanana.

Baca juga: Paus Fransiskus Bertemu dengan Presiden Ramos Horta

Oleh karena itu, Kepala Negara meminta Pemerintah dan anggota KSDS untuk bekerja sama dan mempersiapkan kondisi khususnya keamanan hingga kedatangannya Paus.

"Pada Mei 2024, komite Vatikan akan datang dan melihat apa yang telah kami lakukan sehubungan dengan rencana kunjungan Paus ke Timor-Leste," pungkas Xanana Gusmão. **