Helo Timor Leste

Inilah Kandidat Capres dan Cawapres Indonesia 2024, Terbaru PDIP Pasangkan Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD

Dodo Hawe - Nasional -> Politik
Rabu, 18 Oct 2023 12:09
    Bagikan  
CAPRES CAWAPRES
instagram @youthtv_indonesia

CAPRES CAWAPRES - Pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD calon yang diusulkan PDI Perjuangan dan partai koalisi

HELOTIMORLESTE.COM - Pendaftaran Calon Presiden-Wakil Presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan dibuka pada 19-25 Oktober 2023, sejumlah partai sudah menyiapkan calonnya.

Untuk Pemilihan Presiden (Pilpres 2024) di Indonesia menjadi tiga koalisi besar dari 17 partai yang ada di Indonesia, melalui mekanisme Presidential threshold.

Yakni ambang batas suara harus diperoleh partai untuk bisa mencalonkan Presiden-Wakil Presiden dengan minimal memiliki kursi sebanyak 20 persen di parlemen (DPR-RI).

Baca juga: Dokumen Rahasia: Partai Buruh Whitlam Terlibat Kasus Kejahatan di Timor Leste

Terbaru koalisi PDI Perjuangan, PPP, Hanura dan Perindo sudah menetapkan Capres-Cawapres yakni pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sementara koalisi Partai Nasdem, PKS dan PKB juga sudah menetapkan calonnya yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Sementara untuk koalisi, Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI dan PBB, baru memiliki calon presiden yakni Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra.

Baca juga: Timor Leste Ternyata Punya Hubungan Baik dengan Salah Satu Partai di Indonesia

Sejauh ini koalisi Partai Gerindra mengincar putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka untuk disandingkan menjadi Cawapres Prabowo Subianto.

Namun hingga sekarang terkain calon Cawapres dari koalisi partai Gerindra-Golkar dan kawan-kawan masih belum memutuskan calon pendamping Prabowo.

Meski demikian menurut informasi yang berkembang, menyebutkan ada sejumlah nama yang bisa saja bakal mendampingi Prabowo Subianto seperti Erick Tohir, Gubernur Jatim dan Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga: Pucuk Pimpinan Partai Koalisi Menghadap Presiden Timor Leste, Horta Akan Umumkan Nama Perdana Menteri Saat Pelantikan Nanti

Sementara masa pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024 dibuka KPU pada 19-25 Oktober 2023.

Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi kelengkapan dan kebenaran dokumen administratif pada 19-28 Oktober 2023.

Sedangkan untuk penetapan dan pengumuman pasangan calon peserta pemilu presiden dan wakil presiden akan dilakukan pada 13 November 2023.

Sementara penetapan nomor urut pasangan calon akan digelar pada 14 November 2023. **