Helo Timor Leste

Pemilu 2024 di Timor Leste Berjalan Lancar, Hasil Penghitungan Terakhir Prabowo-Gibran Unggul

Dodo Hawe - Nasional -> Politik
Minggu, 18 Feb 2024 14:39
    Bagikan  
PENCOBLOSAN
KBRI

PENCOBLOSAN - Dubes Indonesia di Timor Leste, Okto Dorinus Manik saat menggunakan hak pilihnya di Kedutaan Besar Indonesia di Timor Leste.

HELOINDONESIA.COM - Pasangan Capres nomor urut 2 Prabowo-Gibran unggul dalam penghitungan suara di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Timor Leste yang digelar, Sabtu (17/2/2/2024).

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dili pimpinan Max Milyan Laimeheriwa melalui rapat pleno rekapitulasi perhitungan mengungkapkan jumlah suara yang hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah 3.814 pemilih.

Sementara jumlah pemilih secara keseluruhan sebanyak 4.739, artinya ada seribu lebih pemilih WNI di Timor Leste tidak menggunakan hak pilihnya di Dili Timor Leste.

Baca juga: Amerika Serikat Ucapkan Selamat Atas Pemilu di Indonesia

Dari jumlah itu, Paslon nomor urut 1 Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 307 suara, Prabowo-Gibran memperoleh 2.106 dan Ganjar-Mahfud memperoleh 987 suara.

Sedangkan untuk perolehan suara untuk Pemilu anggota DPR-RI adalah PKB 144 suara, Gerindra 700 suara, PDIP 937 suara, Golkar 356 suara, Nasdem 61 suara, Buruh 21 suara, Gelora 17 suara, PKS 165 suara, PKN 7 suara, Hanura 19 suara, Garuda 6 suara, PAN 131 suara, PBB 3 suara, Demokrat 153 suara, PSI 437 suara, Perindo 70 suara, PPP 43 suara dan Partai Ummat 8 suara.

Baca juga: Sebanyak ini Jumlah Pemilih dalam Pemilu 2024 di Timor Leste, Tangal 11 Februari 2024 Pencoblosan

Juru bicara PPLN, Fidelis Ase Olin dilansir stlnews.co via menjelaskan bahwa rapat pleno rekapitulasi perolehan suara ditandai dengan penyerahan berita acara penghitungan suara dari masing-masing ketua KPPSLN kepada PPLN yang disaksikan langsung oleh Duta Besar RI untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik.

Fidelis mengatakan bahwa seluruh proses Pemilu mulai dari pendaftaran pemilih, pencoblosan surat suara hingga penghitungan perolehan suara berjalan dengan baik dan lancar.

Dia mengatakan bahwa kesuksesan Pemilu RI di Timor Leste tidak terlepas dari kontribusi semua pihak yaitu KBRI Dili, PPLN, KPPSLN, Panwaslu, aparat Kepolisian Nasional Timor Leste (PNTL) dan POLRI, Pemerintah Timor Leste, para ketua paguyuban WNI di Timor Leste, BUMN/BUMNS dan kontribusi pihak-pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu demi satu.

Baca juga: Deepfake Kelabui Jutaan Calon Pemilih di Asia Jelang Pemilu Termasuk Indonesia

Seperti diberitakan sebelumnya panitia Pemilihan Umum Luar Negeri (PPLN) di Timor Leste mengungkapkan sebanyak 4.739 Warga Negara Indonesia (WNI) akan memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2024.

Pelaksanaan Pemilu 2024 digelar di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Rua Karketu Mota-Ain No 2, Kota Dili, Timor Leste yang berlangsung tanggal 11 Februari 2024.

Anggota dan Juru Bicara PPLN Dili-Timor Leste, Fidel A Olin menjelaskan proses Pemilu 2024 sudah dilakukan sejak Tangal 4 hingga 7 Februari 2024 untuk tingkat Kotamadya dengan KSKLL (Kotak Suara Keliling Luar Negeri).

Baca juga: Apa yang Akan Dilakukan Mahfud Md Jika Kalah di Pilpres 2024? Ini Jawabannya

Di jelaskan sistem Pemilu Indonesia untuk pemilih luar negeri menggunakan early voting artinya sepuluh hari sebelum di Pilpres di Indonesia.

Artinya untuk pemilih di luar negeri bisa melakukan pemilihan terlebih dahulu, untuk setiap kotamadya kita mengunakan kotak suara keliling.

"Kota suara keling digelar selama tiga hari, dimana delapan PPLN dibagi dalam empat kelompok untuk setiap tiga kotamadya dan sudah kita tutup pada tangal 7 Februari 2024 kemarin," jelas Fidel A Olin seperti dilansir kantor berita Tatoli, di KBRI, Kamis (7/2/2024).

Baca juga: Media di Indonesia Bisa Dipengaruhi China Terkait BRI dan Pilpres

Fidel A Olin mengungkapkan partisipasi DPTLN di tingkat kotamadya yang tersebar di Timor Leste mencapai 71 persen, dengan alasan sebagian sudah kembali ke Indonesia sebelum dilakukan pemilihan.

"Atas nama PPLN Dili, saya menyampaikan terima kasih kepada KBRI Dili, pemerintah Timor Leste, PNTL dan POLRI, para ketua paguyuban WNI di Timor Leste, Telkomcel, KPPSLN, Panwaslu dan pihak-pihak lain yang telah memberikan kontribusinya sehingga seluruh proses Pemilu RI di Timor Leste dapat berjalan dengan baik dan lancar,” kata Fidelis.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik kepada semua pihak yang mengambil bagian dalam proses pesta demokrasi RI di Timor Leste. **