Helo Timor Leste

Apa yang Akan Dilakukan Mahfud Md Jika Kalah di Pilpres 2024? Ini Jawabannya

Ugu - Nasional
Sabtu, 17 Feb 2024 15:56
    Bagikan  
Mahfud MD
Instagram

Mahfud MD - Mahfud MD ingin berjuang terus

Helotimorleste- Mahfud Md, calon wapres nomor 3, menyatakan bahwa ia akan tetap berkomitmen pada demokrasi dan keadilan untuk Indonesia, tidak peduli siapa yang menang di Pilpres 2024.

"Apa pun hasil dari pilpres ini, saya akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan," kata Mahfud di Universitas Indonesia Salemba, Jakarta, Sabtu 17 Februari, seperti yang terlihat di akun Instagramnya.

Baca juga: Titiek Soeharto Buka Suara Soal Hubungan dengan Prabowo Subianto: Tidak Ada Istilah Rujuk

Ia menjelaskan bahwa perjuangan untuk demokrasi dan keadilan tidak hanya melalui pemilu, karena pemilu hanyalah salah satu bentuk dari demokrasi.

Ia mengisahkan pengalaman pribadinya ketika pada tahun 2014 sampai 2016 ia tidak menjabat posisi publik apa pun. Namun, Mahfud tetap aktif dalam demokrasi dan penegakan hukum.

Baca juga: Quick Count LSI Pileg 2024, PDIP Hattrick, Garuda Menyalip, Gerindra Terpaut Tipis

Ia mengaku bahwa ia tidak memiliki jabatan apa pun pada tahun 2014 hingga 2016, namun ia tetap konsisten dalam demokrasi dan penegakan hukum.

Eks Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ini menganggap bahwa gerakan masyarakat sipil dan kampus merupakan pendorong gerakan demokrasi dan perubahan dari rezim otoriter ke demokrasi.

Ia juga menambahkan bahwa jika demokrasi terhalang, maka demokrasi akan selalu mencari jalan keluar. "Ini sejarah kita maupun sejarah dunia," pungkas Mahfud.***