Helo Timor Leste

Rasa Unik Kopi Timor Leste, Disebabkan Karena Beberapa Faktor ini

Dodo Hawe - Ragam
Rabu, 19 Jul 2023 14:27
    Bagikan  
LETEFOHO
indonesian.coffee

LETEFOHO - Kopi Timor Leste menjadi produk perusahaan minuman kopi Starbucks

HELOTIMORLESTE.COM - Timor Leste merupakan salah satu negara penghasil kopi, meskipun tidak besar, namu kopi Timor Leste memiliki rasa unik dengan kualitas yang sangat tinggi.

Dua varitas utama kopi di Timor Leste yang dibudidayakan masyarakat di pegunungan Bumi Lorosae adalah Arabika dan Robusta, namun kopi Arabika menjadi yang paling dominan di negara itu.

Kopi Timor-Leste tumbuh subur di negara ini, sebagian besar ditanam di daerah pegunungan, dengan memanfaatkan tanah vulkanik yang subur, dengan ketinggian wilayah yang tinggi, dengan iklim yang menguntungkan.

Baca juga: Studi Terbaru, Kopi Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan

Rasa kopi Timor Leste dikenal memiliki profil rasa unik ini timbul dari kombinasi banyak faktor.

Selain biji Arabika berkualitas tinggi, juga kopi Timor Leste ditanam di bawah naungan hutan tropis, dan metode pengolahan kopi di Timor Leste masih tradisional.

Petani sering menggunakan praktik organik, menghindari pupuk dan pestisida sintetis, sehingga menghasilkan kopi yang dipuji karena kelembutan, tubuh sedang, dan rasa ringan yang sedikit beraroma buah, yang luar biasa.

Industri kopi di Timor-Leste ra-rata didorong adanya petani-petani kecil yang bekerja secara kolektif melalui koperasi.

Baca juga: Di Portugal Ada Warung di Super Bock Super Rock yang Mengubah Ampas Kopi Menjadi Jamur

Koperasi ini memberikan platform bagi petani untuk mengumpulkan sumber daya, berbagi pengetahuan, dan secara kolektif memasarkan kopi mereka.

Inisiatif perdagangan adil juga telah berperan dalam mendukung para petani dengan menjamin harga yang adil dan mempromosikan keberlanjutan.

Kopi Timor telah mendapatkan pengakuan global karena cita rasanya yang khas dan dampak sosialnya.

Kini kopi Timor Leste telah menjadi sumber kebanggaan bagi negara ini, melambangkan ketahanan, pemberdayaan masyarakat, dan pembangunan ekonomi.

Baca juga: Cerita Dibalik Starbucks® Single Origin East Timor Tatamailau Menjadi Produk Kopi Andalan Terbatas Starbucks Sampai Sekarang

Saat ini, Timor-Leste terus berfokus pada meningkatkan kualitas dan keberlanjutan industri kopi, memungkinkan petani untuk meningkatkan penghidupan mereka dan berkontribusi pada pertumbuhan negara.

Sejarah kopi Timor Leste
Kopi Timor Leste memiliki sejarah panjang sejak pendudukan Portugis di negara itu.

Kopi di Timor Leste sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Bangsa Portugis pada tahun 1860 ketika menjajah wilayah ini.

Dengan cepat, kopi menjadi komuditas ekspor utama bahkan menyalip kayu cendana, pada pertengahan tahun 1860, komoditas ini menyumbang setidaknya 50% dari nilai total ekspor dari negara koloni.

Baca juga: Prospek Kopi Timor Leste Tahun Lalu Berhasail Ekspor Sebanyak ini, Ada Merk Kopi Timor Mountain di Australia

Ada kopi yang dihasilkan dari Timor Leste menjadi produk kopi terunik di dunia, yang kini menjadi identitas Timor Leste sampai sekarang.

Kopi Timor juga terkenal dengan kualitasnya yang luar biasa, memiliki sejarah yang kaya di Timor-Leste, yang juga dikenal sebagai Timor Timur.

Sejak Perang Dunia II terjadi, Timor mengalami pergolakan, dengan Jepang, yang kemudian menduduki pulau tersebut dan menghancurkan sebagian besar perkebunan kopi di wilayah itu.

Kemudian, setelah perang, produksi kopi dilanjutkan kembali, pada tahun 1970-an, Timor-Leste meraih kemerdekaan dari Portugal.

Baca juga: Selebriti Hollywood Ini Alergi Kopi, Simak Pendapatnya

Pasca kemerdekaan Timor Leste, pergolakan politik terjadi ketika negara ini menghadapi perjuangan panjang untuk kebebasan.

Di tengah latar belakang ini, produksi kopi menghadapi banyak tantangan, termasuk konflik, ketidakstabilan ekonomi, dan akses terbatas ke pasar internasional.

Setelah Timor Leste mendapatkan kebebasan membentuk negara sendiri dari belenggu Indonesia, pada awal tahun 2000-an, Timor-Leste kembali stabil.

Pemerintah berupaya untuk menghidupkan kembali dan memperkuat produksi industri kopi hingga sekarang.

Baca juga: Negara Dikawasan Inilah Konsumsi Kopi Terbesar di Dunia, Vietnam Produsen Kopi Terbesar di Asia

Pemerintah, bersama dengan organisasi internasional dan LSM, memberikan dukungan kepada petani kecil, mempromosikan praktik berkelanjutan, meningkatkan infrastruktur, dan memfasilitasi akses ke pasar internasional.

Bahkan kini kopi dari Timor Leste telah mendapatkan tempat dimata internasional, seperti masuknya perusahaan Starbucks Corporation dan perusahaan lain seperti di Australia dan sejumlah negara lain.

Untuk Starbucks sendiri diketahui sudah memiliki produk khusus kopi Timor Leste disebut dengan Starbucks® Single Origin East Timor Tatamailau dan Singel Origin East Timor Letefoho, yang dipasarkan keseluruh jaringan mereka di dunia. **