Helo Timor Leste

Tinjauan Tentang Kopi Timor Leste Ada yang Ditanam di Atas Ketinggian 1600 Mdpl Hingga Persilangan Alami Varietas Kopi

Dodo Hawe - Ragam
Senin, 24 Jul 2023 18:32
    Bagikan  
KOPI TIMOR
visiteasttimor.com

KOPI TIMOR - Proses pengeloaan kopi Timor Leste yang memberikan penghidupan warganya

HELOTIMORLESTE.COM - Kopi Timor Leste sangat dikenal di dunia perkopian dunia, hingga perusahaan kopi internasional seperti Starbucks memiliki produk khusus tentang kopi Timor Leste.

Sayanya produksi kopi di Timor Leste masih kecil di banding negara-negara penghasil kopi di dunia termasuk Indonesia, Brasil, Vietnam dan beberapa negara lainnya.

Proses pengolahan kopi di Timor Leste dilakukan secara tradisional dengan teknik pengolahan yang umumnya diproses secara basah, dan memiliki keasaman sedang, ibarat cangkir yang seimbang, dan tubuh yang layak.

Varietas campuran kopi di Timor Leste, jenis kopi Timor Hybrid, yang merupakan persilangan antara kopi jenis Arabika dan Robusta yang terjadi secara alamiah, karena kedua kopi tidak mungkin persilangkan oleh manusia.

Baca juga: Rasa Unik Kopi Timor Leste, Disebabkan Karena Beberapa Faktor ini

Pertanian kopi skala kecil di Timor Leste direvitalisasi pada akhir 1990-an oleh asosiasi pertanian yang kooperatif, dengan dana hibah dari USAID (Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat), untuk membantu pendapatan minimal penduduk pedesaan.

Kemandirian koperasi dan adanya beberapa dukungan teknis dari kelompok-kelompok LSM juga memperkuat semangat rakyat Timor Leste mengeloala kopi mereka, pasca kemerdekaan Timor Leste.

Pengembangan hasil dari koperasi kopi ini diarahkan untuk memproduksi muatan peti kemas penuh dari lot bersertifikasi Fair Trade (buktik komitmen dana menerapkan operasional dengan etika bisnis) dan Organik.

Baca juga: Studi Terbaru, Kopi Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan

Beberapa nama daerah yang dikembangkan di pasar khusus seperti Maubisse (atau Maubesse) dan Aifu. Tapi ini sering digunakan secara longgar sebagai jenis kopi, bukan indikator geografis asal kopi.

Sementara daerah pertanian kopi Timor Leste adalah Ermera, Ainaro, Atsabe, Dukarai, Maubisse, Eileu, Manufahi dan Letefoho.

Karena kopi Timor Leste dikumpulkan dari banyak perkebunan kecil, kopi ini ditawarkan sebagai kopi khusus meta-regional dalam pengertian yang paling terbatas.

Ada potensi kualitas karena varietas kopi lama ditanam di sini, tetapi pemisahan daerah atau petani tidak ada.

Dan ketika lot regional memang ada, mereka tidak berasal dari kelompok petani terlatih yang menanam, menggiling, dan mengeringkan kopi dengan standar tinggi dan seragam.

Baca juga: Di Portugal Ada Warung di Super Bock Super Rock yang Mengubah Ampas Kopi Menjadi Jamur

Ada banyak pekerjaan penjangkauan pertanian yang harus dilakukan di sini dalam hal itu, serta memerangi rasa puas diri para petani yang belum mencapai harga premium yang signifikan untuk kopi mereka.

Arabika (dan Robusta) ditanam di sini pada ketinggian yang cukup rendah, kopi arabika ditanam pada ketinggian 750 Mdpl, dengan sebagian besar arabika ditanam pada ketinggian sedang 1100-1200 meter.

Bahkan kopi-kopi di Timor Leste ada yang ditanam di ketinggian 1600 mdpl dan kemungkinan masih ada yang lebih tinggi, tetapi volumenya sangat kecil.

Baca juga: Cerita Dibalik StarbucksĀ® Single Origin East Timor Tatamailau Menjadi Produk Kopi Andalan Terbatas Starbucks Sampai Sekarang

Pengolahan kopi

Pengelolaan kopi di Timor leste di olah secara tradisi onal. Tradisi pengolahan Timor Leste adalah menggunakan pengolahan basah, tidak seperti daerah penghasil kopi di Indonesia seperti Sumatera dan Sulawesi yang secara historis digiling basah.

Perbedaan antara yang dikupas basah dan yang diproses basah mungkin tampak sangat kecil perbedaan. Keduanya dipetik, dikupas kulitnya, difermentasi dan dicuci.

Perbedaannya adalah kopi yang dikupas basah dikeluarkan dari perkamen saat masih dalam kelembaban tinggi (25% atau lebih) kemudian dikeringkan di teras sebagai biji hijau terbuka.

Baca juga: Prospek Kopi Timor Leste Tahun Lalu Berhasail Ekspor Sebanyak ini, Ada Merk Kopi Timor Mountain di Australia

Kopi yang diproses basah dibiarkan mengering perlahan atau perkamen, kemudian disimpan di gudang untuk distabilkan, kemudian dikupas dengan kelembapan 10-11%.

Tapi kopi Indonesia yang diproses basah, dan tetangga dekat seperti Timor, masih mempertahankan beberapa rasa aroma hutan yang tidak biasa juga, menjadikan arama kopi yang unik.

Namun, kadang-kadang hal ini disebabkan karena kualitas pengolahan basah yang buruk, dan Timor Leste memiliki banyak tempat pencucian yang rusak, dan pengambilan serta pengolahannya tidak ideal.

Tetapi catatan eksotis kopi Timor Leste kadang-kadang bisa datang dari varietas kopi, seperti pohon raksasa mirip Bourbon yang ditemukan di Timor, dan faktor lingkungan lainnya, bukan dari noda dalam pengolahan.

Baca juga: Selebriti Hollywood Ini Alergi Kopi, Simak Pendapatnya

Varietas Timor
Kopi varietas Timor alias Hibrido de Timor atau HdT dan juga TimTim. Menariknya, Timor adalah asal varietas kopi dengan nama yang sama.

Varietas Timor adalah mutasi alami antara Robusta dan Arabika, yang tidak mudah disilangkan karena tidak cocok secara genetik.

Namun mereka tidak melakukan penyerbukan silang karena kopi Arabika melakukan penyerbukan sendiri.

Baca juga: Negara Dikawasan Inilah Konsumsi Kopi Terbesar di Dunia, Vietnam Produsen Kopi Terbesar di Asia

Penemuan persilangan alami antara keduanya merupakan tonggak penting dalam penelitian varietas kopi, karena kebutuhan akan tanaman arabika yang tahan penyakit seperti robusta.

Varietas Timor ditanam dalam bentuk murni di beberapa asal, di Sumatera disebut varietas TimTim. Varietas Timor lebih signifikan untuk semua keturunan yang dihasilkannya. **