Helo Timor Leste

Piala Asia 2024: Socceroos Tak Mau Remehkan Garuda, Waspadai Marselino Ferdinan

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Sabtu, 27 Jan 2024 21:48
    Bagikan  
Australia V Indonesia
Istimewa

Australia V Indonesia - Australia terakhir kalahkan Indonesia 1-0 di penyisihan Piala Asia 2010

HELOINDONESIA.COM - Socceroos akan mencoba untuk mengamankan posisi keempat berturut-turut di babak perempat final ketika mereka menghadapi Indonesia pada Minggu malam (10:30 malam AEDT) di Stadion Jassim Bin Hamad di Doha.

Australia akan menjadi tuan rumah dalam babak penyisihan gugur Piala Asia 2023 Qatarâ„¢, ketika mereka menghadapi rival lokal Indonesia di stadion Jassim Bin Hamad, tempat di mana tim hijau dan emas mengalahkan Suriah selama babak grup.

Finish di puncak Grup B, tim hijau dan emas terpaksa melewati apa yang dianggap sebagai grup terberat dalam turnamen ini. Kemenangan nyaman 2-0 melawan India, diikuti oleh kemenangan 1-0 melawan Suriah, dan satu poin penting melawan Uzbekistan.

Tim yang berdiri di antara Socceroos dan tempat perempat final adalah Indonesia yang menempati peringkat ke-144. Namun, jangan biarkan peringkat mereka mempermainkan Anda, tim nasional sepak bola negara ini harus memulai dari nol kurang dari satu dekade yang lalu setelah diskors FIFA.

Sejak saat itu, 'Tim Garuda' telah menikmati kenaikan pesat, dengan inti yang sangat berbakat dan muda mendorong generasi mendatang.

Baca juga: Tahun 2024 Kementerian Olahraga Timor Leste Anggarkan 1,5 Juta Dollar untuk Kegiatan Olahraga, Anggaran FFTL Paling Besar

Di depan kebangkitan itu, ada bocah emas berusia 19 tahun, Marselino Ferdinand, yang bermain di Belgia dengan K.M.S.K. Deinze. Penyerang ini telah membuat jejaknya di babak grup, menciptakan kesulitan besar bagi pertahanan Irak yang menduduki peringkat teratas grup mereka, bersama dengan bek Liga Premier Takehiro Tomiyasu.

Australia akan percaya diri dalam menahan serangan Indonesia, setelah hanya kebobolan satu gol sepanjang turnamen ini, jumlah yang hanya terpecah oleh tuan rumah Qatar, dan kejutan dari Thailand.

Socceroos juga memiliki catatan bagus melawan Indonesia, sebuah tim yang sudah mereka hadapi banyak kali selama 102 tahun keberadaan tim nasional, mengalahkan tim berwarna merah sebanyak 11 kali dari 15 pertemuan.

Pertandingan terakhir antara kedua tim terjadi pada tahun 2010, di mana Australia lolos ke Piala Asia 2011 dengan kemenangan 1-0 atas Indonesia di Suncorp Stadium, setelah bermain imbang 0-0 pada pertandingan sebelumnya.

Baca juga: Tentang Pembahasan Wilayah Darat Perbatasan Xanana Gusmao-Jokowi Sepakati Poin-poin ini

Seperti pertemuan sebelumnya setahun sebelumnya, Pim Verbeek sangat mengandalkan pemain Australia yang bermain di dalam negeri tetapi memanggil empat anggota berbasis luar negeri seperti Luke Wilkshire, Josh Kennedy, Mark Milligan, dan Jade North.

Dan dua dari pemain yang bermain di luar negeri itu memainkan peran besar dalam gol pembuka yang menentukan. Umpan mati Wilkshire dikepala ke mistar oleh Milligan, yang dengan kehadiran pikiran untuk segera mengikuti dan dengan cepat memutar tubuhnya untuk mencetak gol dari pantulan di sudut sempit untuk gol Socceroos pertamanya.