Helo Timor Leste

Piala Asia 2024: Tantangan Baru Korea Selatan, Menaklukkan Yordania Tanpa Kim Min-jae

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Selasa, 6 Feb 2024 22:38
    Bagikan  
Jung Seung-hyun
Yonhap

Jung Seung-hyun - Defender Jung Seung-hyun bersama pelatih Jurgen Klinsmann

HELOINDONESIA.COM - Korea Selatan melaju ke semifinal Piala Asia AFC dengan penuh semangat, namun mereka harus menghadapi rintangan baru. Bek tengah andalan mereka, Kim Min-jae, absen karena akumulasi kartu kuning.

Kehilangan Kim Min-jae merupakan pukulan telak bagi Korea Selatan, yang telah kebobolan delapan gol dalam lima pertandingan.

Pelatih Korea Selatan, Jurgen Klinsmann, memiliki beberapa pilihan untuk mengatasi absennya Kim Min-jae. Salah satunya adalah kembali ke formasi tiga bek, dengan Jung Seung-hyun dan Kim Young-gwon sebagai starter.

Pilihan lainnya adalah tetap menggunakan formasi empat bek, dengan trio pemain Ulsan Hyundai Motors, Jung Seung-hyun, Kim Young-gwon, dan Seol Young-woo, bersama Kim Tae-hwan.

Klinsmann yakin timnya mampu mengatasi absennya Kim Min-jae. "Hanya karena Min-jae tidak akan bermain, bukan berarti pertahanan kita akan goyah," kata Hwang In-beom, gelandang Korea Selatan. "Kami memiliki orang-orang yang telah mempersiapkan momen ini di belakang layar, dan saya tahu betapa hebatnya mereka."

Kim Min-jae dari Bayern Munich, dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik di dunia saat ini, tidak memenuhi syarat untuk pertandingan semifinal melawan Yordania, dimulai pukul 6 malam Selasa (waktu lokal) di Stadion Ahmad bin Ali di Al Rayyan, barat Doha, atau tengah malam Rabu (waktu Korea).

Kim mendapat kartu kuning keduanya dalam turnamen pada menit akhir kemenangan perempat final atas Australia pada Jumat setelah terlibat dalam perkelahian dengan lawan. Itu adalah pelanggaran yang tidak perlu bagi pemain penting bagi Korea karena mereka mencoba untuk bangkit dari ketertinggalan 1-0.

Baca juga: Kisah Luar Biasa di Balik Foto Anak Laki-laki yang Jatuh dari Pesawat Jumbo Jet

Mereka akhirnya berhasil comeback untuk kemenangan 2-1 dalam waktu tambahan, dan pelatih kepala Jurgen Klinsmann sekarang harus mencari cara untuk menahan Yordania tanpa Kim, monster dua arah yang menggabungkan permainan fisik dengan kecepatan yang menipu.

Bahkan dengan Kim dalam susunan pemain, Korea masih kebobolan delapan gol dalam lima pertandingan, yang paling banyak di antara empat semifinalis. Dan ketidakhadirannya bisa menimbulkan masalah lebih besar bagi Korea di belakang.

Setelah pertandingan Australia, Klinsmann mengatakan kehilangan Kim untuk semifinal "jelas tidak bagus bagi kami karena dia adalah pemimpin kami di belakang dan seorang profesional yang fantastis." Tetapi dia juga mencatat bahwa dia memiliki pemain yang bisa langsung masuk.

Salah satu pilihan yang jelas adalah membawa kembali Jung Seung-hyun, yang memulai dua pertandingan grup pertama bersama Kim Min-jae sebelum melepaskan tempat itu kepada Kim Young-gwon. Jung juga memulai dalam formasi tiga pemain belakang melawan Arab Saudi di babak 16 besar.

"Untuk membawa solusi yang berbeda, kita bisa kembali ke formasi tiga pemain belakang. Kita memiliki variasi," kata Klinsmann.

Jika Klinsmann memutuskan untuk tetap pada susunan empat pemain belakang biasanya, dia bisa memiliki trio rekan klub di Korea, ditambah pemain lain yang menjadi rekan satu tim mereka sampai musim lalu.

Baca juga: Ternyata Ada T-Rex di Bali Tidak Menakutkan, Malah Jadi Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Jung Seung-hyun dan Kim Young-gwon adalah mitra bek tengah untuk Ulsan HD FC, juara K League 1 dua kali berturut-turut. Bek kiri Seol Young-woo adalah pemain Ulsan lainnya dan telah menghabiskan hampir seluruh karir klubnya bersama Jung dan Kim.

Bek kanan Kim Tae-hwan baru-baru ini meninggalkan Ulsan untuk bergabung dengan Jeonbuk Hyundai Motors tetapi bermain bersama ketiganya untuk memenangkan dua gelar liga terakhir.

Jika Klinsmann beralih ke formasi tiga bek, Kim Young-gwon dan Jung kemungkinan akan memulai bersama Park Jin-seop, yang sejauh ini hanya bermain terbatas.

Pemain belakang tengah lainnya dari tim, Kim Ji-soo dan Kim Ju-sung, belum bermain di Qatar, dan kemungkinan Klinsmann tidak akan memilih duo yang belum terbukti - mereka hanya memiliki tiga caps bersama - dalam pertandingan penting seperti ini.

Gelandang Hwang In-beom, yang akan ditugaskan untuk membantu di sisi pertahanan, mengatakan dalam konferensi pers sebelum pertandingan Senin bahwa dia percaya pada kemampuan rekan setimnya untuk mengatasi absennya Kim Min-jae.**