Helo Timor Leste

Warling Mimik Idayana, Bukan Sekedar Kulineran atau Makan Gratis, Banyak Makna

Ugu - Ekonomi
Jumat, 26 Jul 2024 18:21
    Bagikan  
Warling Bu Mimik Idayana
HTL

Warling Bu Mimik Idayana - Mimik Idayana (kaca mata)

Halotimorleste- Di Utara Balai Desa Jambangan, Sidoarjo, pada Jumat, 26 Juli 2024, pagi hari, suasana ramai oleh warga dari berbagai kalangan yang tampak sedang menikmati makanan lezat dan gratis.

Ada beragam hidangan yang disajikan, mulai dari lodeh, nasi campur, hingga kue bikang dan pukis. Setelah ditelusuri ternyata kegiatan ini diberi nama "Warling" (warung keliling) Mak Mimik, yang diinisiasi oleh Mimik Idayana bersama UMKM binaan.

Warga tampak bahagia menikmati hidangan sambil ketawa ketiwi, mereka pada umumnya adalah orang yang melintas setelah berbelanja atau mengantar anak-anak sekolah. Namun, ternyata kegiatan tersebut lebih dari sekadar makan gratis.

Baca juga: Presiden terpilih Prabowo: Fokus ke Bidang Pertanian Sebagai Penentu Nasib Bangsa ke Depan

undefined

Beberapa warga mengungkapkan bahwa mereka senang dapat bertemu dan berdialog langsung dengan Mimik Idayana yang mana anggota DPRD tanpa protokol formal yang rumit.

"Aku senang bisa bertemu dengan Bu Mimik Idayana bebas poll tanpa protokoler rumit, meskipun beliau pejabat, ternyata orangnya ramah." ungkap Riska, salah seorang warga yang mengaku seumur umur baru pertama kali ini bertemu dengan anggota DPR.

Baca juga: Ayo Coba Lezatnya Semangka Pedas, Ini Resepnya

Di samping itu program Warling Mak Mimik merupakan wujud dukungan program Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Bedanya, Warling fokus pada desa-desa. Setiap titik Warling menyediakan 400 porsi makanan, dan kelanjutannya tergantung pada antusiasme masyarakat.

"Jadi tahun ini, Warling ini kirimnya ke desa desa, satu titik disiapkan 400 porsi, untuk berikutnya tergantung dari antusias masyarakat seperti apa." ujar Mimik Idayana yang saat ini mencalonkan diri menjadi bupati Sidoarjo.

Dengan anggaran Rp15 ribu per porsi, menu yang disajikan diharapkan memenuhi standar gizi. Selain itu, Warling Mak Mimik juga memberdayakan UMKM lokal yang bergabung dalam program ini.

Mimik Idayana, menjelaskan bahwa setiap porsi Warling mengandung daging, sayuran, dan komponen lain yang memenuhi prinsip "4 sehat 5 sempurna."Namun, susu belum termasuk dalam menu saat ini." imbuh Mimik Idayana yang sangat antikorupsi.

Terkait sumber anggaran dari kegiatan yang direncanakan 2 kali dalam seminggu ini, Mimik Idayana menyebut bahwa Warling didanai dari dana pribadinya. Program ini sebenarnya merupakan pengembangan dari Jumat Berkah yang sudah dilakukan beberapa tahun sebelumnya.

"Sumber anggarannya adalah pribadi, ini sama dengan Jumber (Jumat Berkah)." pungkas Mimik Idayana.***