Helo Timor Leste

Timor Leste Buka Kedutaan Besar di Angola, Bendito Freitas: Perkuat Kerjasama Bilateral

Kamis, 11 Jul 2024 16:53
    Bagikan  
Kedutaan besar Timor Leste
VOA

Kedutaan besar Timor Leste - Peresmian kedutaan

Helotimorleste- Timor Leste resmi membuka Kedutaan Besarnya di Luanda, Angola pada Selasa malam (10/7) dalam sebuah acara peresmian yang dihadiri oleh Presiden Timor Leste José Ramos-Horta dan Menteri Luar Negeri Angola Téte António.

Kedutaan Besar Timor Leste terletak di Rua Amílcar Cabral, no. 102 dan 104, di Distrik Perkotaan Maianga, Luanda. Peresmian ini menandai langkah penting dalam memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

Baca juga: Wanita ini Bagikan Video Ide Ciptakan Beragam Busana Indah Hanya 1 Menit dengan 1 Potong Kain

"Sebagai bagian dari keinginan timbal balik untuk memperkuat hubungan kerja sama dan persahabatan yang mendalam antara Angola dan Timor Leste," kata Menteri Luar Negeri Angola Téte António dan Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Timor Leste Bendito dos Santos Freitas dalam pernyataan bersama.

Pembukaan kedutaan ini merupakan hasil dari komitmen kedua negara untuk meningkatkan kerjasama di berbagai bidang, terutama ekonomi, sosial, minyak dan pertambangan, pertanian, pariwisata, perdagangan, militer, telekomunikasi, dan komunikasi sosial.

Baca juga: Pedang Durandal Dicuri dari Desa Prancis Setelah 1300 Tahun Menancap di Batu

Misi Timor Leste di Angola

Ramos-Horta menyatakan bahwa Timor Leste akan segera menunjuk duta besarnya untuk Angola dan menugaskan tim untuk mulai mengoperasikan kedutaan. Dia juga memuji pemerintah Angola atas kesigapannya dalam menyediakan fasilitas kedutaan.

"Segera setelah saya kembali ke Dili, saya punya janji dengannya untuk menerima surat kepercayaannya dan datang ke Luanda secepat mungkin," kata Ramos-Horta.

Dukungan Timor Leste untuk Kedutaan Besar Angola di Timor Leste

Ramos-Horta juga menyampaikan komitmen Timor Leste untuk mendukung pendirian Kedutaan Besar Angola di Timor Leste. Dia menyebutnya sebagai "tonggak penting" dan menegaskan komitmen Timor Leste untuk memperkuat kerjasama dengan Angola di tingkat regional dan internasional.

Baca juga: Saat di Angola, José Ramos-Horta Optimistis Proyek Greater Sunrise Kembali Berjalan

Pertemuan Bilateral

Selain peresmian kedutaan, Ramos-Horta dan António juga mengadakan pertemuan bilateral untuk membahas berbagai isu, termasuk:

- Penilaian kerjasama bilateral yang ada
- Identifikasi bidang kerjasama baru di berbagai bidang ekonomi dan sosial
- Persiapan Konsultasi Politik antara Angola dan Timor Leste
- Promosi Komisi Gabungan Bilateral

undefined

Pertemuan ini menunjukkan komitmen kuat kedua negara untuk memperluas dan memperdalam hubungan mereka di berbagai bidang.

Sebelumnya siaran pers MIREX menyebut adanya pertemuan yang dipimpin oleh kepala diplomasi Angola, Téte António, dan Timor-Leste, Bendito Freitas.

Pernyataan tersebut terungkap bahwa Menteri Téte António dan Bendito Freitas bermaksud untuk menyelenggarakan Konsultasi Politik antara Angola dan Timor Timur dan mempromosikan Komisi Gabungan Bilateral. Kedua negara berkomitmen untuk memperkuat kerjasama di berbagai bidang demi kepentingan bersama.***