Helo Timor Leste

Tahun ini Sepuluh Ribu Lebih Warga PSHT Timor Leste Disahkan di Negaranya Sendiri

Dodo Hawe - Nasional
Jumat, 4 Aug 2023 16:11
    Bagikan  
WARGA BARU
psht.or.id

WARGA BARU - Tahun ini Timor Leste mengesahkan warga baru sebanyak 10 ribu lebih yang disahkan di negaranya sendiri

HELOTIMORLESTE.COM - Pada tahun 2023 ini, wilayah Timor Leste bakal mengesahkan warga baru Persaudaran Setia Hati Terate (PSHT) sebanyak 10.161 orang.

Dilansir laman psht.or.id, untuk pertama kalinya pengesahan warga baru di laksanakan di Timor Leste, tidak seperti sebelumnya dalam pengesahannya dilaksanakan di Indonesia.

Dari jumlah itu berasal dari 13 Kotamadya di Timor Leste termasuk Daerah Administratif Khusus Oecusse-Ambeno.

Jumlah anggota PSHT yang disahkan tahun lebih banyak dari pengesahan yang digelar pada tahun 2022 lalu, jumlahnya 8.500 dan tahun mencapai 10.161 orang.

Baca juga: Kurikulum Bahasa Indonesia di Timor Leste, Ada Bea Siswa untuk Mahasiswa Timor Leste

Ketua panitia pelaksana pengesahan PSHT Timor Leste, Faviao Oliveira mengatakan para anggota baru ini akan segera disahkan sebagai anggota baru setelah mereka lulus serangkaian ujian.

"Para siswa yang disahkan sudah melaksanakan serangkaian ujian setelah mereka sudah ditingkat sabuk putih atau tingkat akhir," kata Faviao.

Dikatakannya, sebelum memasuki wisuda para anggotanya digembleng cukup lama.

Para siswa yang terpilih ini, sebelumnya melakukan pelatihan di 13 kotamadya termasuk Daerah Administratif Khusus Oecusse Ambeno, serta di daerah sub-ranting di Kota Dili.

Seorang anggota PSHT untuk bisa lulus harus mengukuti latihan selama dua tahun, sesuai tahapan kenaikan tingkat sebelum kemudian menjadi calon pendekar (warga) PSHT.

Baca juga: Pemerintahan Baru Timor Leste Mengusulkan Anggaran 2023 Sebesar 2,1 Miliar Dollar Amerika

"Jika tahapan itu sudah dilalui bari para siswa akan sempurna disebut warga Persaudara Setia Hati Terate," katanya.

Komisi penyelenggara mengatakan cabang PSHT didirikan di 13 kotamadya termasuk RAEOA, serta 664 Pos Administrasi (Kecamatan) dan Suco (desa) di seluruh Timor Leste.

Pendekatan komunikasi nasional, kata Faviao, adalah komunikasi yang sangat baik dengan para pelatih, saat anggota baru mengikuti ujian kelulusan yang sedang diujikan oleh timnas.

Baca juga: Timor Leste Ternyata Punya Hubungan Baik dengan Salah Satu Partai di Indonesia

Dalam pengesahan yang digelar di Timor Leste tahun boleh dibilang cukup istimewa karena dihadiri Ketua Umum PSHT Indonesia Muhammad Taufiq.

Dalam pengesahan tahun ini yang rencananya digelar 7 Agustus 2023 di Centro de Convencoes de Dili, Kota Dili, Timor Leste.

PSHT Timor Leste mengundang para pengurus pusat dan majelis luhur PSHT Indonesia dalam rangka kegiatan tes jago dan pengesahan warga baru nanti.

Rombongan dipimpin Mas V Hermanux Sugiarto bersama Mas Adi Prayitno, Mas Subono Widoyoko, Mas Sunarno Mas Agus Subagyo dan Mas Samsul Hidayat.

Baca juga: Indonesia-Timor Leste Jajaki Kerjasama Olympic Solidarity

"Saudara-saudara kita warga PSHT di Timor Leste sangat antusias dan penuh euforia silaturahmi ketika ada tes jago di beberapa lokasi di Timor Leste," ujar Mas Agus Subagyo.

Menurutnya sudah 10 tahun latihan warga PSHT Timor Leste, sementara dibekukan sejak tahun 2012 hingga tahun 2022.

Saat ini pada keluar warga PSHT untu mengawal warga baru mereka atau adek-adeknya sedang melakukan tes jago.

Dombongan PSHT Indonesia juga beraudensi dengan pejabat PNTL (Kepolisian) setingkat Polda dan ke badan keamanan nasional Timor Leste. **