Helo Timor Leste

Militer Australia Silaturahmi ke Warga Timor Leste

Satwika Rumeksa - Nasional
Sabtu, 5 Aug 2023 15:35
    Bagikan  
Kunjungi Sekolah
Istimewa

Kunjungi Sekolah - Brigadier Malcolm Wells berbincang dengan kepala sekolah di Liqisa

HELOTIMORLESTE.COM - Selama masa Indo-Pacific Endeavour (IPE) di Timor-Leste, dari tanggal 25-28 Juli, personel Pertahanan melakukan silaturahmi dengan warga Timor Leste.

Mereka mengambil bagian dalam jalan damai gender dan keamanan wanita, pelatihan keamanan maritim, pertandingan sepak bola dan futsal, serta kunjungan ke sekolah panti asuhan.

Kepala Komando Staf Angkatan Darat Australia Brigadir (Brigjen) Malcolm Wells mengatakan Timor Leste telah terasa seperti rumah kedua sejak tahun 2001, ketika dia menjadi bagian dari inisiatif pertama Program Kerjasama Pertahanan Australia untuk membangun Angkatan Darat profesional untuk negara baru.

Baca juga: Keluarga Céline Dion Mendukungnya di Tengah Perjuangan atas Stiff Person Syndrome

“Saya berteman baik di sini dan lebih dari 20 tahun yang lalu kami berbagi tantangan mentransfer keterampilan untuk membangun tentara baru, jadi kembali ke Timor Leste sekarang terasa seperti pulang ke rumah,” kata Brigadir Wells.

Memberi Bola

“Melihat juga bagaimana orang-orang yang bekerja dengan saya saat itu berada di posisi kepemimpinan senior Angkatan Pertahanan Timor-Leste (F-FDTL) membuat saya sangat bangga dengan apa yang telah kita lakukan bersama.”

Salah satu teman baiknya sekarang adalah Kepala Angkatan Laut F-FDTL, Capitao-de-Mar-e-Guerra (Kapten Laut dan Perang) Higino das Neves, yang menjadi tuan rumah upacara pembukaan IPE Timor Leste dan pencarian bilateral tahun ini. -menyelamatkan pelatihan keamanan maritim di Pangkalan Angkatan Laut Port Hera.

Baca juga: Band Titik Nol Spesialis Lagu-lagu Rock Legend

Di Ngarai Borudu Matak di Balibar, jalan kaki perempuan merupakan kesempatan langka bagi perempuan anggota F-FDTL, Kementerian Pertahanan dan Polri untuk berkumpul bersama.

Difasilitasi oleh Tim Pertahanan Australia – Timor Leste dan penasihat gender Australia yang berkunjung Kapten Emma Milner dan Tresha Oates, kegiatan pembelajaran berbasis petualangan ini dirancang untuk memupuk peluang kepemimpinan dan mendorong percakapan gender.

Kapten tim sepak bola wanita Angkatan Darat Australia, Kopral Chloe Callaghan, adalah seorang peserta dalam perjalanan tersebut dan berbicara tentang wawasan unik yang diberikan kepadanya tentang masalah gender yang dihadapi oleh wanita di Timor Leste.

“Sungguh luar biasa mengenal wanita-wanita kuat ini sepanjang hari dan belajar bahwa wanita di mana pun menghadapi tantangan gender dalam satu atau lain jenis dan saling mendukung sangat penting untuk mengatasinya,” kata Kopral Callaghan.

Baca juga: Suhu di Puncak Capai Titik Beku, TNGGP Larang Pendakian di Gunung Gede Pangrango 13-18 Agustus

Selama di Timor Leste, tim juga mengunjungi Sekolah Santa Teresinha di kota Liquica, di mana mereka mengecat ulang ruang kelas dan memberikan bola sepak dan perlengkapan sekolah.

Terlibat dengan komunitas lokal adalah prioritas IPE dan sesuatu yang sering menjadi perhatian peserta.**