Helo Timor Leste

Jangan Terulang! Insiden Kecelakaan Warga Ainaro, Timor Leste yang Tewas Kecelakaan di Kota Daego Korsel Diduga Pengaruh Alkohol

Dodo Hawe - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 2 Aug 2023 11:48
    Bagikan  
TKP
facebook/ antony lay

TKP - Tempat Kejadian Kecelakaan (TKP) di wilayah Kota Daego, Korea Selatan dan kendaraan yang dikendarai warga Timor Leste itu.

HELOTIMORLESTE.COM - Tiga orang warga Timor Leste yang bekerja di Korea Selatan mengalami kecelakaan, akibatnya dua orang meninggal dunia yakni warga Kotamadya Ainaro, Timor Leste dan seorang lainnya mengalami luka-luka.

Kedua warga Ainaro yang tewas diduga akibat kecelakaan tunggal dengan mengendarai kendaraan roda dua di Kota Daegu, Korea Selatan pada 29 Juni 2023.

Kedua korban masing-masing adalah para pekerja asal Timor Leste yang bekerja di Korea Selatan atas nama Florindo de Araújo de Fátima dan Gracildo Soares da Silva.

Direktur Urusan Konsuler dan Komunitas Timor-Leste Kementerian Luar Negeri João Braz mengungkapkan pihaknya telah menerima informasi yang diterima dari Kedutaan Besar Timor-Leste di Korea Selatan.

Baca juga: Kisah Bantuan Rumah Setengah Tembok untuk Rakyat Miskin Timor Leste dari Presiden Ramos Horta

Dalam insiden itu kedua korban masih sempat mendapat pertolongan dari tim medis, namun akhir meninggal sebelum sampai di Rumah Sakit.

"Mengenai satu korban yang luka berat, identitasnya masih belum diketahui dan hanya diketahui bahwa ia sedang dirawat di unit perawatan intensif," jelas João Braz seperti dilansir kantor berita Tatoli, Rabu (1/7/2023).

Pihak kepolisian Korea Selatan saat ini bekerja sama dengan Kedubes Timor Leste mengungkapkan ada dugaan kecelakaan itu akibat pengemudi akibat pengaruh minuman beralkohol.

Namun demikian menurut João Braz proses investigas terus berjalan dan nanti jika sudah menerima hasil investigasi dari para ahli dia akan menjelaskan semua informasi itu.

Baca juga: Sekitar 358.000 Pria Korea selatan Membeli Seks Setiap Hari, Susah Diberantas

Sedangkan terkait proses pengiriman jenazah untuk ke tanah air Timor Leste, kini pihak Kedubaes Timor Leste di Korsel dan Sekretaris Negara urusan Pelatihan Kejuruan dan Ketenagakerjaan sedang mengupayakan mempercepat prosesnya.

Seperti diberitakan sebelumnya beredar dan viral di sosial media adanya dua warga Timor Leste yang mengalami kecelakaan di sebuah jalan di kota terbesar kedua Korea Selatan yakni, Kota Daego.

Dalam unggahan akun facebook Anton Lay mengunggah suasa jalan yang panjang dengan tanda-tanda khusus seperti identifiaksi setelah kecelakaan.

Di dekat penanda jalan itu juga terdapat dua kendaraan sepeda motor yang sudah ringsek dengan police line yang sudah melingkari kendaraan itu.

Baca juga: Gelandang Korea Selatan Lee Kang-in Bergabung ke Paris Saint German

Di dekat sepeda motor juga terdapat topi warna putih, helmet dan sandal yang diperkirakan adalah milik para pengendara dalam insiden kecelakaan itu.

Bahkan informasi dari sosial media itu dibenarkan oleh Paulo Alves, Sekretariat Negara Pelatihan Profesional dan Ketenagakerjaan Timor Leste.

"Benar kemarin viral di media sosial, tentang dua tenaga kerja kita yang meninggal di Koresel, tetapi untuk kronologi jelasnya saat ini pihak keamanan di Korsel masin melakukan investigasi," jelas Paulo.

Baca juga: Warga Thailand Terbanyak Menjalani Operasi Plastik di Korea Selatan

Sementara João Braz menyerukan kepada semua imigran Timor-Leste untuk mematuhi perjanjian mobilitas tenaga kerja antara Timor-Leste dan Korea Selatan.

"Kepada warga Timor Leste untuk berhati-hati dan menghindari situasi yang dapat membahayakan nyawa mereka," pungkasnya. **