Helo Timor Leste

Program Makanan Gratis untuk Siswa Sekolah Dasar di Ainaro Timor Leste Sudah Dimulai

Dodo Hawe - Nasional
Sabtu, 30 Mar 2024 09:56
    Bagikan  
MAKAN GRATIS
jose ramos horta/facebook

MAKAN GRATIS - Ilustrasi makan gratis di sekolah bagi para pelajar di Timor Leste

HELOTIMORLESTE.COM - Program makan gratis di sekolah ternyata sudah dijalankan oleh Pemerintahan Timor Leste untuk sekolah dasar (SD) di Timor Leste.

Kepala Departemen Sekolah, Venancio de Araújo mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan telah menyetujui total anggaran sebesar US$541,784.04.

Anggara sebesar itu guna mendukung melaksanakan program pemberian makanan sekolah di 93 sekolah dasar dan pra-sekolah menengah di Kota Ainaro, Timor Leste.

Pada tanggal 25 Maret 2024 telah diadakan pertemuan program pemberian makanan gratis di sekolah untuk sekolah dasar dan pra sekolah menengah.

Baca juga: Para Guru Honorer Timor Leste Mengancam Kemeterian Pendidikan, Jika Tidak Segera Mencarikan Solusi Masalah Mereka

Program itu dimulai sejak bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2024, yang selanjutnya mulai lagi pada 1 April 2024, program pemberian makanan sekolah tersebut merupakan tanggung jawab CARE International yang akan mendukung pemberian makanan bagi siswa di Timor Leste, selama tiga bulan.

"Sementara bagian pendidikan dari program pemberian makanan di sekolah akan dilaksanakan mulai tanggal 1 April dengan total anggaran $541,784.04 untuk total 93 sekolah, yang terdiri dari empat pos," kata Venancio de Araújo dalam acara peningkatan kesadaran untuk para guru seperti dilansir lianorluli.news, 26 Maret 2024.

Baca juga: Masalah Guru Kontrak di Timor Leste, Begini Penjelasan Direktur Rekrutmen SDM Kementerian Pendidikan

Ia menegaskan, anggaran yang didukung Kementerian Pendidikan untuk program pemberian makanan gratis di sekolah tidak bergantung pada jumlah siswa.

Dari anggaran Kementerian Pendidikan untuk mendukung sekolah dasar dan pra sekolah menengah akan dimulai pada 1 April hingga Oktober 2024 tahun ini.

Baca juga: Seperlima Pemuda Timor Leste Tidak Memiliki Pendidikan dan Pekerjaan

"Namun anggaran yang dialokasikan tidak tergantung pada jumlah siswa di sekolah tersebut," jelas Venancio, Kepala Sekolah di Ainaro.

Dalam pertemuan tersebut, direktur sekolah dan guru berpartisipasi dalam penandatanganan program pemberian makanan sekolah yang akan dilaksanakan di 4 posko di 93 sekolah dasar dan pra-sekolah menengah di kota Ainaro. **