Helo Timor Leste

Sambutan Meriah Sultan Brinei Hassanal Bolkiah di Timor Leste, Bendera Kedua Negara Dibawa Ribuan Pelajar Negara ini

Dodo Hawe - Nasional
Senin, 20 May 2024 16:22
    Bagikan  
DI TIMOR LESTE
jose ramos horta/facebook

DI TIMOR LESTE - Sultan Brunei Darussalam Haji Hassanal Bolkiah saat bersama Presiden Jose Ramos Horta dan PM Xanana Gusmao di Kota Dili, Timor Leste, Senin (20/5/2024).

HELOINDONESIA.COM - Sultan dan yang di-Pertuan Brunei Darussalam yang ke-29, Sultan Hassanal Bolkiah mengunjungi Timor Leste untuk pertama kalinya, sekaligus sebagai tamu kehormatan dalam perayaan HUT Restorasi Kemerdekaan Timor-Leste ke-XXII, Senin (20/5/2024).

Sultan Haji Hassanal Bolkiah tiba divBandara Internasional Presiden Nicolau Lobato, Comoro Dili, Timor Leste sekitar pukul 10:00 WIB.

Usai upacara penyambutan dan parade, Sultan Brunei, Xanana dan Ramos Horta masuk ke dalam mobil kecil berwarna biru yang dihiasi kain tenun tradisional Timor.

Mobil yang ditunpangi adalah Mini Moke dengan nomor registrasi 22-778 TL yang dikemudikan Presiden Ramos Horta dengan penumpang Sultan Bolkiah dan PM Xanana Gusmao dudu di jok belakang menuju Istana Kepresidenan.

Baca juga: Update Kompetisi Sepakbola Xanana Cup 2024, Berikut Jadwal Pertandingan dan Hasil Lengkap

Kehadiran Sultan Brunei di Timor Leste juga disambut ribuan pelajar yang berjajar di sepanjang jalan yang dilalui dalam perjalanan dari Bandara di Comoro hinggi Istana Kepresiden di Bairro Pite, Kota Dili yang berjarak sekitar 5 km dari bandara.

Kehadiran Sultan Brunei Darussalam di Timor-Leste, senin ini benar-benar terasa istimewa, sebagai kunjungan kenegaraan pertama dan juga sebagai tamu kehormatan dalam perayaan HUT Restorasi Kemerdekaan Timor-Leste ke-XXII.

Kehadiran di Timo Leste Sultan Brunei ini, juga akan mendapatkan anugerah penghargaan Grande Colar Orden Timor-Leste oleh Presiden Republik, Jose Ramos Horta.

Baca juga: PM Xanana Luncurkan Podcast The Citizen’s Connection dan Meninjau Rencana Lokasi Kedutaan Timor Leste di Inggris

Penghargaan diberikan Timor-Leste sebagai bentuk pengakuan atas kepemimpinan dan kontribusinya terhadap perdamaian dan stabilitas regional.

Karena, Sultan Haji Hassanal Bolkiah juga sebagai salah satu pelopor Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Dimana, Sultan Hassanal Bolkiah tanpa kenal lelah berupaya mengkonsolidasikan persatuan dan perdamaian di kawasan tersebut.

Baca juga: Begini Reaksi Presiden Timor Leste J Ramos-Hota Terkait Isu Taiwan

Hubungan erat antara Brunei Darussalam dan Timor-Leste diperkuat oleh status bersama, serta kerja sama yang kuat dalam industri perminyakan dan gas.

Persatuan ini menunjukkan komitmen bersama terhadap diversifikasi ekonomi dan tekad untuk membina kerja sama yang substansial antara kedua negara.

Presiden Horta juga merayakan hubungan erat antara kedua negara, yang berakar pada nilai-nilai dan upaya bersama untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara.

Baca juga: Ramos Horta: Timor Leste Tidak akan Menjalin Hubungan militer dengan China, Australia dan Indonesia Bisa Tidur Nyenyak

Kepala Negara memuji Sultan Haji Hassanal Bolkiah sebagai ‘pemimpin global yang luar biasa’ dan Brunei sebagai ‘mercusuar perdamaian dan stabilitas di dunia yang penuh gejolak’.

Kepala Negara juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Sultan Haji Hassanal Bolkiah terhadap aksesi Timor-Leste ke ASEAN dan komitmen terhadap perjalanan kemajuan bangsa dan integrasi regional.

Presiden Horta juga menyoroti pembangunan sumber daya manusia dan pencapaian ekonomi Brunei yang luar biasa sebagai model bagi kawasan ini, dan menyerukan perluasan kerja sama di berbagai sektor seperti pariwisata, pendidikan, kesehatan, dan perlindungan lingkungan. **