Helo Timor Leste

Pelatihan Barista Timor Leste untuk Mendukung Industri Kopi Sebagai Penunjang Pariwisata di Bumi Lorosae

Dodo Hawe - Nasional
Kamis, 30 May 2024 09:56
    Bagikan  
BARISTA
ACTL/ facebook

BARISTA - Pelatihan barista untuk meningkatkanh industri kopi di Timor Leste

HELOTIMORLESTE.COM - Program Pengembangan Pariwisata Asia Foundation terus mendukung dan menumbuhkan industri kopi di Timor-Leste.

Upaya itu dilakukan dengan memberdayakan barista untuk meningkatkan keterampilan rekan-rekan mereka, memastikan bisnis di Aileen dan Maubisse, Timor Leste memiliki barista yang terampil.

Selain itu barista di sana juga harus memiliki berpengetahuan luas khususnya dalam menghidangkan kopi yang enak dan memberikan keramahan yang mengesankan pengunjung ke daerah tersebut.

Baca juga: Kementerian MAPPF Timor Leste Minta Didatangkan Tenaga Ahli Tiongkok Guna Mengembangkan Kopi Timor

Baca juga: Pelatihan Barista dari Tourism Development Program The Asia Foundation Selandia Baru, ini Manfaatnya

Mengikuti pelatihan Dasar Penyeduh Kopi dari ACTL Assosisasaun Kafe Timor, pekan lalu Juara AeroPress 2023 memimpin sesi pelatihan kopi.

Yang menarik dalam acara ini untuk bisnis di Aileen dan Maubisse, dengan peserta menghadiri dari kafe, restoran, guesthouse, dan peternakan kopi lokal.

Setidaknya dalam acara ini diikuti 27 peserta yang tajam dari 17 bisnis pariwisata dibawa melalui segalanya mulai dari sejarah kopi hingga menguasai pembuatan bir manual dan meningkatkan layanan pelanggan.

Baca juga: Para Petani Kopi Timor Leste Menginginkan Pengakuan UNESCO

Salah satu peserta Idalia dari Qx Restaurant di Aileen mengatakan sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan seperti ini, yang bermanfaat baginya.

"Saya sangat bersyukur menjadi bagian dari program pelatihan ini, belajar cara membuat kopi terbaik dan memberikan layanan pelanggan yang sangat baik untuk memastikan pelanggan kami pergi puas," katanya.

Baca juga: Data Ekspor Kopi Timor Leste Terus Menurun, Peringatan Dari Peneliti Timor Leste untuk Melakukan Langkah Tepat

Dikatakan pelatihan ini sangat menginspirasi, melihat pelatih muda di sini, berbagi pengalaman mereka dengan murah hati dan memberdayakan sesama pemuda untuk meningkatkan penawaran kopi kami untuk pariwisata di Timor Leste.

"Terima kasih khusus untuk dukungan murah hati dari New Zealand Embassy in Timor Leste untuk membuat aktivitas ini menjadi mungkin!," pesanya. **