Helo Timor Leste

Akibat Serangan Jantung! Menteri Kehakiman Timor Leste Meninggal Dunia Saat Menyambut PM Xanana Gusmao di Bandara

Dodo Hawe - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 20 Jan 2024 14:27
    Bagikan  
MENINGGAL
istimewa/ facebook

MENINGGAL - Menteri Kehakiman Timor Leste, Amândio de Sá Benevides meninggal dunia saat menyambut kedatangan PM Xanana Gusmao di Bandra Nicolau Lobato, Timor Leste, Sabtu (20/1/2024)

HELOINDONESIA.COM - Menteri Kehakiman Timor Leste, Amândio de Sá Benevides, tiba-tiba terjatuh dan pingsan di Bandara Internasional Nicolau Lobato, di Comoro, Sabtu (20/1/2024).

Diperkirakan Menteri Amândio mengalami serangan jantung ketika ia bersama anggota pemerintah lainnya untuk menyambut kedatangan PM Rala Xanana Gusmão, yang baru saja kembali dari Swiss, setelah kunjungan kerja.

Menteri jatuh sakit di bandara saat berada di ruang VIP di mana ia sempat berbicara sebentar dengan PM Xanana, namun tiba-tiba jatuh sakit dan kehilangan kesadaran.

Baca juga: Dinas Kesehatan Sebut Kasus Demam Berdarah di Kota Dili pada Januari Mencapai 46 Kasus, Masyarakat Timor Leste Tetap Waspada

Meskipun ada upaya pengawalannya dari petugas di sana, menteri tersebut tidak dapat diselamatkan dan meninggal dunia di ruangan VIP Bandara Nicolau Lobato.

Peristiwa itu sempat membuat panik para petugas dan staff di bandara yang sedang pelakukan pengawalan saat kedatangan PM Xanana Gusmao.

Karena situasi ini kepala Pemerintahan PM Xanana dan anggota pemerintah, termasuk Presiden Republik José Ramos-Horta yang mendampinginya terkejut dan sedih melihatnya.

Baca juga: Stroke Lebih Sering Terjadi dan Serius Pada Wanita , Begini Cara Memahami Risiko

"Menteri Kehakiman dibawa dengan ambulans ke rumah sakit, tetapi sayangnya dia tidak selamat," kata Albertina di kamar mayat HNGV seperti dilansir stlnews.co, Sabtu (20/1/2024).

Kepala Unit Gawat Darurat (UGD) HNGV, Eldegar Lopes mengatakan Menteri Amandio dibawa ke unit gawat darurat pada pukul 12.54 setelah mengalami serangan jantung.

Baca juga: Orang yang Pernah Kena Stroke, Risikonya 10 kali Lebih Besar Terserang Kembali

Sementara saat ini jenazah Menteri berada di kamar jenazah HNGV. Kepala Staf Kementerian Kehakiman, Albertina da Cruz Santa mengatakan kepada wartawan bahwa Menteri Kehakiman meninggal dunia dalam perjalanan menuju UGD RS HNGV Dili.

"Hari ini, beliau sudah meninggal dunia dalam perjalanan ke ruang gawat darurat dan tidak ada cara untuk menghidupkannya kembali. Para dokter mencoba memberikan pertolongan dengan menggunakan defibrilator, namun tidak berhasil," katanya dilansir Tatoli.

Baca juga: Ternyata Penderita Stroke Bisa Sembuh Total Apalagi Masih Muda, Ini Buktinya

Kepala Rumah Sakit Darurat Nasional Guido Valadares (HNGV), Eldegar Lopes Martins, Menteri Kehakiman (MJ) Amandio Sá Benevides mengalami serangan jantung.

Almarhum lahir pada 16 Juli 1964 dan kini meninggalkan seorang istri dan empat orang anak.

Sedangkan saat ini jenazah almarhum sudah dibawa ke kediamannya di Vila Verde, untuk dilaksanakan upacara keagamaan. **