Helo Timor Leste

Presiden Asosiasi Kopi Timor Serukan Mejaga Kualitas Kopi Timor Leste Agar Diperhitungkan di Pasar Global

Dodo Hawe - Nasional
Sabtu, 20 Jan 2024 13:46
    Bagikan  
BERTEMU PRESIDEN
jose ramos horta/facebook

BERTEMU PRESIDEN - Presiden Asosiasi Kopi Timor, Evangelino Monteiro Soares (berkacamata) saat bertemu Presiden Ramos Horta bersama timnya di Istana Kepresiden Timor Leste.

HELOINDONESIA.COM - Presiden Asosiasi Kopi Timor (ACT), Evangelino Monteiro Soares menyerukan akan petani Timor Leste untuk menjaga kualitas kopi yang dihasilkan.

Ungkapan Presiden ACT itu untuk menindaklanjuti upaya dari asososiasi yang ingin terus mempromosikan jenis kopi Robusta dan Arabika khas Timor Leste baik di dalam maupun luar negeri.

Menurut Evangelino saat ini kopi yang berasal dari Timor Leste itu terkenal di luar negeri dengan memiliki kualitas tinggi.

Baca juga: 50 Negara di Dunia Tertarik Kopi Hibrida Timor Leste, ACT Promosikan Kopi Secara Global Melalui Sosial Media

Evangelino mengatakan saat ini Timor Leste akan berbicara di pasar global dengan mengandalkan kualitas bukan kuantitas.

"Kopi dari Timor Leste kita promosikan pasar global dengan kualitasnya, bukan kuantitas," ungkap Presiden ACT ini.

Karena menurut Evangelino jika kita bicara kuantitas, Timor Leste kalah dibandingkan negara Vietnam dan Brazil, yang merupakan penghasil kopi di dunia, sementara Timor Leste negara kecil.

Baca juga: Alasan Kopi Timor Leste Tetap Paling Enak di Dunia, Meskipun Bijinya Dicuri Negara Lain

"Tetapi dari segi kualitas, kita bisa masuk pasar dan diperhitungkan secara global," ujar Presiden ACT dalam wawancara yang dilansir kantor berita Tatoli, Timor Leste di di Farol, Kota Dili, Rabu (17/1/2024).

ACT sudah mempromosikan jenis kopi Robusta dan Arabika dari Timor Leste memiliki kualitas tinggi ke mancanegara seperti Milan-Italia, Singapura, Belanda hingga Tiongkok.

Begitu juga di pasar lokal ACT juga mempromosikan kopinya melalui kompetisi bagi para anggotanya asosiasi untuk menunjukkan kualitas kopi mereka dan mengumumkan hadiah tahunan bagi para pemenang dengan kualitas kopi terbaik.

Baca juga: Satu Hingga Dua Cangkir Kopi Dapat Hambat Infeksi Covid

Organiasasi ini menurut Evangelino bertujuan untuk menjaga kualitas kopi tetap tinggi dengan menggalakkan perlunya cara panen kopi yang tepat, sehingga menghasilkan kualitas kopi yang tinggi.

"Jika kita memanen biji kopi di ruangan yang tidak sesuai dan memanggangnya dengan buruk, maka kualitas kopi kita akan buruk," ungkapnya.

Dengan metode yang dimiliki dari anggota ACT diharapkan kita akan mendapatkan kualitas yang diinginkan, sesuai standar kualitas tinggi di pasar global.

Baca juga: Tinjauan Tentang Kopi Timor Leste Ada yang Ditanam di Atas Ketinggian 1600 Mdpl Hingga Persilangan Alami Varietas Kopi

Apalagi menurut Presiden ATC pihaknya telah memiliki tiga orang ahli dibidangnya yang mampu mengajari bagaimana caranya menjamin agar kopi Timor tetap berkualitas tinggi.

Untuk itu Presiden Evangelino meminta kepada para petani, atau semuanya yang berhubungan dengan pengolahan kopi Timor agar terus menjaga dan meningkatkan kualitas kopi kita.

Baca juga: Pelatihan Rehabilitasi Pohon dan Bantuan Gergaji untuk Petani Kopi Timor Leste

"Saya meminta semua orang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi agar dapat bersaing di dalam dan luar negeri," ujar Evangelino.

Lebih jauh Presiden Evangelingo juga mengharapkan agar pemerintah memberikan bantuan administratif untuk memfasilitasi dokumen ekspor.

Selain itu, juga adanya kerja sama dan alokasi anggaran mungkin diperlukan bagi asosiasi untuk berinvestasi dalam mempromosikan kopi Timor.**