Helo Timor Leste

Duduk Bersila ternyata Banyak Manfaatnya

Ugu - Ragam
Minggu, 2 Jun 2024 11:08
    Bagikan  
Duduk bersila
Freepik

Duduk bersila - Tidak harus bersila di lantai

Helotimorleste- Duduk bersila di lantai memang memiliki manfaat kesehatan yang baik, namun masih ada pro dan kontra di kalangan para ahli. Sebagian orang mungkin merasa posisi ini nyaman dan perlu dilakukan secara teratur. Namun, kebanyakan orang dewasa jarang melakukannya, berbeda dengan anak-anak yang sering duduk dan bermain di lantai.

Menurut dr. Christopher Bise, asisten profesor di Universitas Pittsburgh, duduk bersila dapat membantu meningkatkan jangkauan gerak pada pinggul, punggung bawah, dan lutut.

Baca juga: Kolesterol Jenis Ini Dibutuhkan oleh Bayi Agar Sel Sel Sehat

“Saya benar-benar berpikir dari sudut pandang manfaat kesehatan atau kondisi muskuloskeletal, postur (duduk bersila) benar-benar membantu kita dengan rentang gerak pinggul, punggung bawah, dan lutut,” kata dr Christopher Bise, asisten profesor di departemen terapi fisik di Universitas Pittsburgh, dilansir dari laman Huffpost, Jumat (31/5/2024).

Hal ini juga membantu menjaga fleksibilitas tubuh bagian bawah. Ahli fisioterapi Jennifer O'Connell dari Rumah Sakit Bedah Khusus New York menambahkan, duduk bersila dapat membantu merelaksasi otot-otot sekitar lutut yang cenderung tegang saat duduk di kursi.

Baca juga: Seperti Film, Kini Cip Elektronik Ditanam di Otak Pasien Parkinson

“Tindakan bangkit dari posisi itu saja (dari bersila) sudah bermanfaat bagi seluruh tubuh. Anda melatih pinggul, lutut, seluruh rangkaian bawah,” ujar O'Connell.

Namun, duduk bersila di lantai tidak cocok untuk semua orang. Mereka yang memiliki masalah persendian atau baru pulih dari operasi/cedera mungkin akan kesulitan melakukannya.

Oleh karena itu, Bise menyarankan alternatif lain seperti duduk bersila di sofa untuk tetap meningkatkan fleksibilitas, tanpa harus di lantai.

Baca juga: Geger Emas Logo LM Antam Terbongkar! 109 Ton Emas Palsu Beredar di Pasaran

“Ingat, posisi ini tidak harus di lantai. Bisa juga di sofa dengan posisi duduk bersila, atau bisa juga dengan posisi duduk lain di sofa yang juga akan meningkatkan jangkauan gerak Anda,” ujar Bise.

Menjaga mobilitas dan fleksibilitas otot-otot tubuh, terutama saat bertambah usia, sangat penting. Hal ini dapat membantu kita tetap aktif beraktivitas di rumah, mengerjakan tugas, serta bermain dengan anak dan cucu.

Walaupun penurunan fleksibilitas seiring bertambahnya usia sulit dihindari, namun kita tidak harus menjadi kaku dan kurang lincah. Dengan latihan rutin, baik duduk di lantai, kursi, berjalan, atau berolahraga, kita dapat mempertahankan mobilitas dan fleksibilitas tubuh yang baik.***