Helo Timor Leste

Dua Pemain Asal Timor Leste Merumput di Liga 1 Indonesia, Simak Pemain Timor Leste Sebelumnya

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Rabu, 24 Apr 2024 12:40
    Bagikan  
LIGA 1 INDONESIA
instagram @galifreitas21

LIGA 1 INDONESIA - Dua pemain asal Timor Leste, Gali Freitas bermain di PSIS Semarang dan Joao Pedro bermain di PSM Makassar.

HELOTIMORLESTE.COM - Dua pemain asing asal Timor Leste yang bermain di musim komeptisi Liga 1 Indonesia saat ini ada dua orang.

Kedua pemain muda asal Timor Leste itu adalah Paulo Domingos Gali da Costa Freitas yang bermain di PSIS Semarang dan Joao Pedro da Silva Freitas bermain di PSM Makassar.

Dari dua pemain asing kuota negara ASEAN itu, Gali Freitas yang memiliki prestasi moncer bersama PSIS Semarang dengan penampilannya impresif membuat simpati penggemar sepakbola di tanah air.

Khususnya suporter Panser Biru dan Snex memiliki pendatang baru asal Timor Leste ini menjadi perbincangan hangat di antara mereka.

Baca juga: Beda Nasib Dua Pemain Asal Timor Leste di Liga 1 Indonesia Joa Pedro di Makassar dan Gali Freitas di Semarang

Bahkan tidak butuh waktu lama, Gali Freitas menjadi idola baru bagi suporter PSIS Semarang, karena penampilannya kerap kali memecah kebuntuan PSIS Semarang dalam mencetak gol.

Bersama Carlos Fortes dan Taisei Marukawa, Gali Freitas kerap kali memberikan kejutan bagi Skuad Mahesa Jenar hingga posisinya berada di papan atas Liga 1 Indonesia.

Sementara pemain asing Gali Freitas, kini menjadi nama pesepak bola asal Timor Leste yang akan mewarnai persaingan kompetisi sepak bola Indonesia.

Baca juga: Dua Pemain Timor Leste di Liga 1 Indonesia, Karier Joao Pedro Kalah Moncer dari Gali Freitas

Sementara satu pemain asing lagi adalah Joao Pedro da Silva Freitas bermain di PSM Makassar yang direkrut menjelang gelaran laga AFC CUP 2023/2024.

Joao Pedro memiliki posisi yang sama seperti Gali Freitas yakni wing kiri, merupakan pemain kedua asal Timor Leste yang bermain di PSM Makassar setelah Muro Baldo Bentu tahun 1999 hingga 2002.

Sebelum munculnya nama Paulo Gali Freitas, sebetulnya sudah ada beberapa nama pemain asal Timor Leste yang sempat menjajal peruntungannya untuk berkarier di Indonesia.

Paulo Gali Freitas memang menjadi sosok yang cukup menarik mengingat rekam jejaknya yang kontroversial, terutama di kancah Asia Tenggara.

Baca juga: Tim yang Dikukung Gali Freitas Siapkan Bonus 1 Miliar Jika Menang di Sisa Pertandingan Liga 1 Indonesia

Sebab, dia sempat dituduh melakukan pencurian umur di ajang Piala AFF U-15 2019.

Kejuaraan ini memang melambungkan nama pemain kelahiran Dili itu. Pasalnya, saat itu, penyerang kelahiran 31 Desember 2004 ini sukses menjadi pencetak gol terbanyak dengan koleksi tujuh gol.

Gali Freitas tentu diharapkan bisa mengikuti jejak para pendahulunya yang mampu mengukir kisah manis saat berkarier di Indonesia.

Berikut tiga pemain Timor Leste yang sudah pernah berkarier di Indonesia sebelum Gali Freitas.

Baca juga: Paulo Gali Freitas Tak Bisa Bermain di Laga Melawan Persik Kediri Pekan ini, Karena Masalah ini

Timor Leste memang memiliki ikatan khusus dibanding negara-negara lain pasalnya negara kecil ini pernah menjadi bagian provinsi ke-27 di masa lalu.

Timor Leste bergabung dengan dengan Indonesia sejak tahun 1976 hingga 1999, waktu yang cukup lama dalam dan sudah banyak melahirkan pemain-pemain berkualitas tingkat nasional seperti:


1. Joao Bosco Cabral
Salah satu pesepak bola asal Timor Leste yang punya cerita menarik saat berkarier di Indonesia ialah Joao Bosco Cabral, ketangguhannya dalam bertahan membuatnya jadi bek tengah yang solid.

Selama berkarier di Indonesia, dia mengawali kiprahnya bersama Arseto Solo. Setelah itu, Bosco sempat melanjutkan kiprahnya bersama klub-klub seperti PSPS Pekanbaru, Persikota Tangerang, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, dan Bali Devata.

Setelah Timor Leste mendapatkan kemerdekaan dari Indonesia, Joao Bosco Cabral pun memilih untuk menjadi warga negara Timor Leste.

Baca juga: CEO PSIS Semarang Mensiona Dolár 10 Tokon Ba Ajen Futból If They Hakarak Hodi Loron Gali Freitas Too Belanda

2. Mario Baldo Bento

Sebelum munculnya nama Joao Bosco Cabral di kancah persepakbolaan Indonesia, ada satu pemain asal Timor Leste yang kala itu cukup terkenal, yakni Miro Baldo Bento.

Pemain ini mengawali kiprahnya di Indonesia saat bergabung dengan Arseto Solo pada 1992 di ajang Galatama. Bahkan, dia sempat menjadi pemain Timnas Indonesia karena dinilai punya ketajaman.

Selama berkarier di Indonesia, Miro Baldo Bento sempat mencicipi seragam PSM Makassar, Perseden Denpasar, Persekaba Badung, Persijap Jepara, Persim Minahasa, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan, PBSL Langsa, hingga PSIS Semarang.

Baca juga: Kemenangan Gali Freitas Dkk Melawan Arema FC Mendongkrak Ranking PSIS di Runner up Klasemen Sementara

3. Pemain Naturalisasi Timor Leste
Selain dua nama di atas, sebetulnya masih ada beberapa nama pesepak bola berpaspor Timor Leste yang pernah singgah di Indonesia. Mereka ialah Alan Leandro da Silva, Felipe Bertoldo, Pedro Henrique, dan Paulo Martin.

Namun, pemain-pemain ini sebagian besar memang lahir di Brasil atau Portugal, lalu memutuskan untuk menjadi warga negara Timor Leste.

Dari empat nama di atas, sosok terbaru yang mewarnai kancah Liga 1 ialah Pedro Henrique, yang sempat bermain untuk Madura United dan Persikabo 1973.

Baca juga: Kontraktu Gali Freitas iha PSIS Semarang Neebé Estende Too Tinan 2026

4. Joao Pedro da Silva Freitas
Jelang menjajal Hai Phong FC pada laga pertama babak penyisihan grup AFC Cup 2023-24, PSM Makassar memperkenalkan pemain baru. Ia adalah Joao Pedro da Silva Freitas asal Timor Leste.Dilansir oleh situs resmi Juku Eja pada Kamis pagi (21/9/2023), Joao Pedro menjadi pelengkap susunan pemain asing di kompetisi tingkat benua. Pemain berusia 25 tahun tersebut juga akan mengenakan nomor punggung 33.

Baca juga: Winger Asal Timor Leste, Gali Freitas Berpeluang Jadi Bomber Andalan PSIS Semarang Menggantikan Carlos Fortes

5. Paulo Gali Freitas
Pria bernama lengkap Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas merupakan mantan pemain Karketu Dili FC yang merupakan klub juara Liga 1 Timor leste 2022/2023.

Sesuai passport yang ia miliki, Gali merupakan pemain asal Timor Leste dengan tanggal lahir 31 Desember 2004.

Secara resmi Gali Freitas dikontrak PSIS Semarang pada 2 Juni 2023 untuk satu komepetisi satu musim, namun kemudian diperpanjang hingga musim kompetisi 2026.

Paulo Gali akan mengisi slot pemain asing ASEAN yang membela PSIS Semarang di Liga 1 2023/2024 nanti, seperti diketahui, setiap klub mendapatkan kuota pemain asing lima (bebas) plus satu (ASEAN). **