Helo Timor Leste

Kompetisi Sepabola Xanana Cup Digelar Diikuti 32 Klub Dari Berbagai Kota di Timor Leste

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Sabtu, 27 Apr 2024 18:23
    Bagikan  
SIAP TEMPUR
sauza/ xanana cup

SIAP TEMPUR - Salah satu peserta Xanana Cup 2024, Sauza United sudah siap bertempur dalam turnamen ini. Foto kanan: Xanana Gusmao memegangi trophy Xanana Cup

HELTIMORLESTE.COM - Kompetisi sepakbola pra di Timor Leste mulai bergeliat lagi, setelah rencana penyelenggaraan kejuaraan sepakbola Xanana Cup 2024.

Presiden Panitia Penyelenggara Maun Boot Cup Xanana Gusmão, Feliciano Perpeito Ximenes mengungkap hingga saat ini sudah ada 32 klub yang mendaftar untuk memperebutkan Trophy Kay Rala Xanana Gusmão tahun 2024.

Ke-32 klub tersebut antara lain Relay FC, Buradu FC, Buroma FC, Zhavia FC, Kampung-Alor FC, Mulia FC, Bitaba FC, Surya FC, Letefoho FC, Naimeco FC, Souza United, Coach Eleven FC, As Kantada FC, Dark Blue FC, Daudere Fortaleza FC, Jomar FC, Laivai FC, UEP FC, Aimou FC, Vila Vista FC, Lecidere FC, Ostico FC, H United FC, Laloran FC, Warik Oan FC, Assanami FC, B.D.P FC, dan Ir Timor FC.

Baca juga: Siapkan Berlatih Satu Bulan, Sousa United Siap Hadapi Kompetisi Xanana Cup 2024 Timor Leste

Seluruhnya merupakan tim amatiran yang ada di Timor Leste, mengingat pelaksaan kompetisi profesional atau Liga 1 Timor Leste belum juga dilaksanakan oleh Federasi Sepakbola Timor Leste (FFTL).

Feliciano Perpeito Ximenes mengatakan jika tanggalnya kepastian pelaksanaan belum bisa dipastikan, namun pihak panitia berupaya merencanakan pembukaannya pada minggu depan.

Panitia juga berusaha mengkoordinasikan jadwal Perdana Menteri (PM) Xanana Gusmao, yang merupakan tamu kehormatan pelaksanaan Xanana Cup.

Baca juga: Perjalanan Liga Sepakbola Timor Leste dari LFA hingga Liga Timorense, Berikut Daftar Klub Divisi 1 dan 2

"Panitia akan menyesuaikan jadwal PM Xanana karena beliau adalah tamu kehormatan acara ini," ujar Presiden Panitia Penyelenggara Xanana Taxa Cap, Feliciano Perpeito Ximenes kepada wartawan di aula Xanana Sport Center, Kampung Merdeka pada Jumat (26/4/2024).

Menurut Feliciano Maun Boot Kay Rala Xanana Gusmão mempercayakan sepenuhnya kepada anak Laleia untuk bertanggung jawab atas Piala Maun Bo'ot Kay-Rala Xanana Gusmão ini.

Sementara seperti yang dilaporkan oleh Feliciano Klub-klub tersebut saat sedang sedang mengadakan pertemuan untuk membahas teknis yang mencakup penyelenggaraan termasuk pengundian pertandingan.

Baca juga: Setelah Diwarnai Boikot dari Klub LFTL, Panitia Membuka Pendaftaran Lagi FFTL Cup 2024 Akhirnya Diikuti 12 Klub

"Hari ini kami memulai pertemuan teknis yang mencakup pengundian undian untuk menentukan 32 klub peserta dan membahas peraturan yang akan berlaku pada turnamen ini," ujarnya seperti seperti dilansir timorpost.com.

Dikatan oleh Feliciano sejauh ini pembahasan sudah sampai pada penetuan aturan main pertandingan yang kini telah diselesaikan dan para atlet telah menyetujuinya.

Peraturan tersebut tidak akan diubah, dan selanjutnya panitia akan mempersiapkannya dengan mengadopsi peraturan maksimum AFC dan FIFA, serta praktik tradisional lainnya yang diikuti oleh federasi sepakbola Timor Leste (FFTL)

"Sekarang kami telah mengundi peserta ke dalam delapan menjadi delapan Grup, untuk memilih lawan masing-masing grup berisisi empat klub," kata Feliciano.

Baca juga: Tahun 2024 Kementerian Olahraga Timor Leste Anggarkan 1,5 Juta Dollar untuk Kegiatan Olahraga, Anggaran FFTL Paling Besar

Di sisi lain panitia juga memberikan trophy dan hadiah kepada tim yang menjadi juara dari para sponsor dengan rincian sebagai berikut:

1. Juara Utama menerima $7,800 USD dari Bank BRI
2. Juara Kedua (Runner-up) menerima $4,500 USD dari Telemor
3. Juara ketiga akan menerima $3000 USD dari Bank Mandiri
4. Penang keempat akan mendapat dukungan dari Chinese Association, Virny Unipessoal Lda Company, Dellos, dan Kemenpora juga akan mendukung anggaran Piala Maun Bo'ot Kay-Rala Xanana Gusmão tahun 2024.

Baca juga: AFV Timor Leste Siap Dukung Konres FFTL, Telah Menyepakati Masalah Internal Mereka

Seperti kita ketahui Xanana Cup 2024 telah membuka pendaftara atau regristasi sejak 25 Januari hingga 15 Februari 2024 lalu.

Dalam turnamen sebelumnya Xanana Cup digelar setiap tahun sekali, terakhir kali digelar tahun 2023 lalu ada 28 klub menjadi peserta, mewakili dari 13 kota di Timor Leste yang mulai digelar pada bulan Juli 2023.

Kali ini Xanana Cup kembali digelar dengan diikuti sebanyak 32 club dari berbagai Kotamadya di Timor Leste.

Salah satu club dari Kota Dili Timor Leste, Sausa United siap mengikuti turnamen Xanana Cup 2024 dengan mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Baca juga: AFF-TL Menggelar Konggres, untuk Menyambut KLB FFTL Agenda Memilih Presiden yang Baru

Pendiri Sousa United, Aju Sousa mengatakan jika timnya sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi turnamen sepakbola ini jauh-jauh sebelumnya.

Aju Sousa mengatakan jika untuk menghadapi persiapan kompetisi Xanana Cup, pihak AS Marca telah mempersiapkan tim dan official yang akan menanganinya.

Menurut Aju pihaknya telah mempersiapkan sebanyak 24 pemain yang secara khusus dipersiapkan untuk menghadapi kompetisi ini, seluruhnya dari pemain lokal yang dipimpin Coach Tavio Costa.

Wakil Presiden AC Marca, Aju Sousa ini mengatakan jika klubnya Sousa United merupakan tim yang dipersiapkan untuk masuk di Liga 3 Timor Leste. **