Helo Timor Leste

Debat Cawapres Jumat Besuk Gibran Paling Berpengalaman di Banding Mahfud MD dan Cak Imin

Dodo Hawe - Nasional -> Politik
Rabu, 20 Dec 2023 10:58
    Bagikan  
CAWAPRES 2024
istimewa

CAWAPRES 2024 - Cawapres dalam debat Jumat (22/12/2023) nanti dari kiri Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD

HELOINDONESIA.COM - Debat kedua menjelang pelaksanaan Pilpres 2024 akan kembali digelar pada Jumat 22 Desember 2023.

Materi debat kali ini menyajikan sosok calon wakil presiden dari ketiga pasangan calon yakni Cawapres pasangan nomor urut 1, Muhainin Iskandar dan Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka serta nomor urut 3 Mahfud MD.

Dari ketiga pasangan tersebut ternyata pasangan nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang memiliki pengalaman debat dalam Pilkada di banding dua pasangan lainnya.

Dari dua pasangan lainnya Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD sejauh ini memang belum pernah mengikuti debat untuk Pilkada, karena keduanya tidak pernah memiliki rekam jejak jabatan kepala daerah.

Baca juga: Mahasiswa BEM SI Datangi Kantor Wali Kota Solo Ajak Berdebat, Tapi Gibran Sudah Pergi

Seperti kita ketahui Gibran memiliki pengalaman debat dalam Pilkada Solo 2020 dalam pencalonan Wali Kota Solo periode 2020 - 2025 berpasangan dengan Teguh.

Sedangkan debat Cawapres sendiri rencanya akan digelar di Jakarta Covention Center (JCC) pada Jumat (22/12/2023) malam.

Dalam debat tersebut bakal mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, pajak, tata kelola APBN dan APBD, investasi, perdagangan, infrastruktur dan perkotaan.

Baca juga: Gugatan Usia Capres 35 Tahun Menohok Walikota Solo, Gibran: Umur dan Ilmuku Belum Cukup

Pemandu debat Cawapres nanti akan dibawakan Pimred Detiknews, Alfito Deannova Ginting dan news anchor Kompas TV , Liviana Cherlisa.

Model debat sepertinya tidak jauh berbeda dengan debat Capres yang sebelumnya pernah di gelar oleh Komisi Pemilihan Indonesia (KPU).

Tim Kampanye Nasional (TKN) mengatakan latar belakang Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Surakarta cukup untuk menghadapi debat presiden putaran kedua itu.

Baca juga: Berikut Ini Elektabilitas Prabowo Berkat Jokowi, Hingga Tren Anies Baswedan dan Gibran

"Beliau 'kan sudah punya modal karena beliau sudah pernah jadi Wali Kota Surakarta, dan pernah juga melakukan debat juga. Semua sudah dipersiapkan," kata Wakil Komandan Golf TKN Lisman Hasibuan saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (18/12/2203).

Menurut Lisman, Gibran layak membahas tema tentang ekonomi kerakyatan lantaran kerap menerapkan prinsip tersebut selama menjabat sebagai orang nomor satu di Surakarta.

Persoalan infrastruktur juga dinilai sangat dikuasai Gibran karena berpengalaman melakukan pembangunan di Surakarta.

Baca juga: Amien Rais Serukan People Power Jatuhkan Jokowi, Gibran: Berkali-kali, Nggak Ada Hasilnya!

Selain itu, latar belakang Gibran yang juga pernah sebagai pengusaha mendukung untuk membahas ekonomi digital.

Ia yakin Gibran siap untuk bersaing dengan Mahfud Md, dan Muhaimin Iskandar dalam debat cawapres mendatang.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat yang menilai Gibran yang paling berpengalaman di banding dua Cawapres lainnya.

Dia merupakan sosok Cawapres satu-satunya yang pernah mengikuti debat pemilu, di banding kedua pasangan lainnya.

Baca juga: Tensi Naik dan Saling Menyerang saat Debat Capres Pertama

Dimana Gibran merupakan satu-satunya kandidat yang pernah mengikuti debat saat maju sebagai calon wali kota Surakarta tahun 2020 lalu.

"Yang paling berpengalaman untuk debat ya, itu kalau saya lihat itu Mas Gibran, karena Mas Gibran pernah debat ketika maju sebagai calon wali kota Solo, Pak Mahfud belum pernah, Cak Imin belum pernah," kata Djarot di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Oleh karena itu, soso Gibran menurut Djarot tidak bisa diremehkan dalam debat Cawapres yang akan digelar pada Jumat besuk itu.

Djarot mengatakan jangan under estimate terhadap soso putra Presiden Jokowi ini soal debat Cawapres yang bakal digelar nanti.

Baca juga: Berikut Ini Jadwal Debat Capres Cawapres 2024, Ada yang Berbeda

"Jangan under estimate pada Mas Gibran, dan menang lho di Solo, lha itu kan menunjukkan bahwa beliau sudah siap juga, jadi jangan dianggap enteng," jelas dia.

Sementara sejumlah kalangan meragukan kemampuan debat Gibran Rakabuming dalam debat Cawapres hari Jumat nanti.

Hal itu tak bisa lepas dari sosoknya yang tidak banyak berbicara di depan umum, bahkan selama ini tidak pernah mau menghadiri undangan pemaparan visi misi seperti kandidat Cawapres lainnya.

Banyak undangan yang diarahkan kepadanya tak satupun dihadiri termasuk undangan debat yang digelar oleh PP Muhammadiyah, yang merupakan Ormas terbesar di Indonesia.

Baca juga: Inilah Kandidat Capres dan Cawapres Indonesia 2024, Terbaru PDIP Pasangkan Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD

Dalam undangan itu Capres Prabowo Subianto terpaksa harus menghadapi sendirian berbagai pertanyaan yang ditujukan kepadanya.

Berbeda dengan dua pasangan yang lainnya yang justru malah menghutamakan kehadirannya di depan publik termasuk undangan dari kampus untuk memaparkan visi misinya.

Dalam debat kali ini merupakan kehadiran perdana Gibran Rakabuming Raka yang akan memaparkan gagasannya dihadapan publik secara luas.

Baca juga: Baliho Cak Imim Capres 2024, Yenny: Agak Berat, Gus Dur Ditinggal apalagi Rakytanya!

Seperti diungkapkan pakar komunikasi UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto tak mau meremehkan sosok Gibran maupun dua Cawapres lainnya.

Menurutnya bisa jadi sekarang mereka sudah mulai menyiapkan materi yang akan diperdebatkan dalam debat perdana itu.

Dia pun menolak mengomentari ketiga kandidat itu, sebelum mereka tampil dalam acara debat yang akan digelar Jumat (22/12/2023) nanti.

Baca juga: Sebut Pembangunan Jalan Era SBY Lebih Panjang dari Jokowi, Anies Diedel-edel TGB, Capres Kog Gini

Sebagai pakar dibidang kominikasi, Gun Gun mengigatkan ketiga Cawapres agar fokus selama debat nanti berlangsung.

Khususnya masalah komunikasi, kemudian masalah substansi gagasan pikiran dan ketiga soal data penunjang yang harus dipersiapkan dalam debat itu nanti. **