Helo Timor Leste

Prestasi Cemerlang Gali Freitas di Liga 1 Indonesia Dibanding Pemain Lokal dan Asing ASEAN

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Senin, 25 Dec 2023 15:14
    Bagikan  
CEMERLANG
psis official

CEMERLANG - Bersama PSIS Semarang presitasi pemain asing asal Timor Leste, Paulo Gali Freitas sangat cemerlang

HELOINDONESIA.COM - Pemain sayap PSIS Semarang Paulo Gali Freitas yang awalnya diragukan kemampuannya bersama Skuad Mahesa Jenar ternyata memiliki catatan istimewa.

Bahkan mantan pemain Assalam FC dan Karketu Dili FC Timor Leste ini menjadi fenomena baru di kompetisi Liga 1 Indonesia.

Pria beranak satu ini mencatatkan prestasi paling cemerlang di antara pemain lokal Indonesia sendiri dan pemain asing slot ASEAN.

Baca juga: Tak Bisa Mengantar Kakaknya ke Pemakaman, Gali Freitas Rela Diganjar Kartu Kuning Karena Menggelar Selebrasi Khusus

Berdasarkan statistik hingga pekan ke-23 Liga 1 2023/2024, Gali Freitas sudah mengoleksi 9 gol dengan 4 asisst dari 21 laga yang ia jalaninya.

Sejauh ini prestasi Gali Freitas dalam mencetak gol hampir menyamai para pemain asing di luar negara ASEAN lainnya.

Dari jajaran top skor pencetak gol terbanyak tak satupun dari pemain lokal maupun pemain slot ASEAN lainnya kecuali Gali Freitas.

Baca juga: Pelatih Gilbert Sebut Awalnya Tak Ada Satupun yang Percaya Jika Gali Freitas Pemain Bagus

Namun ada satu pemain naturalisasi Stefano Lilipaly di Timnas Indonesia yang mengoleksi dengan jumlah yang sama dengan Gali Freitas.

Sejauh ini top skor sementara dipegang Jose Brandao (Bhayangkara F), David da Silva (Persib Bandung), Gustavo Almeida (Persija Jakarta) dengan koleksi 14 gol.

Kemudian Alex Martins (Dewa United) dengan 12 gol, Flavio Silva (Persik Kediri) dengan 11 gol, selanjutnya Carlos Fortes(PSIS Semarang), Jefferson Assis (Bali United), Ciro Alves (Persib Bandung) masing-masing dengan 10 gol.

Kemudian Kenzo Nambu (PSM Makassar), Stefano Lilipaly (Borneo FC), Bruno Moreira (Persebaya Surabaya), Paulo Paulo Gali Freitas (PSIS Semarang), Gustavo Toncantins (Barito Putera).

Baca juga: Evan Dimas Akan Bekerja Sama Dengan Gali Freitas, Carlos Fortes dan Dewangga Membangun Kekuatan PSIS

Gol terbaru Gali Freitas diciptakan saat PSIS Semarang menjamu Madura United di menit ke-73.

Gol yang diciptakan Gali Freitas di menit itu juga merupakan gol yang menyelamatkan muka skuad Mahesa Jenar di hadapan pendukungnya.

Meski pun PSIS Semarang gagal meraih kemenangan, namun Gali menyelamatkan PSIS Semarang dai keterpurukan setelah menyumbang satu gol hingga skoar menjadi 2-2.

Penyelamatan Gali Freitas terhadap timnya memang kerap terjadi hingga menyelamatkan timnya dari rasa malu seperti dalam laga melawan PSM Makassar Gali berhasil menyumbang satu gol hingga skor menjadi 2-1.

Baca juga: Gali Freitas Menciptakan Gol Dipenghujung Laga, Bikin Bergetar Suporter Mahesa Jenar

Kebangkitan Gali Freitas rata-rata terjadi setelah turun minum saat melawan Bhayangkara FC, PSS Sleman, Dewa United, Perseib Bandung, Bali United, Persikabo hingga Madura United.

Gol yang dibuat Gali Freitas ke gawang laskar Sape Kerrap juga sangat bermakna, beberapa hari sebelum pertandingan kakaknya Guileherme Gonsaves meninggal dunia.

Dalam situasi seperti itu Gali masih memberikan kepercayaan dan rasa optimis tinggi hingga mampu mencetak gol kegawang lawan.

Baca juga: Trio Maut PSIS Semarang Hadapi Bhayangkara FC di Liga 1 Indonesia, Termasuk Peran Gali Freitas

Gali Freitas sangat terlihat emosiaonal dan telah mempersiapkan membuat tulisan khusus di kaosnya untuk hadiah sang kakak di Timor Leste yang pergi sementara dirinya tak bisa hadir di pemakamannya.

Dalam laga itu Gali diberi kepercayaan sebagai kapten, terlihat emosiaonal dalam selebrasinya dan itu wajar sebagai pemain profesional di Liga 1 Indonesia.

Adapun gol Gali Freitas tercipta lewat rebound setelah penaltinya mampu ditepis kiper Madura United, Lucas Frigeri.

Baca juga: Pertandingan PSIS Semarang di Bulan November 2023, Dipastikan Gali Freitas Tampil Impresif Dalam Laga itu

Dia pun menjadi pemain ketiga PSIS Semarang yang gagal menceploskan penalti di era Liga 1 setelah Taisei Marukawa dan Vitinho.

Meski tidak mendapatkan poin penuh PSIS Semarang masih mempertahankan catatan sebagai tim tersukses di kandang musim ini dengan 29 poin.

Sejauh ini PSIS Sendiri juga merupakan tim dengan jumlah kebobolan terendah kedua di Liga 1 2024 dengan 24 gol.

Sementara Gali Freitas sendiri juga merupakan pemain spesialis pencetak gol di babak kedua, dari 9 gol koleksinya, 8 gol di antaranya dicetak setelah turun minum **.